Simak, Wisata Religi Perlu Umat Islam Datangi Setelah Haji atau Umroh

2 min read

Jangan Terlewat, Mengenal Sejarah Singkat Masjid Al-Aqsa

Wisata Religi Perlu Umat Islam Datangi Setelah Haji atau Umroh

Simak, Wisata Religi yang Perlu Umat Islam Datangi Setelah Haji atau Umroh
Wisata Religi yang Perlu Umat Islam Datangi Setelah Haji atau Umroh

Setelah Sahabat Tour Aqsa melaksanakan Haji dan Umroh, Sahabat Tour Aqsa dapat mencoba untuk berkunjung ke wisata religi. Salah satu kawasan wisata religi  perlu umat islam datangi atau yang dapat Sahabat Tour Aqsa kunjungi ialah Masjid Al – Aqsa. Pastinya Sahabat Tour Aqsa tak asing kan? Karena memang Masjid Al – Aqsa menjadi salah satu masjid yang dilimpahkan keberkahan selain Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Oleh karena itu, Sahabat Tour Aqsa dapat mencoba untuk berkunjung ke Masjid Al – Aqsa. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap seputar wisata religi ke Aqsa dan masjid apa saja yang berada di kawasan Masjid Al – Aqsa, yuk simak informasi berikut ini.

Wisata Religi Muslim ke Masjid Al-aqsa

Sebagai umat muslim, salah satu tempat wisata religi perlu umat islam datangi ialah Masjid Al – Aqsa. Dengan berwisata religi ke Masjidil Aqsa, maka Sahabat Tour Aqsa akan mendapatkan banyak sekali pengetahuan serta berbagai hal baru yang belum pernah didapatkan sebelumnya.

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa Masjid Al – Aqsa menjadi objek wisata religi yang ramai dikunjungi oleh wisatawan muslim. Karena tour Masjid Al – Aqsa menyimpan banyak sekali keistimewaan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para umat muslim. Terlebih di kawasan Masjid Al – Aqsa pernah menjadi kiblat pertama umat muslim dan termasuk dalam salah satu dari tiga masjid yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk diziarahi karena pahalanya yang berlipat ganda dan tak ditemukan di tempat lainnya.

Masjid apa saja yang ada di Kompleks Masjid Al-aqsa ?

Masjid apa saja yang ada di Kompleks Masjid Al-aqsa ?

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa di kompleks Masjid Al – Aqsa tak hanya terdiri satu bangunan saja loh.. Akan tetapi, di kompleks Masjidil Aqsa terdapat beberapa bangunan lain yang menjadi bagian dari Masjid Al – Aqsa. Dari beberapa bangunan yang ada di Masjid Al – Aqsa ada pula beberapa masjid yang berada di kompleks Masjid Al – Aqsa. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin mengetahui seputar masjid apa saja yang berada di kompleks Masjid Al – Aqsa, berikut lebih jelasnya.

1. Masjid Al – Qibli

Masjid Al – Qibli merupakan salah satu masjid yang berada di kompleks Masjidil Aqsa yang memiliki 11 pintu masuk. Luas Masjid Al – Qibli sekitar 4000 meter yang ditaksir dapat menampung jemaah sebanyak 5500 orang. Letak Masjid Al – Qibli berada di wilayah selatan Masjid dan seringkali banyak orang yang menyebut sebagai Masjid Al – Aqsa.

Padahal perlu diketahui bahwa Masjid Al – Aqsa merupakan seluruh wilayah yang dikelilingi dinding di wilayah Kota Tua Yerusalem. Masjid Al – Qibli didirikan oleh Abdul malik bin Marwan yang teridir atas satu ruwaq (lorong) besar di tengah dan tiga ruwaq masing – masing di bagian kanan dan kirinya serta memiliki satu kubah besar yang sisi dalamnya terbuat dari kayu dan sisi luarnya dilapisi dengan timah.

2. Masjid Kubah Ash – Shakhrah

Sahabat Tour Aqsa perlu mengetahui bahwa Masjid Ash – Shakhrah merupakan salah satu masjid yang amat bersejarah. Karena di masjid inilah yang menjadi tempat singgah Nabi Muhammad Saw dalam peristiwa Isra’ Mi’raj. Letak Masjid Kubah Ash – Shakhrah ini berada di tengah kompleks Masjid Al – Aqsa. Masjid ini diketahui didirikan oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan yang diketahui menjadi bangunan paling bagus yang berada di kawasan Masjid Al – Aqsa. Kubah Masjid Ash – Shakrah inilah yang menjadi bangunan utama pada Masjid Al – Aqsa yang seringkali menjadi lambang yang mewakili keseluruhan kompleks Masjid Al – Aqsa.

3. Masjid Al Buraq

Masjid selanjutnya yang berada di kawasan Masjid Al – Aqsa ialah Masjid Al – Buraq. Masjid Al – Buraq terletak di sebelah barat daya Masjid Al – Aqsa yang tepatnya berada dibawah pintu Al – Magharibah. Penamaan nama Masjid ini ialah karena Masjid Al – Buraq ini diketahui menjadi tempat Nabi Muhammad Saw meletakkan kendaraannya yakni Buraq pada saat peristiwa Isra’ Mi’raj. Diyakini bahwa pada saat itu Nabi Muhammad Saw mengikat Buraqnya yakni hewan yang digambarkan mirip seperti kuda bersayap. Selain itu, di Masjid ini terdapat sebuah cincin besi yang menempel pada dinding yang diketahui sebagai tempat Nabi Muhammad Saw untuk mengikat Buraq.

4. Mushola Al – Marwani

Mushola Al – Marwani pada awalnya disebut dengan Taswiyah Syarqiyah yang maknanya Pemerataan Tanah Bagian Timur. Hal ini dikarenakan pada saat itu dibangun pada masa Dinasti Umayyah yang tujuannya agar sisi selatan dan sisi utara Masjid Al – Aqsa menjadi sama rata. Berdasarkan luas Mushola Al – Marwani diketahui sekitar lebih dari 4.000 meter. Pada saat tentara salib berkuasa, Mushola Al – Marwani dijadikan sebagai kandang kuda hingga Shalahuddin Al – Ayyubi membebaskan Masjid Al – Aqsa. Kemudian, Shalahuddin Al – Ayyubi mengembalikan fungsi mushola ini ke asalnya sebagai tempat pemerataan sisi selatan dan sisi utara masjid serta sebagai tempat penyimpanan.

Inilah sekilas informasi seputar wisata religi perlu umat islam datangi. Semoga infromasi ini dapat menambah wawasan Sahabat Tour Aqsa sekalian yaa. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin menambah wawasan seputar Tour Aqsa, update terus infromasi di website ini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.