Mengenal Dewa dan Dewi Mesir Kuno yang Terkenal Beserta Peranannya

Mengenal Dewa dan Dewi Mesir Kuno yang Terkenal Beserta Peranannya

Mengenal Dewa dan Dewi Mesir Kuno yang Terkenal Beserta Peranannya

Mengenal Dewa dan Dewi Mesir Kuno yang Terkenal Beserta Peranannya
Mengenal Dewa dan Dewi Mesir Kuno yang Terkenal Beserta Peranannya

Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa Mesir merupakan salah satu negara yang amat populer dengan peradabannya yang termasuk dalam salah satu peradaban terbesar dalam sejarah yakni peradaban Mesir Kuno. Diketahui bahwa masyarakat Mesir Kuno amatlah religius yang ditandai dengan penyembahan kepada dewa dan dewi mesir kuno yang dipercaya memegang andil dan memberikan keajaiban di kehidupan ini. Tour Aqsa Jordan mesir

Sahabat Tour Mesir perlu mengetahui bahwa dewa dan dewi pada masa Mesir Kuno digambarkan dalam berbagai macam bentuk fisik yang dapat ditemukan di penjuru Mesir. Dewa dan Dewi pada umumnya diwujudkan dalam bentuk yang beraneka ragam yakni ada yang manusia ataupun hewan seperti singa, banteng, elang dan lain-lain. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin mengenal dewa dan dewi Mesir Kuno yang terkenal beserta peranannya, yuk simak informasi di bawah ini.

Berikut Beberapa Dewa dan Dewi di Mesir Kuno :

1. Amun

Amun
Amun

Amun merupakan dikenal sebagai dewa dalam peradaban Mesir Kuno yang dikenal layaknya Zeus di dalam mitologi Yunani. Diketahui bahwa Amun merupakan ayah dari Firaun yang dikenal pula sebagai pelindung Thebes. Tak hanya itu, Amun pun dikenal sebagai Amun – Ra ketika dirinya digabung dengan dewa matahari Ra. Perlu Sahabat Tour Mesir bahwa dewa Amun tak hanya disembah di Mesir saja loh, akan tetapi dewa Amun juga disembah di luar Mesir.

2. Anubis

Dewa Anubis Mesir Kuno
Dewa Anubis Mesir Kuno

Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa Anubis merupakan dewa kematian yang dipercaya oleh masyarakat Mesir Kuno dan diyakini bahwa dewa Anubis inilah yang melindungi jiwa-jiwa yang hilang. Berdasarkan mitos Mesir Kuno, Anubis merupakan putra dari Osiris dan Nepthys. Tak hanya itu, Anubis juga dikenal dengan perannya yang membimbing arwah seseorang yang telah meninggal ke jalan kebenaran di alam baka untuk mengikuti ritual penimbangan hati di akhirat yang bertujuan untuk menentukan nasib akhir mereka.

Sahabat Tour Mesir perlu mengetahui bahwa Dewa Anubis ini seringkali digambarkan berupa tubuh seorang laki – laki berkepala serigala dan diketahui bahwa masyarakat Mesir Kuno meyakini bahwa Anubis ini mengawasi seseorang yang telah meninggal dan proses mumifikasi.

3. Horus

Horus
Horus

Horus merupakan dewa yang dikenal sebagai dewa langit, perang dan berburu. Horus menjadi dewa yang populer dengan gambarannya sebagai manusia berkepala elang serta matanya yang tajam. Diketahui bahwa Horus merupakan putra dari Osiris dan Isis. Setelah dilahirkan, Horus diketahui bersumpah akan membalaskan ayahnya pada Seth.

Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa mata kanan Horus melambangkan matahari dan Dewa Ra dan sedangkan mata kirinya melambangkan Dewa Thoth dan Bulan. Horus dianggap sebagai dewa pelindung kota Nekhen atau Hierakonpolis. Diketahui bahwa pada saat pertempuran melawan Seth di Edfu, mata kiri Horus kala itu dicongkel oleh Seth yang kemudian disembuhkan oleh pengetahuan dewa Thoth.

Dikarenakan menang atas Seth, Horus secara rela memberikan matanya sebagai makanan untuk dewa Osiris supaya bisa hidup dan merajai Duat. Sebab itulah, Osiris dianggap sebagai dewa orang mati dan Horus dianggap raja orang hidup. Lalu, mata Horus diartikan sebagai pengorbanan dan kesembuhan.

4. Osiris

Osiris menjadi salah satu Dewa yang diyakini oleh masyarakat Mesir Kuno yang dikenal sebagai dewa untuk orang mati. Berdasarkan mitologi masyarakat Mesir kuno, Osiris merupakan seorang raja Mesir yang kala itu dibunuh dan dimutilasi oleh saudaranya sendiri yakni Seth. Apabila jasad Osiris tidak disatukan, maka diketahui bahwa rohnya tak akan bisa pergi ke Duat.

Kemudian istri Osiris, Isis selaku saudara kandungnya serta dewa dan dewi lainnya berupaya untuk mengumpulkan kembali sisa jasad Osiris dan kemudian dibangkitkan sementara dengan kekuatan gaib yang dimilikinya. Setelah berhasil bangkit, Osiris dan Isis kemudian memperanak seorang putra yakni Horus. Lalu diketahui dibalsami oleh Anubis dan Osiris dianggap sebagai mumi pertama yang ada di Mesir. Diketahui bahwasanya kematian dan kebangkitan Osiris melambangkan masa kesuburan dan kekeringan yang terjadi di Sungai Nil yang menjadi sumber agrikultura oleh Masyarakat Mesir Kuno.

5. Isis

Salah satu dewi yang diyakini oleh masyarakat Mesir Kuno ialah Isis. Isis merupakan Dewi keibuan yang maknanya Ia menjadi ibu dari semua Firaun bangsa Mesir kuno. Kemudian diketahui bahwasanya Isis merupakan istri Osiris, ibu Horus serta putri dari Geb dan Nut. Berdasarkan mitos masyarakat Mesir kuno diketahui bahwa Isia berhubungan erat dengan Dewi Mesir yang sebelumnya yakni Hathor yang dianggap sebagai bunda para dewa.

Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa dewi Isis digambarkan sebagai kalajengking, layang – layang (burung) dan singgasana kosong serta terkadang menyusui bayi Horus. Diketahui bahwa terdapat sekte besar yang amat kuat menyembah Isis di belahan dunia dari Inggris hingga Eropa di kawasan Yunani dan Roma, kemudian menuju Asia.

6. Sobek

Diketahui bahwa Sobek merupakan salah satu dewa yang disembah oleh Masyarakat Mesir Kuno. Dewa Sobek ini digambarkan dengan tubuh manusia berkepala buaya. Konon dewa Sobek merupakan anak dari Neith yang menjadi semacam pengawal bagi para dewa.

7. Ptah

Sahabat Tour Mesir perlu mengetahui bahwasannya Ptah merupakan dewa yang dikenal dengan dewa kerajinan tangan dan arsitektur yang dianggap sebagai pencipta di alam semesta beserta isinya ini. Diketahui bahwa penamaannya berasal dari bahasa Yunani Kuno dari kata Hwt Ka Ptah yang artinya “rumah roh ptah”. Selain itu, Ptah juga dikenal sebagai ayah dari arsitek dan imam Dewa Ra yang populer yakni Imhotep. Diketahui bahwa sekitar 3000 tahun pasca kematiannya, Imhotep di dewakan serta dianggap sebagai putra Ptah.

8. Anqet

Anqet merupakan dewi yang diyakini oleh masyarakat Mesir kuno sebagai dewi Sungai Nil di kawasan Aswan dan dewi kesuburan. Pada masa periode kerajaan lama, Anqet juga populer dengan beberapa sebutan seperti Anket, Anjet, Anukis dan Anuket. Diketahui bahwa makna nama dari Anqet ialah “Dia Yang Merangkul”. Hal ini dikarenakan masyarakat Mesir Kuno beranggapan bahwasannya Anqet memegang kuasa atas Sungai Nil. Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa Anqet digambarkan sebagai seorang wanita disertai hiasan kepala tinggi yang terbuat dari bulu burung unta atau alang – alang yang diketahui berasal dari Nubia.

9. Sekhmet

Sekhmet merupakan dewi yang diyakini masyarakat Mesir Kuno sebagai Dewi perang dan kehancuran dari bangsa Mesir Kuno. Diketahui bahwa Sekhmet ini digambarkan berupa seorang wanita yang berkepala singa betina yang memiliki piringan matahari diatas kepalanya. Sekhmet merupakan nama yang bermakna kuat, keras dan perkasa.

10. Thoth

Thoth merupakan dewa yang diyakini oleh masyarakat Mesir Kuno sebagai dewa pengetahuan dan sastra. Dewa Thoth ini digambarkan sebagai manusia yang berkepala burung ibis atau babon. Diketahui bahwa dewa Thoth inilah yang mengetahui seluruh hukum gaib serta duniawi yang menjadi juru tulis sekaligus penasihat para dewa dan dewi Mesir karena dewa Thoth dianggap paling terpelajar yang juga menjadi pemisah antara hal yang baik dan yang buruk. Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa Dewa Thoth diyakini masyarakat Mesir Kuno mampu menjalankan seluruh semesta dengan perhitungannya yang tak pernah salah dan dianggap sebagai pencipta kalender dengan 365 hari. Tour Aqsa

11. Mut

Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa Mut merupakan dewi yang diyakini masyarakat Mesir Kuno sebagai dewi ibu Mesir Kuno. Penyebutan dewi Mut ini seringkali disebut juga dengan sebutan Mout. Diketahui bahwa Dewi Mut ini termasuk dalam dewa  yang penting karena dihubungkan dengan air yang diketahui bahwa segalanya terlahir dari adanya partenogenesis. Selain itu, Dewi Mut juga digambarkan sebagai wanita yang kepalanya terdapat Mahkota Mesir.

Demikianlah informasi seputar dewa dan dewi Mesir Kuno yang terkenal beserta peranannya. Tentunya informasi ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan Sahabat Tour Mesir sekalian. Semoga bagi Sahabat Tour Mesir yang berencana untuk pergi berlibur ke Mesir dilancarkan ya, Aamiin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *