5 Hal yang Wajib Anda Ketahui Mengenai Masjidil Aqsa

2 min read

5 Hal yang wajib Anda ketamui mengenai Masjidil Aqsa

5 Hal yang Wajib Anda Ketahui Mengenai Masjidil Aqsa

 

5 Hal yang wajib Anda ketamui mengenai Masjidil Aqsa
5 Hal yang wajib Anda ketamui mengenai Masjidil Aqsa

Bisa berkunjung ke Masjidil Aqsa dan beribadah disana merupakan kesempatan emas bagi semua mitra muslim di dunia. Adapun di sana mitra muslin dapat mempelajari sekaligus memaknai perjuangan para sahabat Nabi dalam memperjuangkan nasib sesama umat muslim di Palestina.

Lokasi Masjid Al-Aqsha sebenarnya berada di kawasan konflik Palestina-Israel. Inilah alasan mengapa banyak orang ragu untuk datang ke sini. Namun, keinginan Anda untuk bisa mengunjungi masjid suci ini hanya akan  bertambah jika Anda mengetahui fakta-fakta penting mengenai Masjidil Aqsa!

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai 5 hal yang wajib Anda ketahui mengenai Masjidil Aqsa. Informasi ini dapat berguna dan menambah wawasan mitra muslim di seluruh dunia.

Tidak Semua Orang Boleh Masuk Masjidil Aqsa

Menurut informasi dari beberapa media, pihak Israel mengakui bahwa penerapan aturan  ketat adalah untuk menjaga  situasi keamanan, karena  Israel dan Palestina sering berpartisipasi dalam kerusuhan.

Namun pemerintah Israel juga menggunakan sejumlah tindakan untuk mencegah  warga Palestina memasuki Al Aqsa. Salah satu kasus yang paling terkenal adalah pembangunan tembok pemisah di  Tepi Barat pada tahun 2000 dan secara internasional dikenal sebagai “penjara” bagi warga Palestina. Paket Tour Aqsa Jordan Mesir

Dari sekitar 3 juta warga Palestina di Tepi Barat, hanya mereka yang berusia di atas 50 tahun yang dapat memasuki Al Aqsa, sementara yang lain harus mendapatkan izin dari pemerintah Israel.

Sementara itu, bagi umat Islam yang sudah tinggal di Yerusalem, hanya pada hari Jumat dan hari libur saja mereka diperbolehkan shalat dan berkunjung ke Masjidil Aqsa.

5 Hal yang Wajib Anda Ketahui Mengenai Masjidil Aqsa

Berikut ini beberapa hal yang perlu mitra muslim ketahui terkait keindahan dan sejarah daripada berkunjung ke masjidil Aqsa, diantaranya:

  1. Masjid Utama di Seluruh Dunia
Baca Artikel Lainnya :  Tour Masjidil Aqsa

Adapun hal penting pertama yang perlu mitra muslim ketahui apabila hendak berkunjung ke Masjidil Aqsa, dimana yang pertama adalah Masjid Al Aqsa merupakan salah satu dari tiga masjid favorit Nabi SAW dan merupakan masjid utama di dunia. Inilah sebabnya mengapa umat Islam yang beribadah di sana dijanjikan pahala berlipat ganda.

  1. Saksi Bisu Sejarah Peradaban Islam

Masjid Aqsa merupakan saksi bisu dari berbagai peristiwa sejarah bagi seluruh umat Islam di dunia, yaitu Isra Miraj. Selama dua perjalanan yang berbeda dilakukan pada malam hari, Nabi Muhammad diperintahkan untuk berdoa lima kali sehari.

  1. Kiblat Pertama Umat Muslim

Sebelum Ka`bah, kiblat pertama umat Islam menghadap Masjid Al-Aqsha. Bukan hanya karena Isra Mi’raj. Ini juga berarti membuat umat Islam  beribadah  menghadap tempat  suci dan bebas dari berbagai berhala.

Hal ini karena ketika perintah salat pertama diturunkan, keadaan Ka’bah masih penuh dengan ratusan berhala. Perintah untuk mengubah arah kiblat ke Masjid Agung akhirnya datang pada tahun 1617 bulan setelah Nabi Muhammad hijrah ke Madinah.

  1. Tempat Ihya Ulumuddin Dilahirkan

Ihya Ulumuddin adalah buku yang membahas tasawuf dan fiqih secara rinci. Kitab ini bahkan banyak digunakan oleh umat Islam untuk menghayati sunnah-sunnah Nabi. Ihya Ulummuddin adalah karya luar biasa Imam Al Ghazali yang dilakukan di Masjid Al Aqsa.

  1. Memiliki Kompleks Masjid yang Sangat Luas

Banyak yang percaya bahwa Masjidil Aqsa adalah masjid kubah emas alias Dome of the Rock. Meskipun Masjidil Aqsa merupakan  kompleks yang cukup besar karena ada beberapa masjid lain  di sana. Selain Kubah Batu, ada juga Masjid Qither, Masjid Buraq dan Masjid Marwani. Lokasi Masjid Aqsa yang dilindungi Muslim Palestina  berada di dekat Tembok Ratapan.

Baca Artikel Lainnya :  Fakta menarik Sungai Nile di Mesir

Bagi mitra muslim yang tertarik untuk mengunjungi tanah suci, tentunya perlu juga berkunjung ke masjidil aqsa. Adapun mitra muslim bisa menggunakan jasa travel tour Aqsa dengan berbagai fasilitas dan layanan terbaik dari kami, silakan kunjungi touraqsa.com untuk info lebih lanjut.

Kisah Sahabat Nabi di Masjidil Aqsa

Kisah Sahabat Nabi di Masjidil Aqsa Masjidil Aqsa Palestina merupakan salah satu tempat suci bagi umat Islam sedunia. Tempat ini berlokasi di Palestina yang...
wisataturki1453
1 min read