Hal yang Wajib Anda Tahu Tentang Fakta Masjidil Aqsa

2 min read

Hal yang Wajib Anda Tahu Tentang Fakta Masjidil Aqsa

Hal yang Wajib Anda Tahu Tentang Fakta Masjidil Aqsa

fakta Masjidil Aqsa
fakta Masjidil Aqsa

Fakta Masjidil Aqsa hingga saat ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Tempat ini merupakan masjid tertua kedua setelah Masjidil Haram di Mekah. Merupakan salah satu situs suci bagi umat muslim di seluruh dunia.

Bagi setiap muslim sangat dianjurkan untuk pergi berziarah ketiga situs suci, saksi perjalanan Nabi Muhammad SAW menuju surga. Yaitu Masjidil Haram (Mekkah), Masjid Nabawi (Madinah) dan Masjid Al Aqsa (Mesir). Mitra muslim dapat ke Yerusalem bersama Tour Aqsa Jakarta.

Al-Aqsa berada di kompleks tanah seluas 35 hektar, disebut al-Haram al-Sharif. Menjadi tempat suci kaum Muslim dan sebagai temple mount bagi orang Yahudi. Fakta Masjidil Aqsa adalah menjadi saksi bisu konflik Palestina dan Israel, sejak zaman dahulu kala.

Bangunan ini berlokasi di kota lama Yerusalem dan telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia. Memiliki kubah emas Qubbatus Saqara atau disebut Dome of Rock, adalah fakta Masjidil Aqsa yang semakin menambah keindahan visualnya. Travel Tour Aqsa

Masjid ini merupakan tempat bersejarah dalam peristiwa sakral Isra Mi’raj, bagi umat Islam seluruh dunia. Ada banyak Hal yang Wajib Anda Tahu Tentang Fakta Masjidil Aqsa, untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai sejarah Islam.

Fakta Masjidil Aqsa : Menjadi Kiblat Pertama

Saat ini kiblat sholat mengarah mengarah kepada Ka’bah di Mekkah. Hakikat Masjid Aqsa yang belum banyak diketahui orang, adalah dahulu umat Islam saat beribadah berkiblat ke arah Masjid Al Aqsa berada. Sehingga dijuluki sebagai kiblat pertama bagi umat muslim.

Bangunan Ini pertama kali dibuat oleh Nabi Yakub, yaitu putra Nabi Ishaq sekaligus cucu Nabi Ibrahim. Kemudian Nabi Daud diutus merenovasi masjid, setelahnya. Nabi Sulaiman menyempurnakan bangunan masjid saat berkuasa dan terus berlanjut dari masa ke masa.

Baca Artikel Lainnya :  Tour Mesir

Al-Aqsa merupakan nama semua masjid yang ada di kompleks tersebut, terdapat banyak masjid lain. Ada masjid Qubbatus Shakhrah, Masjid Jami Al Qibli dan mushola Mawarni.  adalah adanya dinding buraq, yang dipercaya sebagai tempat rasulullah parkir kendaraan.

Selain itu, disini menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi banyak nabi dan sahabat Nabi Muhammad SAW. Meskipun tidak banyak catatan akurat tentang siapa dan berapa banyak yang sudah dimakamkan dalam kompleks ini.

Mitra muslim juga pasti mengenal seorang filsuf, ulama dan teologi Persia bernama Al Ghazali. Dia melahirkan karya kebangkitan ilmu-ilmu agama menjadi jasa besar perkembangan Islam. Dia menetap selama berapa tahun dan memiliki kamar di  Masjidil Aqsa. Tour Aqsa Jordan Aqsa

Pernah Dibakar dan Menjadi Tempat Limbah

Fakta Masjidil Aqsa yakni pernah terjadi kebakaran di tahun 1969. Kobaran api memusnahkan bagian tenggara bangunan istimewa ini, termasuk mimbar Salahudin. Kaum Palestina dan Israel kemudian sempat bersitegang, saling menuduh soal siapa yang menyulut kobaran api.

Dengan serangkaian penyelidikan yang panjang, api disulut oleh seorang zionis Australia bernama Denis Michael Rohan. Meskipun kemudian dibebaskan karena pelaku memiliki gangguan kejiwaan.

Fakta Masjidil Aqsha mencatat bahwa bangunan ini dulunya menjadi tempat limbah. Saat di mana orang Yahudi tidak diizinkan tinggal di kota Yerusalem, penduduk Romawi menguasai wilayah ini dan menggunakannya sebagai tempat pembuangan sampah.

Kedatangan Khalifah Umar bin Khattab ke Yerusalem, dalam rangka membuka kota peradaban Islam membawa angin segar. Beliau membersihkan limbah dengan dan mengakhiri pengasingan orang Yahudi. Mereka kemudian diberikan kesempatan berupa hak tinggal di Yerusalem.

Sebagai umat Islam, informasi di atas merupakan Hal yang Wajib Anda Tahu Tentang Fakta Masjidil Aqsa. Semoga bertambahnya wawasan akan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Mitra muslim dapat melihat lagi friwayat masjidil aqsa secara lebih lengkap di touraqsa.com.

Baca Artikel Lainnya :  Kisah Sahabat Nabi di Masjidil Aqsa

Kisah Sahabat Nabi di Masjidil Aqsa

Kisah Sahabat Nabi di Masjidil Aqsa Masjidil Aqsa Palestina merupakan salah satu tempat suci bagi umat Islam sedunia. Tempat ini berlokasi di Palestina yang...
wisataturki1453
1 min read