Sejarah Piramida Giza Mesir

2 min read

Sejarah Piramida Giza Mesir

Sejarah Piramida Giza Mesir

Sejarah Piramida Giza
Sejarah Piramida Giza Mesir

Sejarah Piramida Giza memiliki berbagai macam versi menurut para peneliti atau sejarahwan. Bangunan ini menjadi salah satu yang masuk dalam keajaiban dunia. Dan saat ini ramai menjadi salah satu tujuan destinasi wisatawan dari manca negara.

Dahulu, sebutan lain dari bangunan ini yaitu Piramida Khufu atau Cheops. Selengkapnya mengenai sejarah Giza Mesir menurut Islam, bisa Mitra Muslim simak pada uraian berikut. Paket Tour Aqsa Jordan mesir

Sejarah Piramida Giza yang ada di Mesir Menurut Islam

Menurut Islam, sejarah Piramida kuno di Mesir sudah dibangun selama kurun waktu lebih dari 20 tahun, yaitu sekitar 2560 SM. Bangunan ini merupakan bagian utama dari area makam yang terdiri atas dua kuil sebagai penghormatan terhadap Khufu (dekat piramida dan Sungai Nil).

Terdapat tiga bangunan yang ukurannya lebih kecil untuk istri Khufu. Ada lagi satelit berukuran lebih kecil lagi, berupa lintasan yang ditinggikan. Di sekeliling area piramida bangsawan terdapat makam mastaba berukuran kecil.

Sebelah barat daya Giza, ada Piramida Khafre dengan ukuran lebih kecil. Mitra Muslim bisa mengunjungi tempat ini bila ikut program Tour Aqsa Jordan Mesir. Jaraknya sekitar beberapa ratus meter dan merupakan salah satu penerus Khufu.

Selain itu juga dianggap sebagai pembangun Sphinx Agung. Jarak lebih jauhnya lagi ke arah barat daya, Mitra Muslim akan menemukan Piramida Menkaure, penerus Khafre dengan ketinggian sekitar separuhnya.

Kabarnya, sejarah Piramida Giza pada zaman dahulu digunakan sebagai makam para bangsawan dan raja-raja Mesir saat meninggal dunia, salah satunya Firaun. Sedangkan menurut Al-Quran, tujuan utama dari pembangunannya bukan sebagai makam.

Tapi, untuk melihat Tuhan Nabi Musa di langit dan membuktikan ada tidaknya. Terkait ini termaktub dalam surat Al-Qashash (28) ayat 38. Tertulis juga bahwa bangunan tersebut terbuat dari tanah liat dibakar. Jadi, sejarah Piramida kuno di Giza Mesir  memiliki beragam sudut pandang. 

Beberapa Fakta Menarik Mengenai Piramida Giza

Walaupun bukan yang pertama dibangun di wilayah Mesir, Giza ini merupakan paling megah dan paling besar. Banyak orang penasaran dengan bangunan ini, termasuk peneliti serta ilmuan. Berikut ada beberapa fakta menariknya, antara lain:

  1. Segi Pembuatan

Sejarah Piramida Giza Mesir dari segi pembuatan tersusun dari blok batu sejumlah 2.300.000. Kisaran berat 2 hingga 30 ton untuk setiap batunya. Sedangkan untuk beberapa blok mempunyai berat sebesar lebih dari 50 ton.

Situasi inilah yang membuat para peneliti berpikir sangat keras. Sebab, berat tersebut di luar nalar dapat diangkat manusia tanpa menggunakan bantuan mesin. Bahkan hingga saat ini, misteri tersebut belum dapat terpecahkan.

Menjadi misteri lainnya dari sejarah Piramida Giza yaitu saat terkena sinar matahari, bangunan ini berkilauan seperti permata. Sebab, lapisan luarnya berupa batu kapur. Tapi anehnya, sekarang ini orang tidak menjumpai hal serupa. 

  1. Keunikan Bagian Dalam

Fakta menarik sejarah Piramida Giza lainnya yaitu keunikan pada bagian dalamnya. Jadi, bagian dalamnya naik dan turun. Harus lewat jalan ke bawah dan membungkuk untuk menuju kamar raja. Pintunya mudah dibuka dari dalam dan tidak akan bisa jika dari luar.

Mitra Muslim bisa menggunakan travel Tour Aqsa bila tertarik mengunjungi bangunan unik ini. Buktikan sendiri mengenai keunikan dari Giza yang tidak semuanya bisa di logika.

  1. Suhu Konsisten 

Walaupun bangunan ini lokasinya di padang pasir panas, uniknya bagian dalam memiliki suhu tidak lebih dari 20 derajat celcius. Konsistensi suhu ini membuat kondisi mumi Firaun senantiasa terjaga.

Bagi Mitra Muslim yang ingin mengunjungi Giza, ikut saja program Tour Aqsa Jakarta Jordan Mesir bersama touraqsa.com Pilih paket dan dapatkan promo terbaiknya. Mitra Muslim akan diajak ke Masjidil Aqsa sekaligus mengetahui sejarah Piramida Giza.