Inilah, Kertas Pertama yang di Ciptakan Pertama Kali di Dunia, dan Saat Ini Masih Eksis Dong

2 min read

Inilah, Kertas Pertama yang di Ciptakan Pertama Kali di Dunia, dan Saat Ini Masih Eksis Dong

Inilah, Kertas Pertama yang di Ciptakan Pertama Kali di Dunia, dan Saat Ini Masih Eksis Dong

Inilah, Kertas Pertama yang di Ciptakan Pertama Kali di Dunia, dan Saat Ini Masih Eksis Dong
Inilah, Kertas Pertama yang di Ciptakan Pertama Kali di Dunia, dan Saat Ini Masih Eksis Dong

Mengubah sejarah peradaban inilah, kertas pertama yang di ciptakan pertama kali di dunia, dan saat ini masih eksis dong. Di era digital sekarang, kertas menjadi media yang terus diperlukan. Sebagai media untuk menulis paling banyak digunakan oleh manusia sampai sekarang, sejarah penemuan kertas ternyata banyak yang tidak tahu. Sejak dari zaman Mesir Kuno ternyata kertas pertama kali ditemukan lho.

Bagi Mitra Muslim yang tertarik untuk melihat kertas pertama secara langsung, tentunya bisa berlibur ke Mesir. Mesir menjadi negara yang kaya dengan sejarah, salah satunya sebagai bangsa penemu kertas pertama. Melalui tour muslim Masjidil Aqsa , Mitra Muslim dapat melihat langsung penampakan kertas pertama yang ada di dunia. Pertama kali diciptakan, media untuk menulis masih memakai lembaran papirus.

Diciptakan oleh penduduk asli Mesir Kuno, kertas papirus dapat digunakan sebagai media tulis. Kertas menjadi media paling penting di peradaban manusia, karena semua kegiatan belajar membutuhkan kertas untuk menulis. Sebagai manusia, pasti Mitra Muslim penasaran dengan keberadaan kertas pertama kali yang diciptakan dan digunakan sampai sekarang. Kami akan menjelaskan dari awal kertas papirus dibuat oleh bangsa Mesir Kuno.

Pembuatan Kertas Papirus dari Tanaman

Bangsa Mesir Kuno telah menciptakan kertas yang sampai sekarang masih eksis digunakan sejak abad 3500 SM. Memanfaatkan lembaran papirus yang diperoleh dari batang tanaman setelah kulit dibuang sampai bersih. Dengan Travel Tour Aqsa Jordan Mesir, Mitra Muslim dapat berlibur ke Mesir secara hemat lho. Pada proses pembuatan kertas papirus, bangsa mesir menggunakan bagian dalam yang memiliki serat empulur.

Dari bagian empulur, terdapat serat yang lengket kemudian dipotong menjadi tipis-tipis. Umumnya, panjang kertas papirus dicetak setiap 40 cm agar tidak terlalu besar atau kecil ketika digunakan untuk menulis. Karena diiris secara tipis, pada akhirnya lembaran papirus akan disusun menjadi bertumpuk-tumpuk. Lembaran demi lembaran disusun sehingga menjadi sebuah buku seperti yang banyak beredar saat ini, bedanya cuma penyusunannya. Zaman Mesir Kuno belum tersedia mesin canggih seperti sekarang, untuk menyusun secara rapi mengharuskan pencipta memukul-mukul. Tujuannya adalah membuat susunan lembaran papirus menjadi tidak terlalu tebal ketika disusun seperti buku. Sebelum dibuat seperti buku, lembaran papirus akan dijemur sekitar satu minggu penuh sampai kering. Proses penghalusan menggunakan kulit kerang atau batu supaya kertas memiliki tekstur yang nyaman untuk menulis.

Inilah, Kertas Pertama yang di Ciptakan Pertama Kali di Dunia, dan Saat Ini Masih Eksis Dong, Berikut Penggunaan Papirus

Penemuan kertas pertama dari orang-orang Mesir Kuno membuktikan bahwa sampai sekarang masih digunakan. Masyarakat seantero dunia pasti mengetahui bahan kertas dari tanaman air papirus yang cenderung mudah dijadikan kertas. Adanya sebuah kertas papirus otomatis digunakan untuk menulis beberapa hal penting di zaman kuno. Seperti menulis naskah sejarah peradaban manusia berkembang, sampai penulisan ilmu penting yang berguna bagi umat manusia.

Tour muslim Masjidil Aqsa menjelaskan tentang penggunaan papirus bisa membuat Mitra Muslim memiliki wawasan luas. Salah satu penggunaan kertas papirus di zaman Firaun merupakan sejarah terbesar yang masih disimpan sekarang. Lukisan papirus sudah ada sejak zaman kejayaan Firaun yang dikenal sebagai pemimpin terbesar di Mesir Kuno. Namun karena bahan pembuatan papirus cenderung mahal, sekarang banyak kertas memakai material lainnya.

Untuk mengetahui hal lain tentang sejarah penemuan kertas di zaman Mesir Kuno, Mitra Muslim dapat berlibur ke sana langsung. Mitra Muslim bisa menggunakan Tour Aqsa Jordan Mesir untuk menikmati liburan. Liburan dengan SatuTours, Mitra Muslim bisa melihat kertas papirus secara langsung. Melihat langsung kertas pertama yang di ciptakan pertama kali di dunia, dan saat ini masih eksis hanay bersama kami SatuTours.