Mengenal Sejarah Singkat Masjid Al-aqsa yang Patut Anda Ketahui

Mengenal Sejarah Singkat Masjid Al-aqsa yang Patut Anda Ketahui

Mengenal Sejarah Singkat Masjid Al-aqsa yang Patut Anda Ketahui

Dengan harga Tour Aqsa terjangkau membuat siapa saja bisa mengunjungi Masjid Al-Aqsa. Tempat ibadah ini pernah menjadi arah kiblat sholat sebelum berdirinya ka’bah dan sebagai lokasi pertama peristiwa israj mi’raj.

Wisatawan dari berbagai belahan dunia selalu menyempatkan ke sini dan menjalankan ibadah wajib atau sunnah. Karena pahala yang didapatkan cukup besar yaitu seperempat, ketika mereka sholat di Masjid Nabawi.

Selain memburu pahala, umat muslim ingin melihat langsung bagaimana perjalanan nabi ketika momen israj mi’raj. Walaupun sampai saat ini di momen tertentu, antara Palestina dan Israel masih memperebutkannya.

Namun keinginan bisa beribadah di sana tetap tinggi. Hal tersebut terbukti dari paket Tour Aqsa kami yang selalu penuh, bahkan dalam berbagai momen. Bukan hanya saat Ramadhan atau liburan saja.

Cerita Panjang Masjid Al-Aqsa

Mengenal Sejarah Singkat Masjid Al-aqsa yang Patut Anda Ketahui

Sejarah Singkat Masjid Al-aqsa, Mengenal sejarah singkat Masjid Al-aqsa yang patut Anda ketahui bisa dimulai dari awal pembangunannya. Perlu diketahui, bangunan sekarang bukan yang asli melainkan kedua karena  hancur oleh gempa bumi. tour aqsa

Pada abad ke 6, seluruh Jazirah arab diguncang bencana alam berupa gempa bumi yang dahsyat. Selanjutnya, pada dinasti Umayah pada waktu itu dipimpin oleh Khalifah Al-Walid di bangun kembali

Selanjutnya, pada masa Dinasti Abbasiyah, Masjid Al-Aqsa ini mengalami restorasi sehingga bentuknya disesuaikan dengan konsep yang berkembang di masa itu. Hingga seluruh umat muslim dapat melihatnya seperti sekarang.

Salah satu yang dapat terlihat adalah menghilangkan pahatan kayu berbentuk bunga, di mana dulunya digunakan untuk sebuah dekorasi. Bila dilihat secara keseluruhan, arsitekturnya terlihat mengesankan dari masa ke masa.

Bila dilihat dari cerita singkat tersebut, tampak menarik sekali bukan? Bukan hanya untuk beribadah saja, melainkan digunakan sebagai destinasi juga menyenangkan. Anda tidak punya keinginan untuk mengunjunginya?

Beribadah, mendapatkan pahala seperti 250 sholat, dan foto di depan bangunannya apakah Anda tidak menginginkannya? “Sebenarnya, berminat tetapi biayanya pasti mahal?” Bila Anda berpikiran seperti ini, mulai sekarang buang jauh.

Karena biaya Tour Aqsa begitu terjangkau. Jadi melihatnya bukan langsung ke angkanya berapa, melainkan cari tahu terlebih dulu, saat Anda bersama kami apa saja yang akan didapatkan, kemudian bandingkan.

Tempat Ibadah Paling penting

Mengenal sejarah singkat Masjid Al-aqsa yang patut Anda ketahui lainnya adalah kawasan tersebut juga sangat penting buat Yahudi serta Kristen, jadi bukan hanya islam saja. Karena pernah menjadi simbol perdamaian.

Sebagai informasi, ketiga agama tersebut mempunyai momen serta sudut pandang lain saat mendengar nama bangunan ini, mengapa bisa begitu? Coba simak cerita dari umat islam yang ada dalam Al-Qur’an.

Sebelum naik ke langit, Nabi singgah dulu di sebuah tempat, kawasan tersebut adalah Masjd Al-Aqsa, bagaimana dari pandangan umat kristiani? Menurut mereka, lokasi ini jadi tempat suci waktu peristiwa Ishak.

Jadi, saat Nabi Ibrahim atau dalam kristiani disebut dengan Abraham. Lokasi penyembelihan anaknya konon terletak di titik tersebut. Ada lagi sudut pandang dari bangsa Yahudi menyebutnya sebagai Bait Suci.

Menurut Yahudi, Bait suci merupakan katedral atau bangunan yang sengaja didirikan sebagai untuk rumah Tuhan. Biasanya digunakan dalam tata cara paling tinggi dan terkudus. Inilah mengapa lokasi tersebut begitu penting.

Alasan terbaik Israel dan Palestina sering bersi tegang mengenai lokasi ini karena mereka sama-sama klaim bahwa, bangunan tersebut adalah tempat suci. Bahkan sampai sekarang masih terjadi.

Dalam paket Tour Aqsa Anda bisa melihat beberapa bangunan peninggalan di masa lalu. Saat itu, semua agama masih masih bisa menjalankan ibadahnya, walaupun Islam menguasai kota Yerusallem.

Melihat Keseluruhan Masjid Al-Aqsa

Ketika sudah sampai di sini, pengunjung bisa melihat berbagai keindahan masjid yang terlihat megah dan mewah. Ada beberapa bagian dapat diabadikan ke dalam gambar. Mulai dari Kubah Shakhrah.

Bentuknya persegi terbuat dari emas, di bangun pada masa Khalifah Bani Umayyah yaitu Abdul Malik kemudian diteruskan oleh putranya Al-Walid I Menurut Yahudi, bangunan tersebut ada sebuah batu.

Menjadi lokasi paling suci umat Yahudi, bisa dikatakan itulah kiblat mereka. Seluruh umat dari berbagai penjuru dunia pasti melihatnya. Konon, mereka meyakini disinilah Abraham hendak mengorbankan putranya.

Bagi pandangan umat islam, batu tersebut merupakan titik awal sebagai pijakan nabi naik ke langit. Jadi, setelah dari Madina, sehingga di sini kemudian naik melalui batu tersebut.

Sahabat Tour Aqsa juga diberikan kesempatan untuk melihat bangunan sekaligus sholat di  Musala Al-Marwani. Luasnya sendiri mencapai 500 meter dan mampu menampung sekitar 10 ribu jamaah.

Baru digunakan untuk sholat berjamaah pada Bulan Desember tahun 1996. Pada masa perang Salib, konon Musala ini menjadi markas Sulaiman. Menurut Bait Suci Sulaiman sengaja membangunnya sebagai markas tentara kuda.

Dalam sejarah panjang pada zaman bangsa Romawi, Musala Al Marwani tersebut digunakan sebagai penampungan air dan dibangun oleh Hidrianus pada abad kedua. Kemudian ahli fungsi menjadi seperti sekarang.

Bukan hanya itu saja, sahabat Tour Aqsa juga akan di bawa berkeliling melihat seluruh bangunan lainnya seperti

  1. Berbagai Kubah

Dengan Biaya Tour Aqsa yang terjangkau, sahabat Tour Aqsa dapat melihat berbagai macam kubah. Mulai dari Mi’raj, didirikan tentara salib sebagai lokasi untuk pembaptisan sejak tahun 1200 sampai 1201.

Berikutnya adalah Silsilah atau bisa juga disebut dengan Kubah Rantai. Didirikan oleh Bani Umayyah pada waktu itu khalifanya adalah Abdul Malik. Menurut pandangan islam memang masih simpang siur.

Bagi tentara salib, rantai tersebut dimanfaatkan untuk kapel merupakan sebuah persembahan untuk Santo Yakubus, menurut cerita gugur tepat disini. Setelah kembali diduduki umat muslim akhirnya dijadikan sebagai masjid.

  1. Museum Islam

Sebelum menjadi sebuah museum, tempat ini merupakan sebuah ruang pertemuan, tempat untuk berbagai macam rapat bagi Madrasah Fakhruddin Muhammad. Didirikan oleh Sultan Mamluk Mesir.

Namanya adalah Al-Mansur Qalawun pada tahun 1282 Masehi. Setelah lama tidak dipergunakan akhirnya tahun 1923 fungsinya diganti menjadi museum islam sampai sekarang. Banyak hal dapat dilihat disini.

Mayoritas adalah benda peninggalan berbagai macam sultan dan pemerintahan yang sempat berjaya. Hal menarik disini adalah mempunyai kurang lebih 600 salinan Al-Quran, mulai dari pemerintahan Umayyah sampai Mamluk.

  1. Air Mancur

Bukan hanya soal museum dan ibadah saja, kawasan ini juga mempunyai air mancur yang cocok dijadikan lokasi healing. Ada dua pertama adalah Qayt Bayt, letaknya 50 meter dari Kubah Sukhrah.

Dibangun pada tahun 1455 oleh Sultan Mesir dan dilanjutkan oleh penerusnya Qayt Bayt, Sebagai kenangan, akhirnya nama beliau yang dijadikan sebagai salah satu nama untuk air mancur tersebut.

Nomor dua adalah Qasim pasya atau jeruk Pahit, letaknya berada di gerbang silsilah dimanfaatkan sebagai area wudhu serta minum. Bagaimana penasaran dan ingin mengunjungi semua lokasinya?

Sayangnya, masih ada yang bingung mencari jasa tour terpercaya. Tenang, ada Tour Aqsa by Satutours yang siap memberikan pelayanan terbaik. Dengan harga Tour Aqsa yang terjangkau dan fasilitas lengkap, dijamin senang serta nyaman. tour aqsa jordan mesir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *