3 Destinasi Ini Wajib Anda Kunjungi Ketika ke Masjidil Aqsa

3 Destinasi Ini Wajib Anda Kunjungi Ketika ke Masjidil Aqsa

3 Destinasi Ini Wajib Anda Kunjungi Ketika ke Masjidil Aqsa

Destinasi Ini Wajib Anda Kunjungi – Mengunjungi Masjidil Aqsa dengan paket Tour Aqsa dapat menjadi pilihan wisata religi yang menarik bagi umat muslim. Sebagai tempat bersejarah, Masjid Al-Aqsa memang merupakan destinasi wisata islami yang populer dan selalu ramai pengunjung hampir setiap tahunnya.

inasi Ini Wajib Anda Kunjungi Ketika ke Masjidil Aqsa
inasi Ini Wajib Anda Kunjungi Ketika ke Masjidil Aqsa

Meski aksesnya sempat ditutup sementara akibat pandemi COVID-19, namun salah satu rumah Allah ini selalu menjadi target kunjungan jamaah dari berbagai belahan dunia. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh keindahan arsitektur dan cerita sejarahnya. Karena itu, setiap tahunnya tempat suci ini selalu ramai oleh pengunjung dari ketiga kepercayaan tersebut. Sebab di balik keindahan arsitektur bangunannya, tersimpan catatan sejarah islami bagi Islam dan agama samawi lainnya.

Sejarah dan Letak Masjidil Aqsa Saat Ini

Menurut sejarah, tidak diketahui secara pasti kapan tempat suci ini pertama kali didirikan sebagai sebuah tempat ibadah atau masjid. Namun, pembangunannya diperkirakan sudah dimulai sejak awal masa Kekhalifahan Umayyah di wilayah Palestina.

Selain berkaitan erat dengan peradaban Islam, Masjid Al-Aqsa juga memegang peranan penting bagi 2 kepercayaan lainnya yaitu Kristen (Nasrani) dan Yahudi. Itulah sebabnya, tempat ini merupakan simbol toleransi bagi penganut agama Islam, Nasrani, dan Yahudi.

Menurut pendapat lainnya, disebutkan bahwa konstruksi segi empat primitif di area ini pertama kali didirikan oleh Khalifah Umar bin Khattab. Namun terlepas dari kebenaran di balik sejarah pendiriannya, masjid ini pada dasarnya terletak di area Palestina.

Sebelum masa kenabian Rasulullah, Baitulmaqdis dipercaya pertama kali didirikan oleh Nabi Yakub AS, kembali direnovasi oleh putranya, Nabi Sulaiman AS. Tercatat pula bahwa bangunan aslinya sempat hancur hingga rata dengan tanah akibat adanya gempa besar.

Adapun secara bahasa, Masjid Al-Aqsa secara harfiah memiliki arti masjid terjauh. Nama ini bersumber dari surah Al-Isra’ yang menyebut tentang perjalanan jauh Isra Mi’raj Rasulullah dari Masjidil Haram Mekkah hanya dalam waktu semalam menggunakan Buraq.

Namun Sahabat Tour Aqsa tidak perlu khawatir terhadap resiko konflik yang sedang berlangsung antara Israel dan Palestina. Sebab hingga saat ini, para wisatawan muslim masih kerap melakukan kunjungan ke sana dan tetap dapat beribadah dengan aman.

Fakta Menarik Masjidil Aqsa yang Istimewa Menurut Islam

Fakta Menarik Masji Al-Aqsa

Karena saat ini berada di bawah kendali negara Israel, jalur aksesnya cukup berbeda dan harga Tour Aqsa menuju Masjid Al-Aqsa tentu terbilang tidak murah. Namun, hal tersebut dapat terbayar tuntas melalui beberapa keistimewaannya berikut ini.

  1. Adalah tempat Rasulullah mengalami Isra Mi’raj

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa masjid ini adalah saksi penting terjadinya perjalanan Isra Mi’raj Rasulullah dari Masjidil Haram ke surga? Pada perjalanan inilah Rasul pertama kali menerima perintah shalat 5 waktu dari Allah SWT.

  1. Adalah arah kiblat pertama dan masjid kedua menurut sejarah Islam

Selain menjadi tempat Rasul naik ke langit untuk menerima perintah shalat pertama kali, Masjid Al-Aqsa juga merupakan kiblat pertama bagi umat Islam. Tak hanya itu, sebuah hadis riwayat Bukhari-Muslim juga menyebut tempat ini sebagai masjid kedua di muka bumi.

  1. Tempat suci ketiga dalam Islam setelah Kota Mekkah dan Madinah

Sebagai tempat terjadinya Isra Mi’raj, Masjidil Aqsa termasuk dalam 3 masjid yang dianjurkan untuk diziarahi oleh umat Islam selain Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Disebutkan pula bahwa shalat di ketiga masjid tersebut dapat membawa pahala berlipat ganda.

  1. Simbol toleransi 3 agama samawi (Islam, Nasrani, Yahudi)

Yerusalem dikenal memiliki sejarah religi bagi agama Islam, Nasrani, maupun Yahudi. Oleh karena itu, Masjidil Aqsa dianggap sebagai tempat suci bersejarah bagi ketiga agama tersebut sekaligus simbol toleransi antar ketiga umatnya.

  1. Terdapat makam para sahabat Nabi dan bangsawan muslim

Meskipun tidak terdapat catatan jelas terkait berapa orang dan siapa saja yang sudah dimakamkan di wilayah ini, namun disebutkan bahwa beberapa sahabat Nabi dimakamkan di sini. Bahkan, konon makam Nabi Sulaiman juga berada dalam kompleks Masjidil Aqsa.

3 Destinasi Ini Wajib Anda Kunjungi Ketika ke Masjidil Aqsa

Meskipun lokasinya masih diperebutkan, pada dasarnya situs bersejarah ini bertempat di Kota Tua Yerusalem, sebelah timur ibukota negara Palestina. Namun untuk berkunjung, Sahabat Tour Aqsa perlu melapor terlebih dahulu pada pihak Israel.

Karena menariknya nilai sejarah Islam yang tersimpan di tempat suci ini, banyak yang menjadikannya sebagai tujuan berwisata religi. Bagi para pencinta wisata religi area Timur Tengah, 3 destinasi ini wajib Anda kunjungi ketika ke Masjidil Aqsa.

  1. Dome of the Rock

Dome of the Rock atau kubah batu (kubah shakhrah) merupakan sebuah bangunan persegi delapan berkubah emas. Ia disebut kubah batu karena menaungi sebuah batu yang diyakini merupakan tempat Nabi Ibrahim (Abraham) mengorbankan putranya, Nabi Ishak.

  1. Bukit Zaitun

Saat memilih paket Tour Aqsa, jangan lupa untuk memilih Bukit Zaitun sebagai salah satu destinasinya. Selain menyajikan pemandangan indah kota Yerusalem, bukit ini juga diketahui menjadi lokasi dari ratusan makam bersejarah, termasuk makam dari Nabi Zakaria.

  1. Pohon Sahabi

Pohon Sahabi (pohon Al-Buqayawiyya) dikenal sebagai sebuah pohon tua berusia 1500 tahun yang terletak di Yordania. Konon menurut sejarah, pohon ini merupakan tempat Rasulullah berteduh saat singgah dalam perjalanan bersama pamannya menuju negeri Syam.

Selain ketiga rekomendasi destinasi di atas, sebenarnya masih ada banyak sekali pilihan tempat berwisata religi di wilayah Masjid Al-Aqsa dan sekitarnya. Seperti Pantai Gaza, Terowongan Hizkia, Kota Deir Ghassana, Kuburan Nabi Daud, hingga Kota Tua Akka.

Rekomendasi Paket Tour Muslim ke Masjidil Aqsa Bersama TourAqsa.com

Bagi Sahabat Tour Aqsa yang menyukai wisata islami ke Masjid Al-Aqsa, pilihlah program tour muslim dengan paket perjalanan terbaik. Salah satu jasa dengan harga Tour Aqsa yang terbaik dengan penawaran fasilitas berkualitas adalah TourAqsa.com by Satutours Travel.

Insya Allah, wisatawan yang mengikuti program kami dapat menikmati perjalanan wisata muslim yang berkesan dengan aman, nyaman, dan menyenangkan. Paket perjalanan kami dikenal terlengkap dan terbaik dengan jaminan keberangkatan setiap bulan.

Jika berminat menapaki jejak sejarah Islam dengan biaya Tour Aqsa yang terjangkau, cukup bergabung dan daftarkan diri sebelum kuotanya terpenuhi. Mulai dari tiket pulang pergi, akomodasi, konsumsi, hingga tour leader dan guide lokal semuanya akan difasilitasi.

Terlepas dari konflik wilayahnya, wisatawan tetap dapat berkunjung ke Baitulmaqdis dengan membayar biaya tour sesuai program pilihan dari TourAqsa.com. Terdapat pula berbagai promo terbaik dengan fasilitas yang tetap memuaskan.

Hanya dengan biaya Tour Aqsa sebesar 2295 USD (sekitar Rp35,8 juta), pengunjung dapat mengikuti program perjalanan selama kurang lebih 11 hari lamanya. Jangan lupa untuk membawa berbagai persiapan lainnya dan selalu berpakaian sopan dan diutamakan tertutup.

Dengan TourAqsa.com, Sahabat Tour Aqsa dapat menikmati liburan religi yang berkesan sekaligus menambah wawasan. Destinasinya juga telah mencakup perjalanan ke beberapa tempat bersejarah lainnya seperti Mesir dan Jordan.

Untuk berkonsultasi mengenai syarat dan ketentuan pendaftaran, Sahabat Tour Aqsa dapat berkonsultasi bersama Tour Consultant kami via WhatsApp. Dengan paket Tour Aqsa yang berkualitas, perjalanan tour ke Masjid Al-Aqsa niscaya lebih berkah dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *