Travel Tour Aqsa di Jakarta

9 min read

Travel Tour Aqsa di Jakarta

Travel Tour Aqsa di Jakarta

"<yoastmark

Sebelum memutuskan untuk pergi berlibur, pastinya Sahabat Tour Aqsa menentukan bagaimana liburan yang akan dijalankan bukan? Mungkin sebagian besar Sahabat Tour Aqsa sangat antusias saat mempersiapkan segala sesuatunya untuk mempersiapkan liburan. Namun, ada pula yang berkeinginan untuk pergi berlibur tapi enggan ribet dengan segala sesuatu persiapannya. Terlebih persiapan pergi berlibur untuk Sahabat Tour Aqsa yang berencana berlibur ke luar negeri, pastinya cukup banyak persiapannya bukan? Nah.. Sahabat Tour Aqsa tak perlu khawatir bagi yang tak ingin ribet untuk mempersiapkan rencana liburan beserta destinasinya. Karena Sahabat Tour Aqsa dapat mencoba untuk berlibur dengan jasa travel yang pastinya akan membantu Sahabat Tour Aqsa sekalian untuk menikmati liburan yang anti ribet dan menyenangkan. Apabila Sahabat Tour Aqsa ingin pergi berlibur da sedang mencari jasa travel yang berkualitas dan terpercaya, Sahabat Tour Aqsa dapat percayakan pada Satutours Travel. Di Satutours Travel Sahabat Tour Aqsa dapat memilih beraneka ragam paket tour, salah satunya paket Tour Aqsa. Sahabat Tour Aqsa yang berminat dapat langsung mendaftar yakni dengan cara menghubungi kontak yang tertera pada website ya. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang masih mempersiapkan dan berencana untuk mendaftar Tour Aqsa 2022, yuk jangan lupa menyisihkan uangnya untuk budget pergi berlibur. Teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang berada di Jakarta dan ingin mengetahui informasi lebih lengkap Tour Aqsa Jakarta serta Travel Tour Aqsa di Jakarta, yuk simak informasi berikut ini.

Mengenal Sikap Pahlawan Al – Aqsa

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa dibalik istimewanya tanah Aqsa, tentunya tak lepas dari pahlawan – pahlawan yang juga berjasa bagi tanah Al – Aqsa. Pastinya, sikap – sikap pahlawan Al – Aqsa mencerminkan sikap yang teladan bagi masyarakat. Nah.. bagi Sahabat Tour Aqsa yang bertanya- tanya terkait sikap apa saja yang dimiliki oleh pahlawan Al – Aqsa? Berikut lebih jelasnya.

  1. Mengesampingkan Kepentingan Pribadi dan Mendahulukan Kepentingan Umat

Shalahuddin Al – Ayyubi ialah seorang pemimpin di kota Al quds. Pada suatu ketika, Shalahuddin Al – Ayyubi memiliki niat untuk menjalankan rukun islam ke 5 yakni melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci. Namun, disaat Shalahuddin Al – Ayyubi hendak bersiap-siap untuk berangkat, ia menerima surat dari hakim Mesir. Dalam surat yang dikirim hakim Mesir tersebut berisi “Tengoklah kondisi kaum muslimin dan tinggalkan haji karena negeri-negeri telah runtuh, perekonomian juga runtuh, dan banyak fitnah mulai berkobar. Maka dari itu, jangan pergi haji dan meninggalkan negeri-negeri, karena (menjaga negeri-negeri muslimin) lebih baik dari ibadah haji.” Disaat Shalahuddin Al – Ayyubi menerima surat tersebut dan kemudian membacanya, Ia membatalkan kepergiannya ke Tanah Suci. Setelah memutuskan untuk membatalkan keberangkatannya ke Tanah Suci, Shalahuddin Al – Ayyubi langsung bertindak mengedepankan kepentingan kaum muslimin. Shalahuddin Al – Ayyubi memperbaiki kondisi di Alquds dan memakmurkan Masjid Al-Aqsa. Setelah itu, Shalahuddin Al – Ayyubi berlanjut untuk berkeliling ke negeri-negeri Syam untuk menengok kondisi rakyat setempat. 

  1. Menghindari Perbuatan Dhalim

Pada Suatu hari saudara Shalahuddin Al – Ayyubi mengirim surat padanya. Surat itu berisi terkait permintaan sebidang tanah yang terletak di Aleppo untuk keperluan yang tidak jelas diketahuinya. Kemudian, Shalahuddin Al – Ayyubi membalas surat tersebut dengan mengatakan bahwasannya tanah yang dimintanya itu bukanlah miliknya. Melainkan milik umat muslim dan tidak untuk diperjual belikan. Selanjutnya Shalahuddin Al – Ayyubi menjelaskan kepada saudaranya itu bahwa tugasnya sebagai pemimpin ialah menjaga harta benda milik umat muslim bukan malah sebaliknya yakni untuk menguasainya dan berbuat Dhalim. Tentunya sikap tersebut merupakan keteladanan yang luar biasa, yang dapat dicontoh oelh Sahabat Tour Aqsa sekalian. Mengingat pada saat ini banyak sekali pemimpin – pemimpin yang tidak amanah, tidak bertanggung jawab serta berkhianat terhadap tugas yang seharusnya dilaksanakan sebagai seorang pemimpin.

  1. Memutuskan Keputusan Dengan Bermusyawarah

Tentunya Sahabat Tour Aqsa mengerti bahwa pemimpin yang bijak hendaknya melakukan musyawarah sebelum emmutuskan sesuatu yang berkaitan dengan urusan orang banyak. Begitu pula yang dilakukan oelh Shalahuddin Al – Ayyubi. Diketahui bahwa setiap hendak melakukan sesuatu untuk urusan umatnya, Shalahuddin Al – Ayyubi tak pernah melewatkan musyawarah. Ia bermusyawarah dengan para ulama, pemimpin serta para komandan pasukan. Jika mereka tidak sependapat dengannya, Shalahuddin Al – Ayyubi selalu memasang wajah hormat, santun dan tak menunjukkan sikap marah. Inilah keteladanan sang pahlawan Al – Aqsa yakni Shalahuddin AL – Ayyubi yang tak hanya memiliki sifat idealis dan tegas layaknya seorang pemimpin. Akan tetapi Shalahuddin Al – Ayyubi juga memiliki keteladanan yang luar biasa yakni kemuliaan hatinya. Tak heran apabila rakyatnya sangat mencintainya. Karena memang jasanya yang begitu luar biasa.

Baca Artikel Lainnya :  Travel Tour Aqsa di Jakarta 2022

Istimewanya Sholat di Masjidil Aqsa

Tak bisa dipungkiri bahwa melaksanakan sholat di Masjidil Aqsa memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan masjid yang lainnya. Sahabat Tour Aqsa sebagai umat islam tentunya turut bergembira karena Allah SWT memberi imbalan pahala yang sangat besar kepada siapa saja yang sholat di masjid mana saja di muka bumi. Akan tetapi, Allah SWT melipatgandakan pahala bagi Sahabat Tour Aqsa ataupun umat islam yang mampu melaksanakan sholat di Masjid Haram, Masjid Nabawi, Majid Quba, dan juga Masjidil Aqsa. Terdapat riwayat hadist yang berisi bahwasannya Abu Dzar al – Ghifari bertanya pada Rasulullah Saw yang isinya  “Wahai Rasulullah,  masjid manakah yang pertama kali dibangun?” Beliau menjawab, “Masjid Haram”. Aku bertanya lagi, ”Kemudian (masjid) apa?” Beliau menjawab, “Kemudian Masjid Aqsha”. Aku bertanya lagi, “Berapa jarak antara keduanya?” Beliau menjawab, “Empat puluh tahun.” Kemudian di manapun (waktu) sholat (datang) menjumpaimu setelah itu, maka sholatlah, karena keutamaan ada padanya.” (HR. Bukhari dan Muslim). Sahabat Tour Aqsa hendaknya memahami bahwasannya yang dimaksud dengan Masjidil Aqsa menurut pengarang Tafsir Jalalain merupakan Baitul Maqdis. Dinamakan dengan Masjidil Aqsa dikarenakan letaknya yang jauh dari Masjidil Haram.

Bersumber dari Abdullah bin Amr bin Ash bahwasannya Nabi Muhammad Saw bersabda “Sesungguhnya , ketika Nabi Sulaiman membangun Baitul Maqdis, (beliau) memohon kepada Allah SWT tiga perkara. Pertama, beliau memohon kepada Allah SWT agar (diberi pertolongan) dalam memutuskan hukum yang menepati hukum-Nya, lalu dikabulkan. Kedua, beliau meminta kepada Allah SWT agar dianugerahi kerajaan yang tidak patut diberikan kepada seseorang setelahnya, lalu dikabulkan. Ketiga, beliau meminta  kepada Allah SWT bila selesai membangun masjid (Aqsha), agar tidak ada seorangpun yang ingin sholat di situ, kecuali agar dikeluarkan dari kesalahannya, seperti hari kelahirannya. (Dari ketiga permohonan itu) yang dua telah dikabulkan. Dan aku berharap, yang ketiga pun dikabulkan oleh Allah SWT.” (HR. Nasa’i, Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaki). Itulah gambaran pahala yang akan di dapat oleh Sahabat Tour Aqsa dan umat muslim saat shalat di Masjidil Aqsa, seusai shalat insya Allah segala permohonan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Nabi Muhammad Saw menyebut bahwa Masjidil Aqsa yang berada di Palestina ini merupakan salah satu tempat sholat yang baik. Informasi ini berdasarkan dari cerita Abu Dzar al – Ghifari yang berkata bahwa “Kami sedang diskusi tentang mana yang lebih utama, apakah Masjid Nabawi ataukah Baitul Maqdis. Pada waktu itu, di sisi kami ada Rasulullah SAW. Kemudian beliau bersabda, “Sekali shalat di masjidku lebih utama dari empat kali sholat padanya, dan ia adalah tempat sholat yang baik. Dan hampir-hampir tiba masanya, seseorang memiliki tanah seukuran kekang kudanya dari tempat itu terlihat Baitul Maqdis lebih baik baginya dari dunia seisinya.” (HR. Thabrani dan Hakim).

Dapat dibayangkan bahwa sungguh mulianya kedudukan Masjidil Aqsa ini dimana empat kali sholat di sana setara dengan sekali sholat di Masjid Nabawi. Padahal seribu kali sholat di masjid pada umumnya pahalanya baru setara dengan sekali sholat di Masjid Nabawi. Nabi Muhammad Saw bersabda bahwasannya  “Sholat di masjidku lebih baik dari seribu sholat di masjid lainnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).  Masjid Aqsha adalah masjid yang direkomendasi Nabi SAW sebagai destinasi ibadah yang harus dikunjungi oleh seorang muslim yang sanggup mendatanginya. Nabi SAW sabdakan, “Tidak boleh bersusah-payah bepergian, kecuali ke tiga masjid, (yaitu) Masjid Haram, Masjid Nabawi, dan Masjid Aqsha.” (HR. Bukhari dan Muslim). Sebagai umat muslim hendaknya kita senantiasa berdoa bahwa semoga berbagai pihak yang terlibat dalam pertikaian di seputar kompleks Masjidil Aqsa segera berdamai. Seperti yang Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa sejatinya tempat tersebut merupakan tempat disucikan oleh beberapa agama, tak hanya oleh umat Islam. Akan tetapi juga oleh Yahudi serta Nasrani.

Mendaftar Paket Tour Aqsa? Ini Yang Kamu Dapatkan!

Bagi Sahabat Tour Aqsa yang hendak berlibur ke Al – Aqsa tentunya akan mengharapkan mendapatkan paket tour yang lengkap. Untuk Sahabat Tour Aqsa yang memilih Satutours Travel sebagai partner untuk berlibur, pastinya akan mendapatkan paket tour aqsa yang lengkap. Apa saja paket lengkap yang disuguhkan? Berikut lebih jelasnya.

  1. Tiket Pesawat Ekonomi Class

Fasilitas pertama yang akan Sahabat Tour Aqsa dapatkan ialah tiket pesawat kelas ekonomi. Dengan menggunakan jasa travel dan membayarkan biaya sesuai yang tertera tersebut, Sahabat Tour Aqsa tak perlu repot untuk booking tiket pesawat. Karena dengan Sahabat Tour Aqsa menggunakan jasa travel, maka tiket pesawat baik keberangkatan maupun kepulangan telah diurus oleh pihak jasa travel. Tentunya anti ribet bagi Sahabat Tour Aqsa sekalian. 

  1. Makan 3 Kali Sehari

Teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang telah memilih berlibur menggunakan jasa travel tak perlu lagi memikirkan terkait kebutuhan makan setiap harinya. Karena pihak travel akan menyediakan makan yang cukup yakni 3 kali sehari bagi para Sahabat Tour Aqsa. Sehingga, Sahabat Tour Aqsa tak perlu pusing untuk memikirkan seperti halnya Sahabat Tour Aqsa berlibur sendiri tanpa menggunakan travel. Tapi ini hanya makanan pokok saja dan cukup 3 kali. Bila Sahabat Tour Aqsa ingin mencicipi kuliner selainnya, itu menggunakan budget pribadi.

  1. Transportasi Bus AC

Ketika Sahabat Tour Aqsa telah berada di negara tujuan, transportasi yang akan disediakan untuk Sahabat Tour Aqsa ialah Bus AC. Tentunya sangat nyaman bukan? Sehingga Sahabat Tour Aqsa tak perlu bingung untuk memikirkan transportasi yang hendak ditumpangi untuk mengunjungi destinasi wisata yang akan dituju. Dengan menggunakan bus AC juga, Sahabat Tour Aqsa tentunya tak akan merasa gerah. 

  1. Akomodasi Hotel Sesuai Paket

Fasilitas selanjutnya ialah tempat menginap yang tentunya nyaman. Dengan Menggunakan jasa travel Satutours Travel, Sahabat Tour Aqsa sekalian akan menikmati untuk bermalam di hotel bintang 4 dan 5. Tentunya, hal ini sangat istimewa. Sebab, jasa travel lain tak menawarkan hal yang demikian. Dengan akomodasi penginapan yang sangat memanjakan Sahabat Tour Aqsa sekalian, maka dipastikan liburan yang dijalani akan terasa sangat menyenangkan.

  1. Visa Negara – negara Yang Dikunjungi

Bagi sebagian Sahabat Tour Aqsa mengurus visa merupakan hal yang cukup rumit untuk dilakukan. Terlebih baru pertama kali hendak mengurus visa. Tentunya ada perasaan bingung bukan? Nah, teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang telah memutuskan untuk berlibur menggunakan jasa travel, tenang dan tak perlu bingung. Karena ketika Sahabat Tour Aqsa menggunakan jas travel, maka pengurusan visa menjadi tanggung jawab pihak travel. Memudahkan sekali bukan? 

  1. Pendamping atau Tour Leader dari Jakarta

Fasiliitas selanjutnya yang akan Sahabat Tour Aqsa dapatkan ialah adanya pendamping atau tour leader yang mendampingi mulai dari keberangkatan hingga kepulangan. Dengan adanya pendamping atau tour leader selama perjalanan, Sahabat Tour Aqsa tentunya akan mendapatkan banyak sekali informasi. Hal ini dikarenakan selama perjalanan pendamping atau tour leader ini akan sembari menceritakan terkait tempat – tempat yang akan dikunjungi beserta sejarahya. Sehingga, wawasan Sahabat Tour Aqsa dipastikan akan bertambah karena adanya informasi yang di dapatkan selama perjalanan.

  1. Panduan Perjalanan, Starter Kit

Fasilitas terakhir yang akan Sahabat Tour Aqsa dapatkan adalh panduan perjalanan. Dengan adanya panduan perjalanan yang Sahabat Tour Aqsa dapatkan, maka Sahaabt Tour Aqsa sekalian akan mengetahui lokasi mana saja yang hendak dikunjungi. Sehingga, Sahabat Tour Aqsa akan lebih paham ketika membaca panduan perjalanan tersebut. Wah.. menyenangkan sekali bukan?

Baca Artikel Lainnya :  Tour Masjidil Aqsa di Jakarta

Aneka Ragam Bagian Bersejarah Masjidil Aqsa? Berikut Lebih Jelasnya!

Sahabat Tour Aqsa tentunya telah emmahami bahwasannya Masjid AL – Aqsa merupakan bangunan yang banyak sekali menyimpan peristiwa penting pada masa lalu. Karea itulah, disetiap bagian di Al – Aqsa tentunya memiliki ceita masing – masing pada saat berdirinya. Apa saja yang menjadi bagian bersejarah di Al – Aqsa. Berikut lebih jelasnya.

  1. Qubbah Nahwiyah

Qubbah Nahwiyah merupakan qubbah yang terletak di pojok barat daya Qubbah al-Shakhra. Qubbah Nahwiyah ini dibangun pada zaman al-Ayubiyah tepatnya pada Sultan Malik Isa tahun 604 H/1207 M. Pada mulanya bangunan ini adalah sebagai tempat belajar bahasa Arab, karena Sultan Malik Isa terkenal dengan kecintaannya pada bahasa Arab. Demikian tertulis pada prasasti yang terdapat dalam qubbah tersebut. Untuk detil bangunannya, Qubbah Nahwiyah ini terdiri atas dua ruangan dan satu aula yang memanjang yang bisa dimasuki dari pintu utama. Ruangan ini dihiasi dengan ukiran-ukiran pepohonan. Demikian juga tiang-tiangnya yang kokoh yang dihiasi dengan berbagai ukiran yang menunjukkan bangunan ini didirikan pada dua zaman yakni Sahlibiyah dan Ayubiyah. 

  1. Qubbah Al – Silsilah

Qubbah Al – Silsilah ini merupakan bangunan yang  terletak beberapa meter di sebelah timur Qubbah Shakhra (Kubah Batu). Qubbah Al – Silsilah ini dibangun oleh Kekhalifahan Bani Umayyah yakni Abdul Malik bin Marwan (65-68 H/507-685 M). Sedangkan Qubbah Shakhra dibangun antara tahun 66-72 H oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan juga. Kubah Al – SIlsilah ini berdiri diatas bangunan segi enam yang ditopang oleh enam tiang. Bangunan ini dikelilingi oleh serambi yang terdiri dari 11 segi dan berada diatas 11 tiang yang kokoh sebagaimana mihrab yang berada di atasnya. Latar belakang dinamakan Qubbah Al – Silsilah ini ialah yang memiliki Kubah Rangkaian, karena adanya rangkaian cahaya yang tergantung di dalamnya serta bisa dilihat dari luar. Rangkaian cahaya ini tergantung antara langit dan bumi. Bangunan ini pernah direnovasi sebanyak dua kali yang dilaksanakan pada masa kerajaan Mamlukiyah dan kekhalifahan Utsmaniyah yakni pada masa Sultan al-Malik al-Dzahir Bebres (658-676 H) dan Sultan Sulaiman al-Qanuni (926-974 H).

  1. Menara Gerbang Silsilah

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa terdapat bangunan bersejarah lainnya yakni Menara Gerbang Silsilah. Bangunan Menara Gerbang Silsilah ini terletak di sebelah barat Al-Haram al-Syarief (Al-Aqsa) yakni  diantara gerbang Silsilah dengan Sekolah al-Asyrafiyah. Menara Gerbang Silsilah ini didirikan pada masa Sultan al-Nashir Muhammad bin Qalawan yang tepatnya pada tahun ketiga dari kesultanannya (741-809 H/1309-1340 M) berdasarkan perintah dari Sultan al-Malik al-Nashir pada tahun 730 H/1329 M, sebagaimana tertulis pada prasastinya.

  1. Qubbah Mi’raj

Qubbah Mi’raj adalah bangunan yang terletak di sebelah barat Qubbah al-Shakhra agak miring ke sebelah utara. Qubbah Mi’raj ini merupakan bangunan yang didirikan pada masa kesultanan al-Ayubiyah tepatnya pada masa Sultan al-Amlik al-Adil Saifuddin Abi Bakar (596-615 H/1200-1218 M) atas perintah Amir al-Zanjili, Wali Kota al-Quds, sebagaimana tertulis pada prasasti di sebelah pintu masuk utama. 

  1. Menara Bab Al – Ashbath

Menara Bab Al – Ashbath merupakan salah satu bangunan yang terletak di sebelah utara Al-Aqsa yakni antara Gerbang Hittah dan Gerbang al-Ashbath. Bangunan Menara Bab Al – Ashbath ini didirikan pada masa Sultan al-Mulk al-Asyraf Sya’ban (764-778 H/1363-1376 M) yang dipimpin oleh Gubernur Saifuddin Qatlubigo tahun 769 H/1367 M. Hal ini diketahui dari prasasti yang ada berada di sana. Terkait bangunannya, Menara Bab Al – Ashbath di sini merupakan menara yang terdiri dari delapan sudut, bukan empat sudut seperti umumnya. Bangunan Menara Bab Al – Ashbath telah mengalami perbaikan pada zaman kekhalifahan Utsmaniyah dan dibentuk menyerupai silinder (bulat).

  1. Menara Al – Magharibah

Selain Menara Gerbang Silsilah, ada pula menara lain yang memiliki sejarah. Menara yang selanjutnya ialah Menara Al – Magharibah. Menara Al – Magharibah merupakan bangunan yang terletak di bagian barat daya dari Al-Haram al-Syarief al-Qudsiyyah. Menara ini terkenal dengan kemegahannya yang dibangun oleh Hakim Syarifuddin Abdurrahman bin al-Shahib yakni salah seorang menteri dari Sultan Fakhruddin al-Khalily. Menara Al – Magharibah didirikan pada masa keemasannya Syarifuddin sebagai penjaga Al-Haramain al-Syarifayn (di Al-Quds dan Hebron) pada tahun 677 H. Sahabat Tour Aqsa dapat berkunjung kesini nih saat berada di Aqsa.

Baca Artikel Lainnya :  Travel Tour Aqsa Jordan mesir Terbaik

Demikianlah informasi seputar Travel Tour Aqsa di Jakarta. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang berencana dan berkeinginan untuk bisa berlibur ke Aqsa, yuk bisa langsung daftar dan berlibur bersama Satutours Travel. Dijamin setelah pergi berlibur Sahabat Tour Aqsa akan mendapatkan kesan yang istimewa karena telah berkunjung ke beberapa destinasi istimewa. Pastinya tak hanya membuatmu senang saja, tapi menambah wawasan juga loh. Luar biasa kan? Yuk jangan lupa untuk selalu update informasi tentang Tour Aqsa setiap harinya ya! Tour Aqsa