Tour Al Aqsa

Tour Al Aqsa

Tour Al Aqsa

Tour Al Aqsa
Tour Al Aqsa

Bagi Sahabat Tour Aqsa yang gemar menjelajahi destinasi di seluruh negeri tampaknya tak lengkap apabila Sahabat Tour Aqsa tak mencoba untuk berlibur ke Al Aqsa. Akan banyak sekali hal yang dapat Sahabat Tour Aqsa temui selama berlibur ke Aqsa. Tak sekedar pesona indah bangunannya saja, akan tetapi Sahabat Tour Aqsa akan memperoleh beberapa informasi yang dapat menambah wawasan Sahabat Tour Aqsa sekalian. Disana Sahabat Tour Aqsa dapat menyaksikan secara langsung bangunan – bangunan yang menjadi saksi bisu terjadinya beberapa peristiwa di masa lampau. Apabila Sahabat Tour Aqsa ingin mencoba untuk berlibur ke Al Aqsa, Sahabat Tour Aqsa dapat mendatarkan diri dengan paket Tour Al Aqsa. Sahabat Tour Aqsa pun dapat mengajak keluarga, teman ataupun sahabat untuk meenikmati liburan bersama. Untuk mendaftar pergi ke Aqsa ini cukup mudah, Sahabat Tour Aqsa tinggal mendaftarkan diri ke Satutours Travel dengan memilih paket Tour Aqsa ataupun Tour masjidil Aqsa. Tak hanya itu saja, ada pula paket Tour Aqsa Jordan Mesir bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin berlibur ke tiga wilayah negara sekaligus. Untuk informasi lebih lengkap seputar berlibur ke Aqsa, yuk simak informasi berikut.

Inilah Yang Dipersiapkan Untuk Mendaftar Tour Al Aqsa

Bagi Sahabat Tour Aqsa yang berkeinginan dan berencana untuk berlibur ke Aqsa pastinya bertanya – tanya terkait persiapan apa saja yang dilakukan sebelum mendaftar Tour Al Aqsa. Terlebih bagi Sahabat Tour Aqsa yang saat ini sedang dalam tahap rencana dan ingin merealisasikan rencananya ini. Agar rencana Sahabat Tour Aqsa tak hanya sebuah wacana saja, tentu Sahabat Tour Aqsa harus membuat target terkait kapan terlaksananya berlibur ke Al Aqsa ini. Mengapa perlu menetapkan target terlebih dahulu? Supaya Sahabat Tour Aqsa lebih jelas dan terarah. Disini, target yang dimaksud merupakan target budget atau target tabungan yang ingin Sahabat Tour Aqsa kumpulkan untuk dipergunakan pergi berlibur. Tak sekedar menentukan budget saja. Akan tetapi, Sahabat Tour Aqsa juga menentukan jangka waktu untuk mengumpulkan tabungan tersebut. Dengan adanya target yang dibuat Sahabat Tour Aqsa ini tentunya akan memudahkan Sahabat Tour Aqsa dalam mempersiapkan biaya yang diperlukan. Sahabat Tour Aqsa dapat menyisihkan secara konsisten atau rutin setiap bulannya dengan nominal yang telah Sahabat Tour Aqsa tetapkan. Apabila Sahabat Tour Aqsa sedang memiliki rezeki lebih banyak, Sahabat Tour Aqsa pun dapat menabung dengan nominal yang lebih banyak pula. Dalam menabung hendaknya Sahabat Tour Aqsa juga menganggarkan nominal untuk menabung. Menganggarkan ini dapat Sahabat Tour Aqsa lakukan dengan cara mengalokasikan gaji atau pendapatan Sahabat Tour Aqsa di tiap bulannya.

Perlu Sahabat Tour Aqsa ingat dari cara menabung ini ialah Sahabat Tour Aqsa harus langsung mengalokasikan gaji atau pendapatan setelah  mendapatkan uangnya. Sehingga, menabungnya bukan dari sisa dari pengeluaran gaji atau pendapatan Sahabat Tour Aqsa sekalian. Sahabat Tour Aqsa juga dapat memanfaatkan fitur auto debit agar langsung terpotong tiap bulannya. Tentunya dengan begini dapat memudahkan Sahabat Tour Aqsa dalam mencapai target yang telah ditentukan. Tak berhenti sampai disitu, Sahabat Tour Aqsa pun hendaknya tak terlalu berlebihan dalam membeli sesuatu yang tak penting. Lebih tepatnya jangan terlalu konsumtif. Hendaknya Sahabat Tour Aqsa benar – benar bisa memilah manakah yang perlu dibeli dan tak perlu dibeli. Karena perilaku yang konsumtif tentunya akan membuat Sahabat Tour Aqsa sulit untuk menabung. Nah, bagi Sahabat Tour Aqsa yang berkinginan untuk berlibur ke Aqsa dan saat ini sedang menjalankan menabung untuk mencapai target budget tentunya Sahabat Tour Aqsa menghindari perilaku yang konsumtif.

Hendaknya Sahabat Tour Aqsa yang sedang berupaya untuk mencapai target dan sebaiknya membatasi pengeluaran yang cukup menguras isi dompet, seperti nongkrong di cafe ataupun berburu promo di mall ataupun di tempat belanja online. Mungkin Sahabat Tour Aqsa merasa bahwa hal ini kecil karena disuguhi dengan promo yang besar – besaran. Akan tetapi, apabila Sahabat Tour Aqsa melakukannya dengan sering, tentunya pengeluaran akan menjadi tak terkendali. Oleh karena itulah, sebaiknya Sahabat Tour Aqsa menghindari gaya hidup konsumtif agar budget menabung untuk pergi berlibur dapat maksimal. Selanjutnya yang paling penting dan sebisa mungkin diterapkan oleh Sahabat Tour Aqsa yang memang ingin mengumpulkan uang untuk berlibur adalah dengan berkomitmen. Tentunya apa yang Sahabat Tour Aqsa rencanakan tak akan dapat berjalan dengan baik apabila Sahabat Tour Aqsa tak dapat berkomitmen dalam menabung. Jangan sampai Sahabat Tour Aqsa hanya semangat melakukan cara – cara menabung hanya di awal saja dan mulai lagi kembali ke kebiasaan lama setelah melakukannya beberapa kali. Padahal, jika rutin melakukan cara menabung di atas sekalipun Sahabat Tour Aqsa tak ingin berlibur, Sahabat Tour Aqsa tetap bisa menyimpan uang yang cukup besar dari pendapatan yang dihasilkan. Sebab itulah, Sahabat Tour Aqsa harus mengatur diri agar konsisten dan berkomitmen atas apa yang sudah direncanakan.

Ketika Sahabat Tour Aqsa sudah berupaya untuk mencapai target dengan cara menabung seperti yang sudah direncanakan, maka tentunya Sahabat Tour Aqsa sudah mulai terdapat gambaran berapakah budget yang akan  digunakan khusus untuk pergi berlibur. Hal ini bertujuan agar pengeluaran Sahabat Tour Aqsa tak membengkak. Sebab itulah, hendaknya Sahabat Tour Aqsa menetentukan destinasi liburan yang sesuai dengan budget yang ada. Sahabat Tour Aqsa bisa memulai untuk buat budgeting, mulai dari tiket transportasi yang akan digunakan, akomodasi dan hal – hal seperti biaya makan serta tiket wisata yang ingin Sahabat Tour Aqsa kunjungi. Kemudian, yang perlu Sahabat Tour Aqsa lakukan ialah mencari informasi sebanyak – banyaknya dan selengkap – lengkapnya terkait destinasi liburan yang dituju. Terlebih apabila tujuan destinasi yang akan Sahabat Tour Aqsa kunjungi merupakan tempat yang belum pernah Sahabat Tour Aqsa datangi sebelumnya. Sahabat Tour Aqsa dapat dengan mudah mendapatkan informasinya dengan memanfaatkan smartphone dan teknologi internet. Apabila Sahabat Tour Aqsa sudah mencari informasi sebaiknya Sahabat Tour Aqsa langsung membooking tiket transportasi, akomodasi hingga tiket wisata dari jauh – jauh hari agar harga yang Sahabat Tour Aqsa dapatkan akan lebih murah. Dengan begitu, Sahabat Tour Aqsa dapat lebih hemat. Jika Sahabat Tour Aqsa tak ingin liburan dengan ribet dalam memesan akomodasi maupun transportasi saat berlibur, Sahabat Tour Aqsa dapat menggunakan jasa travel. Sahabat Tour Aqsa dapat mendaftar di Satutours Travel yang siap menemani liburan Sahabat Tour Aqsa sekalian. Agar Sahabat Tour Aqsa tak ketinggalan informasi, Sahabat Tour Aqsa dapat memantau terus informasinya secara berkala ya!

Menilik Kota Tiga Anbiya di Hebron Paletina

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa kata Hebron berasal dari bahasa Ibrani yakni habar yang memiliki arti dipersatukan atau digabungkan. Hebron merupakan kota yang masuk ke dalam wilayah Tepi Barat Palestina. Diketahui bahwa kota Hebron berjarak sekitar 30 km di selatan Yerusalem. Menurut informasi yang ada, kota ini memiliki penduduk sekitar 120.000 masyarakat Palestina dan 600 orang Israel. Kawasan kota Hebron merupakan kota yang menghasilkan hasil tani berupa anggur, buah ara, kapur dan tembikar. Tak hanya itu, produksi batu kapur, bengkel keramik serta pabrik gelas tiup pun banyak dijumpai pula di kota ini. Selain itu terdapat pula pabrik susu yang besar dan terkenal bernama Al – Juneidi. Hal yang terpenting ialah bahwa kota Hebron inilah dikenal dengan Kota Tiga Nabi yakni Nabi Ibrahim, Nabi Ishaq dan Nabi Ya’qub. Lebih lengkap seputar kota Hebron yang dikenal sebagai kota tiga anbiya, berikut lebih jelasnya.

  1. Terdapat Makam Tiga Nabi

Tak bisa dipungkiri bahwasannya kota Hebron tak pernah sepi pengunjung, hal ini karena banyak sekali wisatawan yang datang dan hendak melakukan ziarah ke tempat peristirahatan terakhir tiga Nabi. Selain itu, di kota Hebron ini pula terdapat Makam Para Leluhur atau Gua Makhpela. Gua tersebut diyakini terdapat makam Nabi Ibrahim dan istrinya yakni Siti Sarah. Tak hanya itu, ada pula makam Nabi Ishaq dan istrinya Ribka serta Nabi Ya’qub dan istrinya Lea. Diketahui bahwa makam ini menjadi satu dalam kompleks Masjid Ibrahim. Ada perhatian khusus yang diberikan pada masjd ini yakni ditandai dengan banyaknya permadani hijau dengan ayat Al – Qur’an pada masjid tersebut. Lokasinya ini tepat berada di makam para nabi dan istrinya yang ada di dalam gua dimana lokasinya berada pada halaman terbuka dengan kamar koridor kubah. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa makam para nabi dan istrinya memliki bentuk yang berbeda antara laki – laki dengan perempuan. Makam laki – laki ditandai dengan bentuk segi delapan, sedangkan makam perempuan dengan bentuk segi enam. 

  1. Pesona Masjid Ibrahim

Pesona Masjid Ibrahim ini salah satunya memiliki dua menara dengan tinggi sekitar 15 meter bergaya Mamluk. Selain itu, di Masjid Ibrahim ini juga terdapat mimbar yang memiliki ciri khas tersendiri karena desain periode Dinasti Fatimiyyah yang terletak di sebelah kanan tangga mihrab yang masih terjaga hingga kini.

  1. Sekilas Kisah Tiga Nabi di Hebron

Di kawasan kota Hebron inilah yang menjadi tempat tinggalnya Nabi Ibrahim bersama istrinya yakni Siti Sarah dan Siti Hajar. Alasan Nabi Ibrahim menetap di kota Hebron ialah karena sebelumnya Nabi Ibrahim meninggalkan kota Babilonia tempat dimana Raja Namrudz berkuasa dengan banyak berhala disana. Kemudian, Nabi Ibrahim sempat menghancurkan berhala yang menjadi sesembahan masyarakat disana dan akhirnya hijrah ke kota Hebron. Lalu, istri Nabi Ibrahim yakni Siti Hajar melahirkan anak bernama yang diberi nama Ismail. Kemudian mereka dibawa pindah ke Makkah oleh Nabi Ibrahim. Disanalah Nabi Ibrahim sempat melakukan renovasi Ka’bah. Setelah renovasi selesai, Nabi Ibrahim kembali ke Palestina dan tinggal di Hebron bersama istrinya Siti Sarah. Kemudian, tak lama mereka dianugerahi Allah anak yang diberi nama Ishaq. Nabi Ishaq ini dikenal dengan nabi yang sangat jujur dan shaleh. Selanjutnya perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa Nabi Ya’qub merupakan putra dari Nabi Ishaq. Ketika Nabi Ishaq berdakwah untuk kaumnya di Hebron, Nabi Ya’qub mendapat tugas melaksanakan dakwah di negeri Syam yang saat ini dikenal dengan nama Suriah. 

Ketahui Sekilas Tentang Al Aqsa Yuk!

Memang benar adanya bahwa satu – satu tempat di dunia yang selalu diperebutkan wilayahnya berbagai bangsa dunia ialah Al Aqsa. Di kawasan Masjidil Aqsa inilah yang menjadi tempat tersuci ketiga milik umat Islam setelah Masjidil Haram yang berada di Mekkah dan Masjid Nabawi yang berada di Madinah. Akhir – akhir ini, Israel dinilai telah membatasi dan berupaya untuk mengambil alih area Masjidil Aqsa ini.  Padahal di lokasi inilah Nabi Muhammad Saw memulai perjalanan Isra’ Mirajnya untuk memenuhi perintah Allah Swt, seperti yang tersirat di dalam Al Qur’an. Di tanah Aqsa inilah juga terukir kisah perjalanan para Nabi dan manusia – manusia luar biasa yang menjaga keimanan mereka pada Allah Swt. Tak hanya itu saja, karena masih banyak kisah lain seputar kawasan Masjidil Aqsa yang tak banyak diketahui oleh umat Islam. Hal – hal apa saja yang jarang diketahui, simak berikut ini.

  1. Peristiwa di Kawasan Masjidil Aqsa

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa Yerusalem telah lepas dari tangan umat islam untuk yang ketiga kalinya dan berada di bawah kendali Israel. Diketahui bahwa hal ini terjadi pada tahun 1967. Para tentara Israel yang menaklukkan kawasan ini telah menurunkan bendera Palestina dari area kubah masjid. Pemimpin Israel mengetahui bahwa kontrol terbuka atas masjidil Aqsa akan menjadi provokasi langsung bagi dunia Muslim. Sebab itulah, mereka menggunakan berbagai cara untuk menenangkan umat Islam di dunia. Kemudian kisah ini berlanjut pada tahun 1969 ada seorang Zionis Australia yang melakukan pembakaran area Masjidil Aqsa yang menakibatkan rusaknya mimbar Nuruddin Zengi dan Masjid Qibly. Dari peristiwa kebakaran yang terjadi diketahui secara keseluruhan menyelimuti seluruh Masjid Qibly. Umat islam pun menyadari bahwa peristiwa ini merupakan mimpi buruk bagi mereka. Warga setempat berupaya untuk memadamkan api semampu mereka.

Seluruh umat Islam pun bahu – membahu dan bergotong royong untuk memadamkan api tersebut. Dari peristiwa ini, masjid tersebut telah dibangun kembali dan diperbaharui. Akan tetapi, serangan terhadap bangunan tersuci ketiga ini terus berlanjut hingga hari ini. Tak hanya itu, penggalian Israel atas proyek Kuil Solomon yang merusak pondasi seluruh Masjid. Namun, masyarakat setempat tempat berusaha untuk mempertahankan Al Aqsa agar tak dirusak dan dihancurkan. Selain itu, perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui juga bahwa kawasan Masjidil Aqsa juga pernah menjadi tempat pembuangan sampah. Pada waktu periode umat Yahudi dilarang tinggal di kota ini oleh Romawi. Bangsa Romawi menggunakan kawasan Masjidil Aqsa sebagai tempat pembuangan sampah. Pada saat Umar bin Khattab membebaskan kota, Umar bin Khattab membersihkan sampah itu dengan tangannya yang kosong. Umar bin Khattab pun juga mengakhiri pengasingan orang – orang Yahudi yang berabad – abad oleh Romawi. Umar bin Khattab mengundang 70 keluarga sebuah desa pengungsi terdekat kembali ke Yerusalem dan memberi mereka hak untuk kembali setelah berabad – abad di pengasingan.

  1. Terdapat Ikon Yang Menjadi Daya Tarik

Tentunya apa yang Sahabat Tour Aqsa lihat di bangunan Kubah Batu atau yang dikenal dengan Dome of The Rock saat ini sangat berbeda seperti awal berdirinya pada saat dibangun oleh Khalifah Ummayyah yakni Abdul Malik ibnu Marwan. Diketahui bahwa pembangunan ini hanya berbahan dasar kayu dengan penutup dari kuningan, timah atau keramik. Akan tetapi, hampir 1000 tahun kemudian pada masa pemerintahan Khalifah Utsmani, barulah ditambahkan lapisan emas yang ditambahkan ke kubah bersama ubin ciri khas Utsmani dan ke fasad atau ornamen bangunan. Di masjid inilah terdapat mimbar   khusus yang dibangun setelah kawasan masjidil Aqsa ini direbut kembali oleh Tentara Salib. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa mimbar ini tak hanya cantik, namun dibuat tanpa menggunakan satu paku pun atau menggunakan lem. Akan tetapi sayangnya Nuruddin Zengi tak sempat melihat kemenangan yang diraihnya. Namun anak didiknya yakni Shalahuddin Al Ayyubi memenuhi harapan gurunya dan setelah membebaskan Yerusalem untuk kedua kalinya dalam sejarah Islam, kemudian dipasanglah mimbar istimewa ini.

  1. Menjadi Lokasi Eksekusi Saat Tentara Salib

Pada saat tentara salib pertama membawa Yerusalem, mereka menemukan mayoritas penduduk muslim dikurung di masjidil Aqsa. Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa Mereka membantai sekitar 70 ribu dari mereka dan kemudian mengubah Masjid Qibly menjadi istana, Dome of the Rock menjadi sebuah kapel, dan ruang bawah tanah menjadi stabil.

Umat islam yang selamat dari pembantaian awal kemudian disalibkan di sebuah salib besar yang ditempatkan di dekat pusat masjid. Inilah yang menjadi satu – satunya salib yang dipecahkan oleh Shalahuddin Al Ayyubi. Dasar salib ini masih dapat dilihat di sana hingga saat ini. 

  1. Tempat Lahirnya Karya Besar

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwasannya kawasan Al Aqsa ini menjadi tempat lahirnya karya terkenal Al Ghazali. Buku yang paling terkenal dalam literatur Islam monumental ialah berjudul Ihyaa Ulum Al – Din karya Ulama besar Islam Abu Hamid Al – Ghazali. Al Ghazali menjadi sosok yang dihormati oleh semua aliran pemikiran karena kemampuannya terjun ke kedalaman jiwa manusia sambil tetap berlabuh pada ajaran Al – Qur’an dan Nabi. Menurut informasi yang ada, tak banyak orang yang mengetahui bahwa Imam Al – Ghazali ini memutuskan untuk tinggal sementara waktu di kawasan Masjidil Aqsa dan menulis buku sementara di sana. Bukti dari keberadaan imam Al – Ghazali pada saat itu ialah adanya bangunan di area masjidil Aqsa yang menandai bahwa di bangunan tersebut terdapat lokasi kamar Al – Ghazali.

  1. Tanah Peristirahatan Para Nabi

Wilayah di area Aqsa memanglah kawasan yang tergolong luas. Terlebih kawasan masjidil Aqsa yang tak hanya terdiri atas satu bangunan saja, melainkan ada beberapa bangunan. Tentunya Sahabat Tour Aqsa telah mengetahui bahwa kawasan Aqsa juga dikenal dengan kawasan kota Anbiya. Karena hal ini terdapat beberapa bukti yang menjadikan Aqsa disebut sebagai kota Anbiya. Salah satu yang menjadi saksi bisu atas peristiwa yang telah dialami Nabi Muhammad Saw ialah Masjid Marwani. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa Masjid Marwani menjadi masjid yang terhubung dengan kejadian bersejarah tunggangan Nabi Muhammad Saw pada saat peristiwa Isra dan Miraj yang disebut dengan Masjid Buraq.

Tak ada catatan pasti tentang berapa banyak Nabi dan para sahabat Nabi yang disemayamkan di Aqsa. Akan tetapi, diketahui bahwa jumlahnya cukup banyak.

Dari ulasan tentang Tour Al Aqsa yang sudah disampaikan, bagaimana nih persiapan Sahabat Tour Aqsa yang ingin berlibur ke Al Aqsa? Apabila Sahabat Tour Aqsa memang berkeinginan untuk merasakan liburan di Aqsa, cobalah untuk segera menentukan rencana keberangkatan ya. Jangan sampai keinginan Sahabat Tour Aqsa ini hanya sebatas wacana saja. Untuk update informasi lebih lengkapnya, simak terus informasinya ya!