Harus di Ketahui, 5 Fakta Menarik Mengenai Masjidil Aqsa

Harus di Ketahui, 5 Fakta Menarik Mengenai Masjidil Aqsa
Harus di Ketahui, 5 Fakta Menarik Mengenai Masjidil Aqsa

Informasi harus di ketahui, 5 fakta menarik mengenai Masjidil Aqsa telah menjadi hal mengejutkan. Terutama karena terdapat beragam fakta menarik di dalamnya. Termasuk yang baru dilihat atau dirasakan langsung.

Kebanyakan orang memang baru mendengar atau sekedar membaca artikel berita saja. Bila ingin merasakan kunjungan langsung, bisa lewat tour muslim Masjidil Aqsa. Tentu memiliki paket beserta harga yang bersahabat.

Sebenarnya masih tergolong sebagai objek wisata kunjungan umat Islam walau kalah dari Mekah atau Madinah. Tapi terdapat situs warisan dunia yang megah. Ditambah lagi bisa semakin menghargai sejarah keagamaan.

Harus di Ketahui, 5 Fakta Menarik Mengenai Masjidil Aqsa

Berkunjung di Aqsa pastinya sudah menarik perhatian umat muslim seluruh dunia. Terutama karena memiliki sejarah Islami yang sangat kuat. Ditambah lagi sering disebutkan dalam Al Quran mengenai fungsi dan manfaatnya.

  1. Tempat Kiblat Pertama

Aqsa disebutkan sebagai tempat kiblat pertama karena telah hadir sebelum adanya Ka’bah. Sebenarnya pertama kali dibangun dalam zaman Nabi Yakub. Kemudian mengalami renovasi atau pembenahan lagi pada zaman Nabi Daud.

Selanjutnya tempat ini juga mengalami sejarah Islami yang panjang karena perjalanan Nabi Muhammad SAW. Tidak lain diawali dari Masjidil Haram menuju Aqsa. Perjalanan inilah yang digunakan untuk mencari arah kiblat.

  1. Tempat Suci Ketiga

Disebutkan sebagai tempat suci ketiga setelah Mekkah dan Madinah. Tentu masih ada kaitan erat dengan Isra’ Mi’raj yang dialami Rasulullah SAW. Tidak lain saat berpijaknya Namu Muhammad pada sebuah batu.

Pada masa sekarang ternyata batu tersebut masih terjaga dengan baik. Tempatnya bisa ditemukan dalam Kubah As-Shahkrah atau sering disebut Dome of The Rock. Begitu menakjubkan apabila sampai kita lihat langsung.

  1. Disebutkan dalam Al Quran

Mitra Muslim dapat menemukan ceritanya disebutkan Dalam Al Quran tepatnya Surat Al-Isra ayat 1. Tidak heran kemudian disebut sebagai tempat suci. Mengunjungi Aqsa juga selalu dijadikan sebagai jadwal yang bagus.

  1. Persinggahan Rasulullah

Ternyata Aqsa memang pernah dijadikan sebagai persinggahan Rasulullah saat masa menyedihkan. Tidak lain momen wafatnya Abu Thalib dan Khadijah. Untuk mengobati rasa sedih, Allah SWT menghadiahkan perjalanan spiritual.

  1. Peristiwa Isra’ Mi’raj

Pada masa kesedihan Rasulullah SAW diangkat menuju langit ke tujuh. Terjadi dalam waktu satu malam. Mitra Muslim diajak kembali untuk mengetahui sejarah Isra’ Mi’raj dengan tour Aqsa Jordan Mesir.

Baca Artikel Lainnya :  Sejarah Masjidil Aqsa

Aqsa Terdapat Kompleks Pemakaman dan Ikonik

Fakta selanjutnya yang terdapat dalam Masjidil Aqsa yakni adanya kompleks pemakaman. Selain itu terdapat dinding khusus yang dipakai Rasulullah SAW memarkirkan Buraq. Tentu saat perjalanan Isra’ Mi’raj tersebut terjadi.

Ditambah lagi Mitra Muslim tidak hanya menemukan sebuah masjid saja. Melainkan terdapat Masjid Qubbatus Shahrakh, Jami Al-Qilbi sampai Mushola Marwani. Tidak heran jika lebih banyak tempat dan spot kita lihat.

Selain pemakaman, terdapat kubah emas Dome of Rock ikonik. Banyak orang berpikir tempat ini tidak satu bangunan. Padahal masih satu wilayah dan pertama dibangun Khalifah Umayyah Abdul Malik bin Marwan.

Sementara itu kita bisa menemukan adanya pemikiran jenius Al-Ghazali. Hal ini disebabkan karena pada zaman dulu. Imam Abu Hamid Al-Ghazali hidup di tempat ini. Bukan hanya sementara waktu melainkan semasa hidupnya.

Pada kehidupannya tersebutlah ia berhasil membuat beragam karya legendaris. Misalnya Ihyaa Ulum Al-Din atau kebangkitan Ilmu Agama. Mitra Muslim juga dapat mempelajarinya saat memakai travel tour Aqsa Jordan Mesir.

Bahkan kita dapat menemukan langsung kamar atau ruangan khusus yang dipakai oleh Al-Ghazali. Baik saat beraktivitas maupun beristirahat. Tidak heran dapat menemukan banyak sejarah panjang orang yang berpengaruh tinggi.

Meski sekarang menjadi tempat ibadah, dulunya pernah dipakai sebagai tempat limbah. Tidak lain saat zaman Romawi sedang menyerang Jerusalem. Kemudian Umar bin Khattab membersihkan kompleks agar bisa dijadikan bangunan ibadah.

Jika Mitra Muslim tertarik mengunjunginya, gunakan saja Jasa Tour Aqsa bersama SatuTours (PT. Alfatih Satu Qolbu). Tentunya kami sangat berpengalaman sehingga informasi mengenai beragam fakta menarik tentang Masjidil Aqsa bisa dilihat langsung.

One Reply to “Harus di Ketahui, 5 Fakta Menarik Mengenai Masjidil Aqsa”

Comments are closed.