Tempat-tempat Populer di Mesir yang Perlu di Ketahui

Tempat-tempat Populer di Mesir yang Perlu di Ketahui

Tempat-tempat Populer di Mesir yang Perlu di Ketahui

Hal ini karena mayoritas penduduk Mesir adalah penganut agama Islam, sedangkan sisanya adalah penganut agama Kristen Kubti. Di sini, Sahabat Tour Aqsa juga dapat menjumpai berbagai monumen kuno megah yang bercorak khas peradaban masa lalu. Tour Aqsa

Sebab, Mesir merupakan salah satu negara tertua di dunia yang sudah berusia lebih dari 5000 tahun. Ada banyak sekali peninggalan bersejarah dari kerajaan Mesir Kuno zaman dahulu yang menjadi pusat studi bagi para ahli dan sejarawan dari seluruh dunia.

Apalagi, di negara ini terdapat juga salah satu perguruan tinggi yang menjadi pusat pendidikan sastra Arab serta kajian Islam Sunni di dunia, yaitu Universitas Al-Azhar. Sehingga, Mesir juga diakui secara luas sebagai pusat budaya serta politik utama di wilayah Arab dan Timur Tengah.

Rekomendasi Tempat-Tempat Populer di Mesir yang Perlu di Ketahui

Tempat-tempat Populer di Mesir yang Perlu di Ketahui

Secara geografis, Mesir merupakan negara yang terletak di Afrika Utara serta berbatasan langsung dengan Israel dan Jalur Gaza. Jika Sahabat Tour Aqsa senang dengan perjalanan wisata sejarah yang berbau religi, berikut ini 10 tempat populer Mesir sebagai opsi destinasi.

1. Piramida Giza dan Sphinx

Hampir semua orang tentu tahu bangunan ikonik satu ini, yaitu Piramida Giza yang di kompleksnya juga terdapat sebuah monumen ikonik patung Sphinx. Piramida Agung Giza dikenal sebagai salah satu piramida tertua sekaligus terbesar di Necropolis Giza.

Bahkan, piramida ini juga dikenal sebagai satu-satunya bangunan yang hingga kini masih menjadi bagian dari Tujuh Keajaiban Dunia. Penduduk setempat meyakini bahwa piramida ini dibangun sebagai makam untuk firaun dinasti keempat Mesir pada masa itu, yaitu Khufu.

Hingga kini, tempat ini masih menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di dunia. Cukup dengan membayar biaya Tour Aqsa menuju Mesir, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan serta keunikan Piramida Giza dan patung Sphix secara sekaligus.

2. Kuil Abu Simbel

Selanjutnya ada Kuil Abu Simbel, monumen peninggalan masa pemerintahan Fir’aun Ramses II, yang diyakini sudah dibangun sejak tahun 1250 SM. Kuil ini sendiri terdiri atas 2 bangunan yang masing-masing dipahat dari tebing batu pasir.

Ternyata pada sekitar tahun 600 SM, Kuil Abu Simbel sempat ditinggalkan orang hingga mulai tertutup pasir dan menghilang. Karena terletak di gurun dengan lokasi amat kering dan hampir tidak pernah terkena hujan besar, untungnya bentuk kuil ini masih terjaga utuh.

Namun karena adanya ancaman banjir dari Danau Nasser, sebuah waduk dari Bendungan Aswan, akhirnya UNESCO memindahkannya ke tempat lebih aman sebagai langkah penyelamatan. Pada 1968, akhirnya kuil berhasil dipindahkan dan dirangkai seperti semula.

3. Alexandria

Rekomendasi tempat populer berikutnya yang bisa dikunjungi dengan paket Tour Aqsa adalah Alexandria. Kota ini terletak sekitar 200 km dari Kairo, serta pernah menjadi tempat bagi perpustakaan terbesar di dunia.

Kini, Alexandria menjadi salah satu destinasi wisata yang indah dengan berbagai objek wisata populer. Di antaranya seperti alun-alun pilar Pompy, serta berbagai kafe dan restoran yang menawarkan banyak pilihan kuliner khas Mesir yang lezat dan menggugah selera.

4. Benteng Salahuddin Al-Ayyubi

Sesuai namanya, benteng ini dibangun oleh Salahuddin Al-Ayyubi, mantan Sultan Mesir dari masa pemerintahan Dinasti Ayyubiyah. Benteng ini dibangun pada 1183 Masehi, dan berfungsi untuk melindungi Kota Kairo Mesir dari serangan Tentara Salib pada masa itu.

Dengan paket dan harga Tour Aqsa yang sesuai, Sahabat Tour Aqsa sudah bisa mengunjungi benteng ini di kawasan Jabbal Muqattam Kairo. Pada zamannya, Benteng Salahuddin Al-Ayyubi adalah benteng termaju dengan arsitektur kokoh dari batu marmer dan granit.

Bahkan, benteng ini sudah dilengkapi sistem pertahanan jarak jauh dengan adanya meriam dan panah dari menara-menara benteng berjarak seratus meter. Kini, pengunjung bisa melihat langsung arsitekturnya sekaligus melihat koleksi yang dipamerkan dalam benteng.

5. Sungai Nil

Selain Piramida Agung Giza, ikon khas lainnya dari Mesir adalah Sungai Nil, sungai terpanjang di dunia yang berkontribusi besar bagi kehidupan warga sekitar. Dengan panjang lebih dari 6.500 km, hingga kini para peneliti belum mengetahui pasti panjang sungai Nil sebenarnya.

Selain menjadi sumber daya air terbesar, sungai Nil juga menjadi jalan raya utama untuk bertransportasi ke seluruh negeri. Oleh karena itu, pengunjung bisa menikmati berlayar naik perahu mengikuti arus sungai atau didorong oleh angin menggunakan kapal.

6. Oasis Bahariya

Selain sungai Nil, salah satu situs wisata alam bersejarah lainnya yang populer di Mesir adalah Oasis Bahariya. Oasis indah ini memuat ribuan mumi emas dari berbagai makam periode Yunani-Romawi.

Disebut mumi emas sebab mumi tersebut menggunakan dekorasi emas luar biasa di dalam pemakamannya. Sahabat Tour Aqsa bisa mengunjungi tempat ini dengan mudah hanya dengan membayar biaya Tour Aqsa menuju Mesir.

Selain mumi emas, di sini juga bisa ditemukan koin-koin kuno dari masa Yunani-Romawi, termasuk dari masa pemerintahan Cleopatra VII. Hingga saat ini, penggalian serta studi sejarah pada situs ini masih terus dilakukan oleh para peneliti.

7. Kuil Edfu

Kuil Edfu terletak di tepi barat sungai Nil, dan dikenal pada zaman Helenistik dengan sebutan Yunani Koine. Kuil Edfu juga disebut sebagai kuil Horus, sebab menjadi tempat pemujaan Dewa Horus pada masanya.

Pada kuil tersebut terdapat monumen patung Horus kolosal berbentuk elang serta prasasti yang menegaskan bahwa kuil ini didedikasikan bagi dewa Horus. Adapun dewa Horus dikenal sebagai dewa berwujud pria berkepala elang.

8. Luxor

Selanjutnya, Sahabat Tour Aqsa juga bisa berkunjung ke Mesir menggunakan paket Tour Aqsa untuk melihat bukti peradaban Luxor. Luxor kini dikenal sebagai sebuah kota Modern, namun dahulu dikenal sebagai tempat para raja-raja Fir’aun memerintah.

Dahulu, tanah padang pasir bagian barat Luxor dikenal sebagai Kota Kematian di mana semua penerus Dewa Amun akan dimakamkan bersama harta kekayaan mereka. Di sini juga terdapat makam milik Tutankhamun, salah satu Fir’aun dari dinasti ke-18 yang terkenal.

9. Museum Mesir

Museum Mesir atau biasa juga disebut Museum Kairo merupakan rumah bagi berbagai koleksi antik bangsa Mesir Kuno. Dengan lebih dari 120.000 koleksi, museum ini menampung berbagai artefak bersejarah di dalam gedung yang terdiri atas 2 lantai.

Pada bagian lantai dasar, terdapat beragam koleksi papirus dan koin kuno dari zaman dahulu. Berbagai potongan papirus tersimpan dalam bentuk fragmen kecil akibat pembusukan selama dua ribu tahun terakhir. Adapun koinnya terbuat dari bermacam logam berbeda-beda.

Sedangkan pada lantai bagian atas, dapat dijumpai berbagai arterfak dari Kerajaan Baru dengan jangka waktu antara 1550 hingga 1069 SM. Dibanding koleksi abad sebelumnya, artefak ini umumnya lebih besar, seperti patung, meja, dan peti mati.

10. Saqqara Necropolis

Rekomendasi tempat populer terakhir adalah Saqqara Necropolis, sebuah situs pemakaman Mesir Kuno yang terletak sekitar 30 km dari selatan Kota Kairo. Di sini terdapat sebuah piramid bertangga tertua di dunia yang masih terpelihara dengan baik.

Meskipun tidak seterkenal Piramida Giza, namun Saqqara Necropolis adalah tempat pertama kali pembangunan piramida di Mesir dimulai. Jika Sahabat Tour Aqsa adalah pecinta sejarah, Saqqara Necropolis dapat dijadikan sebagai opsi destinasi berkunjung.

Sahabat Tour Aqsa bisa berkunjung ke berbagai tempat populer Mesir Kuno dengan mengikuti paket perjalanan dari Tour Aqsa by Satutours. Paket perjalanan dan harga Tour Aqsa dijamin selalu memberikan fasilitas terbaik untuk membuat perjalanan lebih menyenangkan. tour aqsa jordan mesir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *