5 Masjid dalam Komplek Masjidil Aqsa yang Wajib Anda Tahu

2 min read

5 Masjid dalam Komplek Masjidil Aqsa yang Wajib Anda Tahu

5 Masjid dalam Komplek Masjidil Aqsa yang Wajib Anda Tahu

5 Masjid dalam Komplek Masjidil Aqsa yang Wajib Anda Tahu
5 Masjid dalam Komplek Masjidil Aqsa yang Wajib Anda Tahu

Belum banyak orang yang tahu mengenai keberadaan komplek Masjidil Aqsa. Masjid ini memang tergolong berbeda dibandingkan dengan masjid-masjid di belahan bumi lainnya. Menjadi kiblat pertama dan tempat Nabi Muhammad Isra Mikraj.

Dengan Isra Mi’raj inilah, Rasulullah mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu oleh Allah. Bagi umat muslim, masjid ini merupakan tempat suci dan wajib untuk didatangi. Kami Tour Aqsa Jakarta siap menjadi partner mitra jika hendak berziarah ke Palestina, Mesir.

Sebagai tempat yang megah dan bersejarah, nyatanya belum banyak yang mengetahui seluk beluk di dalamnya. Komplek Masjidil Aqsa atau Baitul Maqdis adalah wilayah yang berada di kota Yerusalem. Nabi Daud AS dan Nabi Sulaiman AS membangunnya pada tahun 957 SM.

Kompleks ini memiliki luas 144 ribu meter persegi, dan mampu menampung 400 ribu jamaah. Sebuah mukjizat luar biasa, bisa memiliki tempat suci bersejarah yang begitu luas. Bangunan ini memiliki 5 Masjid dalam Kompleks Masjidil Aqsa yang Wajib Anda Tahu .

Selain memiliki kubah batu atau yang dikenal Qubbat As Sakhrah, komplek masjidil Aqsa juga memiliki bangunan lain di dalamnya. Bangunan tersebut antara lain adalah masjid, yang berada dalam satu wilayah di tempat suci ini. Berikut beberapa yang berada di komplek ini.

Masjid di Kompleks Masjidil Aqsa, Palestina

Komplek di sini sering dikelirukan dengan Jami Al Aqsa dan Qibli saja. Padahal sebenarnya kedua tempat ibadah ini berada dalam komplek Masjid Al Aqsa. Ada masjid dan bangunan yang berada di sini dan belum banyak diketahui.

  1. Al Qibli

Al Qibli merupakan masjid terpenting dalam komplek Masjidil Aqsa. Terletak di sebelah selatan dan merupakan tempat salat utama serta diadakannya khutbah salat  jumat. Bangunan ini memiliki ciri khas kubah biru keabu-abuan.

Baca Artikel Lainnya :  Siapakah yang Membangun Masjidil Aqsa? Simak Kisahnya

Masjid ini menjadi salah satu tempat suci di Yerusalem, dan paling banyak terjadi penyerangan. Misalnya kebakaran yang dilakukan oleh teroris Australia bernama Denis Michael Rohan (1969). Kebakaran ini menyebabkan sepertiga bagiannya rusak terbakar. Travel Tour Aqsa

  1. Marwani

Masjid Al Marwani terletak di sebelah tenggara, terdiri dari 16 galeri batu dan 11 pintu. Bagian kompleks Masjidil Aqsa ini dibedakan dengan atap sangat besar, lebih besar dari langit-langit Masjid Kubah Batu.

Awalnya pembangunan Umayyah digunakan sebagai pemukiman, bagi dataran tinggi Yerusalem. Tentara salib kemudian mengubahnya sebagai kandang kuda. Setelah pembebasan Yerusalem, Salahudin mengembalikan tempat tersebut seperti era sebelumnya.

  1. Al Buraq

Di bagian barat daya tepatnya dekat Gerbang Mugharabi, terdapat Masjid Al buraq. Kompleks Masjidil Aqsa ini merupakan saksi perjalanan Rasulullah dalam malam Isra dan Mi’raj. Beliau menaiki seekor makhluk bernama Al Buraq.

Bagi bangsa Yahudi, tempat ini merupakan sisa kuil Sulaiman yang dihancurkan oleh Nebukadnezar II. Mitra muslim dapat mengunjungi tempat bersejarah ini bersama Tour Aqsa Jakarta, untuk sensasi berwisata yang aman dan nyaman.

  1. Maghribi

Tak jauh dari Al Buraq dalam komplek masjid Aqsa, terdapat masjid Maghribi yang berada di sudut barat daya. Tempat ini dibangun pada tahun 590 H atau 1193 M oleh Salahuddin Al Ayyubi. Di sini menjadi tempat Maliki doa diadakan.

Ciri khas bangunan ini adalah memiliki bentuk persegi panjang dari utara ke selatan. Selain itu terdapat juga dua pintu dalam komplek ini. Yaitu pintu tertutup disudut utara dan pintu terbuka dari sisi timur.

5. Wanita

Masjid wanita menjadi yang terakhir dari 5 Masjid dalam Komplek Masjidil Aqsa yang Wajib Anda Tahu. Sejarah konstruksinya berawal dari era pendudukan tentara salib, sebagai gereja sebelum Salahuddin Al Ayyubi membebaskan Yerusalem.

Baca Artikel Lainnya :  Kisah Masjidil Aqsa yang Mengesankan Hati

Bagian pertamanya menempel pada museum Islam dan terletak pada sebelah barat. Bagian kedua adalah perpustakaan Islam di tengah. Sementara bagian timur digunakan sebagai gudang dalam komplek Masjidil Aqsa. Paket Tour Aqsa Jordan Mesir

Mitra muslim dapat mengunjungi touraqsa.com sebagai referensi ketika hendak berlibur ke Mesir. Kami memberikan pelayanan terbaik untuk suasana liburan aman dan berkesan. Komplek Masjidil Aqsa dapat menjadi salah satu tujuan wisata selanjutnya.

Kisah Sahabat Nabi di Masjidil Aqsa

Kisah Sahabat Nabi di Masjidil Aqsa Masjidil Aqsa Palestina merupakan salah satu tempat suci bagi umat Islam sedunia. Tempat ini berlokasi di Palestina yang...
wisataturki1453
1 min read