Simak beberapa Makanan Tradisional Khas Yordania Lezat

3 min read

Simak beberapa Makanan Tradisional Khas Yordania Lezat

Simak beberapa Makanan Tradisional Khas Yordania Lezat

Pada saat pergi berlibur ke Yordania, tentunya kesan liburan yang akan dijalani akan berbeda daripada liburan sebelumnya. Karena pada saat berlibur di Yordania tak hanya ragam bangunan bersejarahnya saja yang menarik perhatian para wisatawan. Akan tetapi, banyak pula makanan tradisional khas Yordania yang wajib dicicipi pada saat liburan ke Yordania.

Simak beberapa Makanan Tradisional Khas Yordania Lezat

Perlu Sahabat Tour Yordania ketahui bahwa Yordania dikenal sebagai negara Levantine yang memiliki beraneka ragam kuliner dengan rasa yang nikmat. Rasa kuliner khas Yordania ini dipengaruhi oleh beberapa negara diantaranya Afrika Utara, Timur Tengah, Persia dan Mediterania. Sehingga, cita rasa kuliner yang khas akan dirasakan saat mencicipi makanan khas Yordania. Bagi Sahabat Tour Yordania yang ingin mengetahui rekomendasi makanan tradisional khas Yordania, yuk simak informasi berikut ini.

Untuk kamu yang berkunjung ke yordania ,inilah makanan khas yordania yang lezat :

1. Maqluba

Maqluba

Maqluba merupakan salah satu makanan khas Yordania yang terdiri dari nasi, sayuran, kentang serta ayam yang dibalik diatas piring. Untuk mendapatkan tampilan yang cantik ini tergantung keahlian juru masak ketika membalik dan memasak maqluba ini. Apabila dilihat dari penampilannya mungkin Sahabat Tour Yordania yang mengira bahwa maqluba berbahan dasar nasi.

Hal ini karena bentuknya mirip seperti kue yang di dalam nasi tersebut terdapat potongan ayam serta bahan lainnya. Diketahui bahwa maqluba sudah ada sejak berabad – abad lalu. Ketika di Yordania, Sahabat Tour Yordania tak akan kesusahan untuk menemukan maqluba ini, karena banyak sekali restoran yang menyajikan maqluba ini.

2. Mulukhiyah

Mulukhiyah merupakan makanan khas Yordania yang dibuat dari bahan rempah hijau yang dimasak hingga mengental. Setelah itu, disajikan bersama nasi dan ayam. Sup Mulukhiyah cukup populer cita rasanya, terlebih pada saat makan ditambahkan dengan perasan jeruk nipis serta saus cabai. Dijamin, Sahabat Tour Yordania tak akan kecewa dengan cita rasa makanan khas Yordania ini.

3. Zarb

Perlu Sahabat Tour Yordania ketahui bahwa Zarb dikenal dengan baqrbeque khas Yordania. Daging yang digunakan dalam masakan Zarb ini biasanya berupa daging domba ataupun daging ayam. Proses memasaknya ialah dengan meletakkan daging yang sudah direndam pada nampan. Kemudian, pada umumnya ditambahkan potongan sayur. Selanjutnya dimasukkan ke dalam oven dan dimasak dengan waktu sekitar 1 jam. Setelah selesai, tekstur dagingnya biasanya juicy dan empuk. Oleh karena itu, saat di Yordania Sahabat Tour Yordania hendaknya tak melewatkan untuk mencicipi Zarb.

4. Mansaf

Mansaf Jordan
Mansaf Jordan

Makanan khas Yordania berikutnya ialah mansaf yang dibuat dari bahan nasi lalu ditambahkan dengan daging domba dan yoghurt. Diketahui bahwa proses pembuatannya mirip dengan proses pembuatan maqluba, namun bedanya ialah dagingnya dimasak dengan terpisah. Salah satu tips dalam memasak mansaf untuk menambah cita rasa ialah dengan menambahkan kacang goreng serta peterseli segar. Lebih segar lagi apabila ditambah dengan salad mentimun dan tomat segar.

5. Malfutu

Malfutu menjadi salah satu makanan khas Yordania yang berbahan dasar daun kubis yang diisi dengan daging cincang dan nasi, selanjutnya digulung dan direbus di dalam saus lemon dan bawang putih. Pada umumnya isiannya ialah daging domba ataupun daging sapi yang dicincang. Biasanya nasi yang sudah dicampur daging ditambah dengan samneh atau mentega yang dijernihkan, bawang bombay serta rempah seperti lada hitam, kayu baharat dan kayu manis. Malfutu dapat disajikan panas ataupun hangat sebagai hidangan utama dan biasanya dimakan bersama dengan roti pita, yoghurt tawar serta irisan lemon.

6. Shorabet Adas

Shorabet Adas
Shorabet Adas

Perlu Sahabat Tour Yordania ketahui bahwa setiap musim dingin di Yordania, Shorabet Adas menjadi salah satu kuliner khas andalan. Shorabet adas disebut pula sup miju – miju yang menjadi masakan khas dan paling banyak dipesan di restoran pada saat musim dingin tiba. Ketika menyantap sup miju – miju ini dipercaya bahwa tubuh akan terasa lebih hangat, meningkatkan energi serta menjadikan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Biasanya sajian ini dihidangkan bersama roti panggang, daun bawang serta perasan lemon.

7. Al-rashoof

Al – rashoof merupakan salah satu makanan tradisional khas Yordania yang berupa sup dengan kombinasi lentil hijau yang ditambahkan yoghurt, jameed, bawang goreng dan kaldu ayam. Kuliner ini amat nikmat bila disantap saat masih hangat. Oleh karena itu, Al – rashoof ini menjadi makanan khas yang terpopuler untuk disajikan ketika musim dingin. Biasanya al – rashoof disajikan dengan menambahkan acar sayur atau asam. Kebanyakan Al – rashoof ditemukan di kawasan Yordania Utara.

8. Warbat

Tahukah Sahabat Tour Yordania bahwa warbat merupakan makanan khas Yordania berupa kue yang diisi dengan krim. Lalu dalam penyajiannya disiram dengan sirup gula serta ditambahkan dengan taburan khusus. Biasanya taburan ini terdiri dari kenari, almond, keju manis serta kacang pistachio.

9. Labneh

Labneh menjadi salah satu makanan khas Yordania yang dapat Sahabat Tour Yordania coba pada saat berlibur ke Yordania. Labneh merupakan makanan berupa yoghurt tradisional Timur Tengah ini termasuk dalam makanan yang selalu disajikan di Yordania. Labneh memiliki tekstur yang creamy, sehingga begitu nikmat saat disantap. Bahan dasarnya ialah garam dan Yoghurt. Yoghurt yang digunakan ialah yoghurt murni yang kemudian ditambahi garam dan dibiarkan hingga beku. Untuk prosesnya diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 12 hingga 24 jam.

10. Mujadara

Sahabat Tour Yordania perlu mengetahui bahwa Mujadara menjadi makanan khas Yordania yang dikonsumsi sehari-hari. Mujadara merupakan nasi yang dicampur lentil serta bumbu rempah. Pada umumnya Mujadara ini dinikmati sebagai hidangan yang cepat serta mudah. Proses pembuatan Mujadara ialah beras dimasak bersama lentil mentah, lalu ditambahkan bumbu yang lainnya. Perlu Sahabat Tour Yordania ketahui bahwa yang membuat Mujadara makin lezat ialah adanya bawang goreng karamel serta kacang pinus goreng yang menjadi taburan di atas hidangannya.

Inilah sekilas informasi seputar beberapa makanan tradisional khas Yordania yang lezat. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi bagi Sahabat Tour Yordania yang hendak berlibur ke Yordania dan berencana untuk mencicipi khas kuliner Yordania.

Leave a Reply

Your email address will not be published.