Mengenal Peradaban Mesir Kuno

2 min read

Mengenal Peradaban Mesir Kuno

Mengenal Peradaban Mesir Kuno

Mengenal Peradaban Mesir Kuno
Mengenal Peradaban Mesir Kuno

Perlu diketahui dan mengenal peradaban Mesir Kuno bahwa Mesir Kuno menjadi peradaban terbesar yang berada di kawasan sebelah Timur Laut Afrika. Kini kawasan tersebut menjadi dataran bagi wilayah Mesir dan meninggalkan beberapa peninggalan bersejarah, salah satunya yang paling terpopuler ialah piramida.

Tahukah Sahabat Tour Mesir bahwa peradaban Mesir Kuno menjadi peradaban paling tua yang ada di dunia dan keberadaannya diketahui pada tahun 3150 Sebelum Masehi. Bahkan peradaban Mesir Kuno ini diketahui sudah berkembang pesat sebelum muncul peradaban kuno Yunani, peradaban Romawi dan Mesopotamia. Bagi Sahabat Tour Mesir yang ingin mengenal peradaban Mesir Kuno lebih lanjut, yuk simak informasi berikut ini.

Beberapa Peradaban Tertua Mesir Kuno di Dunia

Sistem Kepercayaan

1. Pemerintahan

Sahabat Tour Mesir perlu mengetahui bahwa Pemerintahan Mesir ialah berbentuk kerajaan dan yang memegang kekuasaan tertinggi adalah raja. Diketahui bahwa kekuasaan raja sifatnya mutlak yakni sesuai dengan kehendak para dewa. Pada saat peradaban Mesir Kuno, hal seputar politik dan agama menjadi dua hal yang tak dapat dipisahkan.

Raja atau yang disebut juga dengan sebutan Firaun merupakan kepala negara sekaligus wakil para dewa yang ada di bumi. Tahukah Sahabat Tour Mesir bahwa pemerintahan dan agama berperan dalam ketertiban hidup bermasyarakat melalui pembangunan kuil serta piramida, adanya pemberlakuan hukum, perpajakan, kegiatan perdagangan, organisasi kerja serta pertahanan negara.

Dalam sistem pemerintahan diketahui bahwa para Firaun memerintah Mesir dimulai sejak 3100 – an SM dan sejak kala itu mesir memasuki masa pemerintahan dinasti selama 2500 tahun. Selama rentang waktu tersebut, terdapat 30 dinasti yang terdiri dari 170 Firaun yang memerintah Mesir Kuno. Beberapa Firaun yang terkenal diantaranya Khufu (2589 SM – 2566 SM), Amenhotep (1525 SM – 1504 SM), Hatshepsut (1498 SM – 1483 SM), Thutmosis III (1479 SM – 1425 SM), Tutankhamun (1334 SM – 1325 SM)

2. Sistem Pertanian dan Pengairan

Pertanian merupakan salah satu hal penting yang menjadi sumber kehidupan utama bagi masyarakat Mesir Kuno yang hasil pertaniannya terdiri atas gandum, padi, jagung maupun sayur-sayuran. Karena suburnya ladang di Mesir, maka ketika musim yang baik dapat menghasilkan surplus hasil panen yang mampu mencukupi kebutuhan pangan masyarakat setempat dan sebagian disimpan sebagai bahan makanan cadangan disaat musim kering. \

Kegiatan bertani tersebut sudah dilakukan oleh peradaban mesir Kuno dengan menggunakan sejumlah peralatan seperti cangkul, bajak serta keranjang bertangkai. Untuk sistem pengairan telah diterapkan pada tahun 1780 – an SM dengan melakukan penggalian melalui teknik sumur gali dan shaduf yang terbukti dengan hasil panen tahunan dengan jumlah yang amat melimpah.

3. Sistem Kepercayaan

Mesir Kuno
Mesir Kuno

Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa sistem kepercayaan masyarakat peradaban Mesir Kuno bercorak polities dan pantheon yang diketahui banyak menyembah dewa dan dewi. Diketahui bahwa dewa tertinggi yang disembah ialah Ra (dewa matahari) yang dianggap sebagai pemimpin para dewa, Osiris (dewa kematian serta kebangkitan), Isis (dewi kehidupan dan kematian), Anhur (dewa perang dan berburu), Anubis (dewa pelindung dan mati) serta Ken (dewi cinta).

Masyarakat peradaban Mesir Kuno memiliki anggapan bahwasannya jiwa manusia akan tetap hidup selama jasadnya utuh. Karena itulah, masyarakat peradaban Mesir Kuno membuat mumi yaitu mayat yang diawetkan dengan balsam dan kemudian mayat tersebut ditempatkan di mastaba serta dimasukkan ke dalam piramida.

4. Seni Bangunan

Peradaban Mesir Kuno meninggalkan banyak sekali bangunan-bangunan bersejarah yang megah dan memiliki arsitektur yang menawan dan khas. Diketahui bahwasannya sebelum membangun bangunan-bangunan, para arsitek Mesir Kuno akan melakukan sketsa model bangunan yang akan dibuat dan kemudian diajukan kepada raja yang selanjutnya mulai dipekerjakan oleh para budak. Diantara peninggalan Mesir Kuno yang populer hingga saat ini antara lain :

  • Piramida merupakan bangunan yang berbentuk prisma segi empat yang terbuat dari susunan batu dan fungsinya sebagai makam para Firaun Mesir Kuno/ Piramida yang terkenal ialah Piramida Cheops di Giza yang didirikan pada tahun 2700 SM dengan tinggi sekitar 137 meter.
  • Sphinx merupakan patung yang berbentuk singa dengan kepala manusia yang biasanya terletak di kanan dan kiri piramida. Sphinx dianggap sebagai makhluk mitologi yang bertugas menjaga piramida dari adanya roh jahat.
  • Kuil Abu Simbel merupakan kompleks yang terdiri dari dua kuil yang dibangun oleh Firaun Mesir Ramses II. Diketahui bahwa kuil tersebut terdapat 4 patung raksasa Ramses II setinggi 20 meter dan tak jauh dari kompleks tersebut terdapat kuil pemujaan dewi Hathor yang dipersembahkan untuk ratu Nefertari.
  • Obelisk merupakan tugu peringatan yang terbuat dari batu granit berwarna merah. Obelisk ini digunakan untuk memuja Dewa Ra atau Dewa Matahari yang letak tugu ini diketahui tak jauh dari piramida atau sphinx.

Dengan ulasan informasi seputar mengenal peradaban Mesir Kuno, semoga dapat bermanfaat bagi Sahabat Tour Mesir sekalian ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.