Fakta-fakta Menarik Al Aqsa, Tempat Suci Bagi Islam, Kristen dan Yahudi

Fakta-fakta Menarik Al Aqsa, Tempat Suci Bagi Islam, Kristen dan Yahudi

Fakta-fakta Menarik Al Aqsa, Tempat Suci Bagi Islam, Kristen dan Yahudi

Terdapat beragam fakta-fakta menarik Al Aqsa, tempat suci bagi Islam, Kristen dan Yahudi yang tidak banyak diketahui oleh para wisatawan. Apakah sahabat Tour Aqsa adalah salah satu di antara mereka?

Majid Al Aqsa berlokasi di area Kota Lama Yerusalem dan merupakan kompleks yang memiliki luas sekitar 144 ribu meter persegi. Tempat ini dianggap suci oleh tiga agama di dunia, bukan hanya Islam, tapi juga Kristen dan Yahudi.

Walaupun sudah populer dan memilki banyak pengunjung, tidak semuanya tahu apa saja fakta menarik di balik destinasi yang mereka datangi. Supaya lebih paham apa saja fakta menariknya, cermati pembahasan singkat berikut.

Al-Alqsa Tidak Hanya Mempunyai Satu Masjid Saja

Fakta-fakta Menarik Al Aqsa, Tempat Suci Bagi Islam, Kristen dan Yahudi
Fakta-fakta Menarik Al Aqsa, Tempat Suci Bagi Islam, Kristen dan Yahudi

Apakah sahabat Tour Aqsa sudah tahu bahwa Al Asqa tidak hanya mempunyai satu masjid saja? Sebagian orang beranggapan bahwa Al-Aqsa hanya memiliki satu masjid saja dengan kubah warna emas.

Tidak jarang juga yang mengira bahwa tempat ini merupakan Masjid Al-Qibli atau Jami’ Al-Aqsa berkubah biru. Padahal, Masjid Al-Aqsa merupakan nama kompleks tersebut. Di mana di dalamnya terdiri atas bangunan berkubah biru, kubah emas dan situs lainnya.

Setelah membayar biaya tour Aqsa sejumlah tertentu ke agen travel, sahabat Tour Aqsa akan diajak ke masjid ini. Jadi, nantinya bisa membuktikan sendiri nama dan lokasi masjid yang masuk ke bagian Al-Aqsa.

Bukan hanya Qibli dan Dome of Rock atau Kubah Batu saja, tapi ada juga Marwani dan Buraq. Sejatinya Masjid Al-Aqsa merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan seluruh area di dalam pagar.

Beberapa bangunan yang ada memiliki fungsi tidak hanya sebagai masjid atau musala saja, tapi juga sekolah, sumur, sumber air dan lain-lain. Untuk kompleks yang lebih luas sebagai tempat Al-Aqsa dinamakan dengan Al-Haram Ash-Sharif.

Adanya Keutamaan Tersendiri Melaksanakan Salat di Al-Aqsa

Fakta menarik yang mungkin sudah banyak diketahui oleh umat muslim dan merupakan salah satu alasan mereka akhirnya berkunjung ke Al-Aqsa yaitu adanya keutamaan tersendiri ketika melaksanakan salat di tempat ini. Bila membahas tentang pahala salat di masjid ini beragam.

Beberapa hadist menyebutkan jumlah pahala yang berbeda. Tapi ada salah satu hadist yang paling masyhur menyebutkan bahwa jumlah pahalanya serupa dengan salat sebanyak 500 kali di tempat lain. Sedangkan di Masjid Nabawi sama dengan 1.000 salat.

Masjidil Haram serupa 100.000 kali beribadah salat di masjid lain. Sangat menarik tentu saja dengan membayar harga tour Aqsa sejumlah tertentu bagi umat muslim bisa berkesempatan melaksanakan salat di Baitul Maqdis atau Masjid Al-Aqsa.

Tidak bisa dipastikan memang berapa pahala yang diperoleh ketika salat di tempat ini. Tapi, bagi umat muslim tentu memberikan kesan tersendiri saat bisa salat di tempat yang dianggap suci. Bahkan masjid ini diyakini sebagai tempat yang tidak dapat dimasuki Dajjal di akhir zaman kelak.

Masjid Al-Aqsa Diperebutkan oleh Agama Lain

Sudah sejak dulu Masjid Al-Aqsa diperebutkan oleh umat Islam, Yahudi serta Kristen. Alasannya karena bangunan tersebut merupakan sebuah situs bersejarah dan termasuk tanah suci di Yerusalem. Selain itu mempunyai sejarah bagi setiap agama.

Bahkan karena menjadi rebutan, tempat ini pernah mengalami kebakaran yang mengakibatkan bangunan menjadi hancur berkali-kali. Salah satu kejadiannya terjadi pada tahun 1967 silam. Kala itu pihak Israel ingin menguasai daerah tersebut. Tour Aqsa Jordan Mesir

Pada abad ke-7, tempat ini pernah hancur akibat gempa bumi di Yerusalem. Bukan hanya itu, Masjid Qibli serta mimbar Nuruddin Zanki pernah dibakar dengan sengaja oleh Denis Michael Rohan, seorang turis yang asalnya dari negara Australia.

Beberapa Fakta Lainnya dari Masjid Al Aqsa yang Tidak Kalah Menarik

Setiap paket tour Aqsa biasanya menawarkan tempat tujuan berbeda-beda. Semakin banyak destinasi yang dituju, akan semakin mahal harganya. Selain itu juga memerlukan waktu kunjung yang lebih lama.

Tapi alangkah baiknya bila sahabat Tour Aqsa sebelum berkunjung ke Al-Aqsa mengetahui beberapa fakta menariknya untuk menambah pengetahuan. Selain yang sudah disebutkan sebelumnya, ada juga beberapa fakta menarik lain, meliputi:

  1. Kiblat Umat Islam Pertama

Fakta menarik pertama, Majid Al-Aqsa adalah kiblat utama umat Islam yang pertama sebelum akhirnya beralih menjadi Ka’bah. Mengenai hal ini sudah dituliskan dalam QS. Al-Baqarah, tepatnya ayat 144.

Di mana kiblat salat akhirnya pindah menghadap Ka’bah sesudah Rasulullah memperoleh perintah dari Allah. Tempat ini menjadi kiblat umat muslim tepatnya pada generasi awal sampai sekitar 17 tahun sesudah hijrah.

  1. Pernah Menjadi Tempat Tinggal Abu Hamid Al-Ghazali

 Walaupun sudah membayar biaya tour Aqsa, ketika tanpa adanya fasilitas tour guide tentu akan kesulitan untuk memperoleh informasi tentang tempat yang dituju, termasuk fakta menariknya.

Fakta menarik Al-Aqsa lainnya yaitu pernah menjadi tempat tinggal Abu Hamid Al-Ghazali, penulis buku Ihyaa Ulumuddin. Bukan hanya tinggal, tapi beliau juga pernah menulis buku di tempat tersebut.

  1. Berhubungan dengan Peristiwa Isra’ Mi’raj

Umat muslim percaya bahwa Masjid Al-Aqsa merupakan tempat singgah Rasulullah. Dalam perjalanan sebelum diangkat menuju Sidratul Muntaha, Rasulullah didampingi malaikat Jibril mengendarai Buraq.

Nabi Muhammad pada malam tersebut memulai perjalanan dari Masjidil Haram menuju Majid Al-Aqsa. Mengenai kisah perjalanan Rasulullah satu ini sudah tertulis dalam QS. Al-Isro’. Tempat pijakan Rasulullah kala itu di Al-Aqsa disebut dengan Dome of The Rock.

  1. Pernah Menjadi Area Pembuangan Sampah

Ketika membahas tentang harga tour Aqsa dari agen travel, sebaiknya pilih yang wajar. Bila terlampau murah, dikhawatirkan ternyata abal-abal. Atau memang memberangkatkan tapi ternyata memberikan fasilitas sangat minim.

Salah satunya tidak adanya fasilitas pemandu selama perjalanan ke lokasi. Untuk mengantisipasi hal ini, mencari informasi terkait Al-Aqsa sebelum berangkat menjadi penting.

Salah satu fakta yang mungkin masih jarang diketahui bahwa kawasan masjid ini pernah menjadi area pembuangan sampah. Tapi, kemudian dibersihkan saat Umar bin Khattab berhasil membebaskan Yerusalem.

  1. Tempat Makam Para Nabi

Sebenarnya tidak ada catatan khusus mengenai jumlah nabi dan sahabat Rasulullah yang dimakamkan di tempat ini. Tapi memang ada beberapa yang dimakamkan di Masjid Al-Aqsa, salah satunya Nabu Sulaiman.

  1. Dome of The Rock Bukan Masjid Al-Aqsa 

Dengan memilih paket tour Aqsa dari agen travel terpercaya, sahabat Tour Aqsa akan memperoleh fasilitas menarik berupa pemandu wisata. Jadi, ada seseorang yang lebih paham dengan wisata dituju bisa ditanyai.

Tidak ada salahnya setelah sampai di lokasi, menanyakan tentang perbedaan mendetail terkait perbedaan Dome of The Rock dengan Masjid Al-Aqsa. Keduanya merupakan bangunan berbeda, tapi kerap dianggap sama.

  1. Kubah Pertama Arsitektur Islam

Fakta menarik terakhir Al Aqsa yaitu merupakan kubah pertama yang dibangun untuk masjid berarsitektur Islam. Pada awalnya, bangunan ini terbuat dari bahan kayu. Pembuatnya adalah seorang tokoh bernama Abdul Malik bin Marwan.

Kemudian seiring dengan berjalannya waktu, berubah menjadi dilapisi kuningan atau keramik. Lalu, diperbaiki lagi dengan memberi lapisan emas serta potongan marmer, tepatnya oleh Suleiman, Khalifah Utsmaniyyah Turki ke-10.

Bagi sahabat Tour Aqsa yang ingin lebih tahu mengenai fakta menariknya, bisa menggunakan layanan agen travel terpercaya Satutours. Buktikan fakta-fakta menarik Al Aqsa, tempat suci bagi Islam, Kristen dan Yahudi di atas sendiri ditemani dengan agen travel terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *