Perlu juga Diketahui Nih, Perbedaan Martabak Mesir dan Martabak Telur Beserta Asal usulnya

Perlu juga Diketahui Nih, Perbedaan Martabak Mesir dan Martabak Telur Beserta Asal usulnya

Perbedaan Martabak Mesir dan Martabak Telur
Perbedaan Martabak Mesir dan Martabak Telur

Bagi pencinta jajanan dan kuliner, tentunya tak lagi asing dengan martabak. Martabak menjadi salah satu makanan yang menjadi favorit oleh masyarakat karena cita rasanya yang gurih nan lezat. Namun, perlu diketahui bahwa ternyata ada beberapa jenis martabak loh. Terdapat dua jenis martabak yang diketahui memiliki cita rasa yang sama lezatnya yakni martabak Mesir dan Martabak telur. Untuk mengetahui informasi seputar perbedaan martabak Mesir dan martabak telur, yuk simak informasi berikut ini. Tour Aqsa

Definisi Martabak Mesir dan Martabak Telor

Perlu diketahui bahwa martabak berasal dari bahasa Arab yang artinya “dilipat” atau “berlapis”. Martabak Mesir dan martabak telur diketahui memiliki penampakan yang sama yakni terbuat dari adonan terigu yang diberi isian, kemudian dilipat-lipat seperti amplop lalu digoreng hingga matang.

  • Martabak Telur

Martabak telur merupakan kudapan yang terbuat dari adonan tepung terigu dengan isian telur, daging dan juga daun bawang. Adonan tersebut dipipihkan, lalu diberi isian dan digoreng hingga matang.

  • Martabak Mesir

Martabak Mesir merupakan kudapan yang tak jauh berbeda dengan martabak telur. Salah satu ciri khas yang ada pada martabak Mesir ialah isian dagingnya dimasak dengan aneka bumbu rempah yang menjadikannya semakin lezat. Selain menggunakan rempah, isian untuk martabak Mesir ini pun terkadang ditambahkan jamur dan bawang bombay untuk menambah cita rasanya.

Asal usul Martabak Mesir yang jarang orang ketahui :

Asal usul Martabak Mesir yang jarang orang ketahui
Asal usul Martabak Mesir yang jarang orang ketahui

Terkait asal-usulnya, diketahui bahwa martabak berasal dari Timur Tengah. Diketahui bahwa martabak berasal dari kata mutabbaq yang artinya “terlipat” yang merujuk pada makanan dengan adonan pipih yang dilipat-lipat pada saat proses pembuatannya. Kala itu, sembari berdagang terjadi pula akulturasi budaya Arab serta India dengan masyarakat setempat termasuk dalam hal makanan.

Martabak Mesir pada umumnya disajikan dengan berbagai macam jenis olahan serta rempah-rempah. Istilah Mesir yang tersemat pada martabak ini ialah karena martabak ini muncul pada saat dibawa pertama kali oleh orang Arab. Kemudian terjadilah salah kaprah oleh masyarakat setempat yang menyebutnya dengan orang Mesir. Sehingga, makanan tersebut disebut dengan martabak Mesir oleh masyarakat setempat.

Perbedaan Martabak Mesir dan Martabak Telor

Apabila dilihat sekilas memang martabak Mesir dan martabak telur akan terlihat sama. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa perbedaan tempat asalnya membuatnya memiliki beberapa hal yang menjadi pembedanya. Perbedaan yang utama ialah dari bahan yang digunakan. Untuk martabak Mesir dan martabak telur ini keduanya menggunakan bahan telur, daun bawang dan daging giling. Untuk telurnya dapat menggunakan telur ayam atau telur bebek, sedangkan dagingnya dapat menggunakan daging giling sapi ataupun ayam. Tour Aqsa Jordan mesir

Hal yang menjadi pembeda ialah bumbu untuk isian daging martabak. Pada umumnya isian bumbu daging untuk martabak telur lebih sederhana yakni bawang putih, garam, merica serta daun bawang. Berbeda halnya dengan Martabak Mesir yang bumbu dagingnya terdiri atas berbagai macam rempah seperti bawang putih, bawang merah, pala, lengkuas, jintan, jahe, bunga lawang, bubuk kari, daun salam dan ada juga yang menggunakan santan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa antara martabak telur dan martabak Mesir terdapat perbedaan cita rasa yakni Martabak Mesir lebih memiliki cita rasa rempah yang kuat dibandingkan dengan martabak telur.

Perbedaan lainnya ialah pada bahan penggunaan minyaknya. Pada martabak telur pada umumnya menggunakan minyak kelapa untuk menggoreng martabaknya dan sedangkan martabak Mesir menggunakan mentega, margarin atau minyak samin untuk menggoreng martabaknya. Kuah dari kedua martabak ini juga memiliki perbedaan. Untuk martabak telur, kuah nya terbuat dari gula merah, air asam atau cuka, air dan garam secukupnya, kemudian ditambahkan bawang merah, timun dan cabai rawit. Sedangkan untuk Martabak Mesir kuah nya lebih sederhana yakni cabai rawit, bawang bombay dan tomat.

Demikianlah informasi seputar perbedaan Martabak Mesir dan Martabak Telur beserta asal-usulnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya, Aamiin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *