5 Fakta Menarik seputar Petra

1 min read

5 Fakta Menarik seputar Petra

5 Fakta Menarik seputar Petra

"5

Salah satu destinasi wisata di Jordan adalah Petra, ada banyak fakta menarik seputar Petra yang membuatnya menjadi menarik. Situs arkeologi ini menjadi ramai setelah ditetapkan menjadi tujuh keajaiban dunia baru.

Situs ini sendiri dibangun pada abad ke 4 SM, ketika mengunjungi Petra, Dengan mengikuti Tour Aqsa Jakarta maka Mitra Muslim akan melihat bagaimana struktur dari bangunan pada kota kuno.

Tidak hanya bangunan, Namun juga berbagai ukiran pada batu besar merupakan salah satu daya tarik tempat ini. Petra sendiri memang dikelilingi batu dan tebing tinggi. Paket Tour Aqsa Jordan Mesir

5 Fakta Menarik Seputar Petra

Letaknya berada di 200 km arah selatan dari Ammann. Salah satu kisah menarik seputar Petra adalah setengah dari kotanya merupakan bangunan. Namun setengahnya lagi merupakan ukiran batu.

Secara geografis, letaknya berada di lembah padang pasir di antara tebing batu pasir menjulang tinggi di tepi gurun. Strukturnya menjadikan wilayah sekitar menjadi kota yang cukup aman.

Berikut adalah fakta Menarik Seputar Petra yang mungkin bisa menjadi Alasan Mitra Muslim untuk mengunjungi kota yang pernah hilang ini

1. Posisi Geografisnya Strategis

Secara geografis, letaknya sendiri berada di antara Teluk Aqaba dan Laut Mati. Terletak pada ketinggian 800 sampai 1300 mdpl. Lokasinya sendiri tersembunyi di antara bebatuan dan tebing.

Dengan lokasi tersebut, menjadikan posisinya ideal untuk sebuah kota mandiri, terlebih kota ini juga memiliki pasokan air sangat baik. Pada masanya, kota ini merupakan tempat perdagangan utama di kawasan tersebut.

Selain itu, keuntungan lainnya adalah tebing tinggi yang mengelilinginya kisah menarik seputar Petra lainnya adalah, tebing tinggi tersebut menjadi benteng alami bagi keamanan kota.

Baca Artikel Lainnya :  Kisah Masjidil Aqsa yang Mengesankan Hati

2. Warisan Kebudayaan Dunia

Pada versi yang terbaru, Petra merupakan satu dari tujuh keajaiban dunia yang ada. Nama Petra sendiri memiliki arti batu, hal tersebut karena kota ini terbuat dari dinding batu yang dipahat dengan sedemikian rupa.

Kota kuno ini merupakan simbol dari teknik memahat dan juga perlindungan. Dengan semua lingkup geografisnya, kota ini benar-benar didesain untuk sulit ditembus musuh dan aman dari ancaman badai pasir.

Fakta menarik seputar Petra juga menunjukan daerah ini memiliki sistem pengairan yang baik, dari mulai penggunaan terowongan sampai bilik air. Teknologi ini memungkinkan distribusi air bersih dan mencegah banjir

3. Ibu Kota Suku Nabatean

Wilayahnya sendiri identik dengan Suku Nabatean, yang merupakan salah satu suku asli bangsa Arab sebelum datangnya bangsa Romawi. Suku Nabatean lah yang akhirnya membuat dan mengembangkan kawasan ini.

Fakta menarik seputar Petra juga memperlihatkan daerah ini merupakan kawasan perdagangan yang ramai. Karena letaknya yang memang strategis membuat lambat laun nama Petra mulai dikenal

4. Letaknya Dikelilingi Gunung

Lokasinya sendiri tersembunyi di antara gunung, dari mulai Gunung Harun sampai Gunung Hor. Gunung Harun mungkin yang paling banyak dikunjungi, karena menurut sejarah, disinilah Nabi Harun meninggal dan dimakamkan oleh Nabi Musa. Tour Aqsa

5. Bentuk dan Desain Bangunan yang Unik

Ketika Mitra Muslim pertama kali datang pasti akan langsung takjub dengan semua desain dan bentuk bangunan yang ada. Hampir semua kawasan kota ini adalah batu dan tebing.

Bangunannya pun merupakan hasil dari memahat batu-batu tersebut. Selain itu, jika dilihat lebih jauh desain kota Petra juga unik. Bentuk kotanya merupakan perpaduan antara teknik dan pertahanan.

Baca Artikel Lainnya :  Tour Mesir

Tertarik Datang Ke Petra

Setelah melihat 5 fakta menarik seputar Petra, mungkin Mtra Muslim tertarik untuk mengunjungi kota ini. Kota yang tentunya menyimpan banyak hal menarik.

Mitra muslim bisa mengikuti Tour Aqsa Jordan Mesir dari Travel Tour Aqsa jika tertarik datang ke kota kuno satu ini. Nantinya, semua fakta menarik seputar Petra ini bisa Mitra Muslim lihat langsung.

Kisah Sahabat Nabi di Masjidil Aqsa

Kisah Sahabat Nabi di Masjidil Aqsa Masjidil Aqsa Palestina merupakan salah satu tempat suci bagi umat Islam sedunia. Tempat ini berlokasi di Palestina yang...
wisataturki1453
1 min read