Yang Wajib Disimak, Fakta-fakta Menarik Tentang Yordania

2 min read

Yang Wajib Disimak, Fakta-fakta Menarik Tentang Yordania

Yang Wajib Disimak, Fakta-fakta Menarik Tentang Yordania

Pergi berlibur merupakan salah satu cara merefleksikan diri dikala diri sedang dalam keadaan penat. Dari sekian banyak destinasi wisata, Sahabat Tour Yordania dapat memilih destinasi sesuai dengan yang diinginkan. Apabila Sahabat Tour Yordania menyukai destinasi yang bernilai sejarah dan memiliki beragam fakta-fakta Menarik Tentang Yordania yang perlu diketahui untuk menambah pengetahuan.

Yang Wajib Disimak, Fakta-fakta Menarik Tentang Yordania
Yang Wajib Disimak, Fakta-fakta Menarik Tentang Yordania

Perlu diketahui bahwa Yordania merupakan salah satu negara dengan kawasan tertua di dunia yang memiliki panorama mempesona serta dilengkapi dengan ragam bangunan khas yang bernilai sejarah. Banyak sekali fakta-fakta unik nan menarik seputar Yordania yang perlu Sahabat Tour Yordania ketahui.

Apa saja fakta-fakta menarik yang ada di Yordania? Yuk simak informasi berikut ini :

1. Terdapat Salah Satu dari Tujuh Keajaiban Dunia

Tahukah Sahabat Tour Yordania? Bahwasannya di kawasan Yordania terdapat bangunan yang termasuk dalam salah satu tujuh dari keajaiban dunia yakni Petra. Petra merupakan tempat yang populer di kawasan Yordania dan menjadi kawasan yang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Diketahui bahwa Petra termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO yang pada tahun 2007 dinobatkan menjadi salah satu tujuh dari keajaiban dunia.

Petra merupakan kawasan yang terdiri dari pahatan dinding batu yang uniknya didirikan dengan menggali dan mengukir pada batu cadas setinggi 40 meter. Dari penamaannya, Petra berasal dari bahasa Yunani yang artinya ialah batu. Di masa silam, Petra menjadi simbol teknik perlindungan. travel tour aqsa jordan mesir

2. Salah Satu Negara dengan Hutan Paling Sedikit di Dunia

Salah Satu Negara dengan Hutan Paling Sedikit di Dunia

Fakta menarik berikutnya yang tak banyak orang tahu ialah Yordania termasuk dalam salah satu negara di dunia yang memiliki hutan paling sedikit yakni sekitar 2% dari hutan yang berada pada ekosistem negara ini. Tentunya hal ini termasuk di bawah rata-rata internasional yang mana rata-rata hutan yang dimiliki di setiap negara ialah sekitar 15%. Salah satu faktor yang menjadikan Yordania sebagai negara dengan hutan paling sedikit di dunia ialah karena Yordania termasuk dalam titik terendah lahan kering di bumi yang tepatnya berada di dasar laut mati pada kedalaman 420 meter di bawah permukaan laut.

3. Yordania Memiliki Tingkat Pendidikan yang Tinggi

Salah satu fakta-fakta menarik tentang Yordania ialah Yordania memiliki tingkat pendidikan yang tinggi. Perlu Sahabat Tour Yordania ketahui bahwa negara Yordania memiliki standar pendidikan yang tinggi sehingga membuat negara Yordania menjadi salah satu negara dengan penduduk buta huruf terendah di dunia. Sedari Dini, anak-anak telah diajarkan cara membangun karakter bangsa serta melestarikan kebudayaan setempat.

Diketahui bahwa struktur dari sistem pendidikan di Yordania terdiri dari sistem formal dan nonformal. Sistem formal termasuk pendidikan prasekolah yang diajarkan oleh sektor swasta. Sedangkan yang menjadi bagian dari pendidikan non formal ialah berupa pelatihan kejuruan yang dikelola oleh Departemen Tenaga Kerja Perindustrian dan pertahanan negara Yordania.

4. Salah Satu Kota Tertua di Bumi

Perlu Sahabat Tour Yordania ketahui bahwa di Yordania terdapat salah satu kota tertua di bumi. Salah satu kota tertua di bumi yang berada di kawasan Yordania ialah Amman. Hingga saat ini kota aman masih dihuni serta menjadi kota metropolitan yang kini kian menawan karena adanya perpaduan monumen kuno dan kehidupan kota yang modern.

Salah Satu Kota Tertua di Bumi

Terdapat bukti arkeolog yang menunjukkan bahwa adanya pemukiman manusia yang telah ada sejak abad ke-13 SM di wilayah kota Amman. Walaupun Amman termasuk dalam kota tertua di bumi, akan tetapi kini kota tersebut sudah modern.

5. Mayoritas Yordania Memeluk Agama Islam

Fakta menarik berikutnya ialah mayoritas penduduk Yordania memeluk agama Islam sebanyak 98% dan diketahui bahwa sebanyak 97,2% penduduk Yordania memeluk agama Islam aliran sunni.

6. Makanan Tradisionalnya Menjadi Pemburu Wisatawan

Tahukah Sahabat Tour Yordania bahwa makanan tradisional di Yordania amatlah beragam dan menjadi pemburu wisatawan saat berkunjung ke Yordania. Terdapat beberapa makanan ringan yang terkenal di Yordania yakni hummus yang terdiri dari kacang polong yang dihaluskan dan dicampur dengan tahini, lemon, bawang putih serta falafel. Kemudian, untuk makanan penutup yang populer diburu wisatawan diantaranya ialah baklava, kunafa dan qatayef. tour aqsa jordan mesir

7. Bahasa Resmi Yordania Bahasa Arab

Sahabat Tour Yordania perlu mengetahui bahwa bahasa resmi Yordania merupakan bahasa Arab. Akan tetapi, saat Sahabat Tour Yordania berada disana nanti akan menemukan tak sedikit orang Yordania yang berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris baik dari kalangan bawah maupun kalangan atas. Hal ini dikarenakan bahasa resmi Yordania merupakan bahasa Arab sedangkan bahasa Inggris menjadi bahasa yang diajarkan di sekolah umum juga.

8. Disamping Petra,Yordania Kaya Dengan Bangunan Bersejarah

Perlu Sahabat Tour Yordania ketahui bahwa selain Petra, Yordania juga kaya dengan bangunan aneka ragam yang bersejarah. Kekhalifahan Islam – Arab pun meninggalkan bangunan bersejarah dengan arsitektur yang unik yang disebut sebagai istana gurun diantaranya ialah Qasr al Hallabat, Qasr Mshatta serta Qasr Amra yang termasuk dalam Situs Warisan Dunia. Selain itu, Kesultanan Utsmaniyah pun juga meninggalkan bangunan bersejarah yang menjadi ciri kota di kawasan Yordania salah satunya ialah Masjid.

Demikianlah informasi seputar fakta-fakta menarik tentang Yordania yang wajib diketahui. Semoga ulasan informasi tersebut dapat menambah wawasan Sahabat Tour Yordania sekalian ya. Bagi Sahabat Tour Yordania yang berencana dan berkeinginan untuk berlibur ke Yordania, jangan lupa persiapkan segalanya dengan matang ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.