5 Fakta Menarik Tentang Terusan Suez di Mesir

2 min read

5 Fakta Menarik Tentang Terusan Suez di Mesir

5 Fakta Menarik Tentang Terusan Suez di Mesir

5 Fakta Menarik Tentang Terusan Suez di Mesir
5 Fakta Menarik Tentang Terusan Suez di Mesir

Fakta unik terusan Suez menyimpan banyak sejarah yang sangat menarik untuk di bahas. Mitra Muslim tentu sudah tahu bahwa terusan Suez adalah salah satu jalur perdagangan yang cukup sibuk di dunia. Terusan ini berada di sekitaran laut Merah dan Mediterania.

Pembangunan terusan ini dilakukan pada jaman Fir’aun Suneret III pada tahun 1859, Namun sebelum rampung dibangun ada penjajah dari Prancis bernama Napoleon Bonaparte yang menjajah negeri tersebut. Pembangunan kanal ini dilakukan pada siang dan malam hari dengan sistem kerja paksa.

Fakta Unik Terusan Suez Jalur Perdagangan Dunia

Fakta unik terusan Suez dimulai dari ramainya jalur ini digunakan untuk melakukan distribusi perdagangan dan pelayaran. Mengingat bahwa sekitar 12% populitas kapal dagang melewati jalur ini karena dinilai lebih efisien dibandingkan menggunakan jalur perdagangan lainnya.

Mitra Muslim bisa mengunjungi kanal ini dengan paket perjalanan tour Aqsa Jordan Mesir dan bisa mengunjungi tempat bersejarah Islam lainnya. Berikut ini adalah fakta menarik dari terusan Suez yang Mitra Muslim harus ketahui.

  1. Membelah Benua

Mitra Muslim harus mengetahui bahwa terusan Suez yang ada di Mesir dulunya adalah sebuah daratan biasa yang kemudian di gali menjadi sebuah kanal. Kemudian Firaun Suneret III melihat potensi tersebut dan memerintahkan banyak orang untuk membangun kanal tersebut.

Hingga akhirnya terusan ini mampu membelah dua benua yakni Afrika dan Asia, dan menjadi jalur perdagangan paling banyak digunakan hingga saat ini. Fakta unik terusan Suez banyak dipengaruhi oleh jalur perdagangan dan pelayaran

  1. Jalur Perdagangan Nil dan Sungai Merah

Sebelum menjadi jalur perdagangan dan pelayaran yang sangat sibuk, terusan Suez terlebih dahulu digunakan sebagai jalur perdagangan di sekitaran sungai Nil dan Sungai Merah. Bila mitra muslim melakukan perjalanan bersama tour Aqsa Jordan Mesir, maka Mitra Muslim akan melihat terusan ini dengan jelas.

Baca Artikel Lainnya :  Biaya Tour Aqsa 2023

Namun setelah para penjajah datang dan melihat potensi terusan Suez yang sangat cocok sebagai jalur perdagangan, terusan ini kemudian menjadi kanal perdagangan antar benua yang sangat sibuk hingga kini. Mitra Muslim dapat mengetahui fakta unik terusan Suez dengan berkunjung langsung.

  1. Jalur Pelayaran Dunia

Fakta berikutnya adalah sebagai jalur pelayaran dunia. Sejak terkenal menjadi jalur perdagangan yang sangat sibuk, terusan Suez kemudian banyak digunakan sebagai jalur pelayaran yang banyak digunakan oleh berbagai macam negara yang mendistribusikan barang melalui antar benua.

Mungkin Mitra Muslim sudah mengetahui bahwa fakta unik terusan Suez yaitu memiliki waktu yang lebih efisien dalam hal pendistribusian barang dapat dilakukan dalam waktu yang lebih cepat, sehingga dapat menekan biaya pengiriman yang jauh lebih murah dibanding menggunakan jalur lainnya. Travel Tour Aqsa

  1. Jalur Distribusi Paling Sibuk di Dunia

Sebelum menjadi jalur perdagangan dan pelayaran eksklusif yang mampu membelah benua Afrika dan Asia, terusan Suez dulunya merupakan terusan yang sepi dan bahkan tidak banyak kapal besar yang singgah di terusan Suez ini. Namun seiring perjalanan waktu membuat terusan ini sangat ramai.

Dibandingkan dengan terusan Panama terusan Suez memiliki waktu pelayaran yang lebih singkat sehingga terusan ini banyak dipilih oleh orang. Maka dari Mitra Muslim harus mengetahui lebih dalam lagi tentang peradaban dan 5 fakta menarik tentang terusan Suez di Mesir.

  1. Pernah Ditutup Karena Perang Arab dan Israel

Mitra Muslim tentu belum banyak mengetahui bahwa terusan ini pernah di tutup karena akibat konflik yang terjadi antara Arab dan Israel. Kejadian ini berlangsung pada tanggal 29 Oktober 1956, dan mengakibatkan tersedaknya jalur perdagangan dan pelayaran pada waktu itu.

Baca Artikel Lainnya :  Harus di Ketahui, 5 Fakta Menarik Mengenai Masjidil Aqsa

Namun hal itu tidak berlangsung lama karena pada 24 April 1957 terusan Suez dibuka kembali. Hal ini dikarenakan Amerika dan Inggris mengambil tindakan untuk kembali membuka jalur perdagangan dunia. Fakta unik terusan Suez tersebut menjadi salah satu sejarah yang harus Mitra Muslim ketahui.

Dikarenakan terusan Suez ini sangat penting bagi jalur perdagangan dan pelayaran dunia, membuat terusan Suez menyimpan banyak sekali sejarah dan 5 fakta menarik tentang terusan Suez di Mesir yang harus Mitra Muslim ketahui. Ada banyak sekali nilai-nilai kebudayaan dan peradaban jika memahami fakta unik terusan Suez.

Kisah Sahabat Nabi di Masjidil Aqsa

Kisah Sahabat Nabi di Masjidil Aqsa Masjidil Aqsa Palestina merupakan salah satu tempat suci bagi umat Islam sedunia. Tempat ini berlokasi di Palestina yang...
wisataturki1453
1 min read