Tour Aqsa 2024 dari Jakarta

Tour Aqsa 2024 dari Jakarta

Tour Aqsa 2024 dari Jakarta

Tour Aqsa 2024 dari Jakarta merupakan salah satu program yang dapat diikuti oleh umat muslim yang ingin mengunjungi Palestina. Masjidil Aqsa memang merupakan salah satu tujuan ibadah paling dianjurkan Rasulullah SAW setelah Masjidil Haram dan Nabawi. Tour Aqsa

Meskipun sedang terjadi konflik antara Palestina – Israel, namun tidak menghentikan niat muslim seluruh dunia untuk beribadah di dalam masjidnya. Meskipun bisa dilakukan secara pribadi, namun banyak yang datang bersama rombongan menggunakan jasa travel dan tour.

Memang ada banyak paket tour Aqsa yang tersedia untuk jamaah yang ingin berziarah dengan aman dan lebih nyaman. Prosedur yang perlu dijalankan juga akan lebih cepat karena biro perjalanan telah memiliki kerja sama untuk berkunjung.

Mengunjungi masjid yang menjadi kiblat utama umat Islam ini memang bukan tanpa tujuan. Selain untuk berziarah jejak-jejak para Nabi Allah, beribadah di kawasan ini juga memiliki keutamaan yang sangat banyak dibanding masjid lain kecuali Masjidil Haram dan Nabawi.

Keutamaan Tour Al Aqsa dari Jakarta

Tour Aqsa 2024 dari Jakarta
Tour Aqsa 2024 dari Jakarta

Meskipun membutuhkan persiapan biaya tour Aqsa yang tidak sedikit, namun terdapat banyak keutamaan menjalan ibadah di kawasan suci ini. Berikut adalah beberapa kelebihan beribadah di Masjidil Aqsa dibandingkan masjid lain kecuali Masjidil Haram dan Nabawi.

  1. Kedudukan Masjidil Aqsa

Sebagai kiblat pertama umat Islam, Allah SWT telah memberikan kedudukan tersendiri untuk masjid ini. Bahkan selain Masjidil Haram dan Nabawi, masjidnya juga merupakan salah satu yang memiliki keutamaan jika disinggahi oleh umat Islam.

Kedudukan masjidnya sendiri telah jelas tercantum di dalam kitab suci Al-Qur’an yaitu Q.S Al-Isra 17 : 1. Berdasarkan ayat tersebut, masjidil Al-Aqsa sangat istimewa karena tertulis bahwa namanya diberikan langsung oleh Allah SWT.

Bukan hanya itu saja, kawasan suci ini juga menjadi tempat singgah bagi Rasulullah ketika akan melaksanakan Isra’ Mi’raj. Selain itu, tempat ini telah diberkali oleh Allah SWT sehingga umat Islam memiliki keutamaan untuk mengunjunginya.

  1. Kiblat Pertama Muslim

Seperti telah banyak disebutkan, Masjidil Al-Aqsa merupakan kiblat pertama bagi umat Islam sebelum Allah SWT memerintahkan untuk mengubah ke arah Ka’bah. Dengan harga tour Aqsa yang telah ditentukan, peserta berkesempatan beribadah dalam masjid suci ini.

Rasulullah SAW sendiri juga menunaikan salat menghadap masjidil Aqsa ketika berada di Mekkah sebelum hijrah ke Madinah. Hal ini beliau lakukan dalam kurun waktu 16 bulan hingga Allah SWT memerintahkan beliau salat menghadap Ka’bah di Masjidil Haram, Mekkah.

Peralihan arah kiblat setelah selama 16 bulan menghadap Masjidil Aqsa telah tertulis ada dalam hadist. Selain itu, Allah juga memerintahkannya melalui wahyu dalam Al-Qur’an pada Surah Al-Baqarah ayat 144.

Terdapat bukti peninggalan adanya peralihan arah kiblat menuju masjidil Haram, yaitu dengan adanya Masjid Qiblatain yang ada di Madinah. Masjid Qiblatain sendiri merupakan tempat di mana Allah menurunkan perintah pemindahan arah kiblat kepada Rasulullah SAW.

Masjid Qiblatain memiliki arti dua kiblat, merupakan tempat yang saat ini masih sangat terkenal karena peristiwa turunnya perintah Allah tersebut. Letaknya sendiri berada di tepi jalan menuju Universitas Madinah, tepatnya di atas bukit kecil utara Hattah Wabrah, Madinah.

  1. Bangunan Kedua di Bumi

Menggunakan paket tour Aqsa, para peserta berkesempatan untuk melihat bangunan masjid kedua yang ada di bumi. Pondisi masjidnya sendiri telah diletakkan oleh Allah SWT sejak zaman Nabi Adam as.

Dalam kurun waktu yang sangat lama, bangunannya semakin lama rusak dan runtuh karena termakan oleh waktu. Kemudian Nabi Ibrahim as salay di tanah yang termasuk dalam kawasan masjid tersebut.

Disebutkan ileh Ibnul Qayyim Al-Jauzy, kawasan masjidnya kemudian dibangun kembali di atas pondasi oleh cucu Nabi Ibrahim, yaitu Nabi Ya’qub bin Ishaq bin Ibrahim. Keturunan berikutnya adalah Nabi Daud bin Ya’qub yang membangun ulang masjidnya.

Selanjutnya, bangunan masjidnya diperbarui kembali oleh putera Nabi Daud yaitu Nabi Sulaiman as. Para nabi utusan Allah ini terus membangun kembali masjidnya untuk digunakan sebagai tempat ibadah salat dari waktu ke waktu.

  1. Tempat Ziarah Paling Dianjurkan

Meskipun harga Tour Aqsa tidak sedikit, namun kiblat pertama umat muslim ini merupakan tempat ziarah yang paling diajurkan. Hal tersebut terdapat dalam hadist bahwa Masjid Al-Aqsa merupakan tempat berkunjung paling mulia dan dianjurkan salat di dalamnya.

Bukan hanya berbeda di dalamnya, para umat Islam juga wajib mengetahui berbagai informasi mengenai kawasan suci ini. Dengan demikian, umat Islam akan terus membela dan mempertahankan area tersebut dari segala bentuk penjajahan.

Sama seperti anjuran Nabi SAW, hampir semua sahabat utama Rasulullah pernah berkunjung ke sana untuk melaksanakan ibadah. Tidak hanya itu saja, ada cukup banyak kalangan ulama dan tokoh fiqih terkenal yang datang untuk berziarah ke sana.

Beberapa nama tokoh penting yang pernah datang ke Masjidil Al-Aqsa seperti Imam Asy-Syafi’I, Umam Al-Ghazali, Imam Al-Auza’i, dan masih banyak lainnya. nama-nama tersebut tentu sudah tidak asing lagi bagi para umat Islam.

  1. Negeri Para Nabi

Palestina memang terkenal dengan sebutan Negeri Para Nabi karena ada banyak jejak utusan Allah SWT di sana. Dengan mempersiapkan biaya Tour Aqsa, para peserta berkesempatan untuk mengunjungi destinasi tempat jejak para Nabi tersebut.

Banyaknya para Nabi yang menyerukan dakwah Islam di kawasan tersebut dapat dibuktikan dengan berbagai peninggalan sejarah dan makam-makam utusan Allah. Beberapa makam yang ada di sana milik Nabi Ibrahim, Syu’aib, Musa, Daud, Yunus, dan Sulaiman.

Tidak hanya itu saja, bahkan dalam hadist menyebutkan bahwa Rasulullah SAW menjadi imam salat jamaah dengan para nabi di Majidil Al-Aqsa. Beberapa nabi yang disebutkan dalam hadist tersebut adalah Musa, Isa bin Maryam, juga Ibrahim.

Allah telah menjadikan negeri Syam dan termasuk di dalamnya Masjdil Aqsa sebagai tanah yang diberkahi. Hal ini karena Allah telah mengutus banyak Nabi serta Rasul di sana, juga menjadi tempat kisah-kisah yang ada dalam Al-Qur’an.

  1. Tempat bertolak Jamaah Haji/Umroh

Dalam hadist disebutkan, Rasulullah sangat menganjurkan berziarah ke tiga masjid yaitu Masjidil Haram di Mekkah, Masjid Nabawi di Madinah, dan Masjidl Aqsa di Palestina. Biro perjalanan kerap memberikan program paket ke tempat-tempat suci bagi muslim tersebut.

Berdasarkan hadist nash, dianjurkan untuk berziarah terlebih dahulu ke Masjid Al-Aqsa sebelum melaksakan umrah atau haji. Meski begitu, beberapa perjalanan melakukan umrah atau haji lebih dahulu sebelum kemudian berziarah ke Masjidil Al-Aqsa.

  1. Tanah Wakaf umat Islam

Masjidil Aqsa dibangun kembali oleh Umar bin Khattab pada tahun 638 M menggunakan kayi di atas pondasi aslinya. Setelah pembangunan tersebut, Umar bin Khattab mewaqafkannya untuk umat Islam sehingga tidak akan diperjualbelikan ke tangan orang lain di luar Islam.

Setelah masa Khalifah Umar bin Khattab, bangunan masjid Al-Aqsa akhirnya dibangun lebih sempurna dengan batu secara permanen. Renovasi terus dilakukan sampai sekarang dapat dilihat menggunakan biaya tour aqsa yang telah ditawarkan.

Jika ingin perjalanan yang aman dan nyaman, juga fasilitas memadai ke Palestina, maka bisa menggunakan Touraqsa.com. Harga yang ditawarkan mulai dari 2,700 USD untuk beragam paket sesuai kebutuhan dan keinginan setiap peserta perjalanan.

Melakukan perjalanan ke Masjidil Aqsa memiliki keutamaan karena menjadi tempat suci umat Islam selain Masjidil Haram dan Nabawi. Dengan menggunakan tour Aqsa 2024 dari Jakarta, perjalanan akan menjadi lebih mudah, aman, dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *