Penjelasan Penting Tentang Baitul Maqdis Bagi Umat Islam

1 min read

Penjelasan Penting Tentang Baitul Maqdis Bagi Umat Islam

Penjelasan Penting Tentang Baitul Maqdis Bagi Umat Islam

Sebagai umat islam, pastinya tak lagi asing seputar Baitul Maqdis bagi umat islam yang menjadi bagian penting bagi sejarah umat muslim. Baitul Maqdis dikenal sebagai tanah yang disucikan oleh tiga agama yakni agama islam, kristen dan yahudi. Selain itu, di Baitul Maqdis inilah Allah Swt memberi utusan kepada Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Sulaiman AS serta Nabi Isa AS untuk melakukan dakwah.

Penjelasan Penting Tentang Baitul Maqdis Bagi Umat Islam
Penjelasan Penting Tentang Baitul Maqdis Bagi Umat Islam

Oleh karena itu, Baitul Maqdis menjadi kawasan yang diberkahi oleh Allah Swt karena termasuk dalam tempat turunnya wahyu bagi para Nabi. Untuk memahami lebih lengkap seputar penjelasan Baitul Maqdis bagi umat islam dan sejarah singkat Baitul Maqdis, yuk simak informasi berikut ini.

Penjelasan! Apa itu Baitul Makqdis?

Perlu diketahui bahwa Baitul Maqdis dikenal sebagai kiblat umat islam yang pertama kali sebelum beralih ke Ka’bah di Masjidil Haram. Baitul Maqdis juga menjadi tempat suci bagi umat islam. Bahkan Baitul Maqdis juga dikenal sebagai tanah yang disucikan oleh tiga agama yakni Islam, Kristen dan Yahudi. Selain itu, Baitul Maqdis merupakan kawasan yang diberkahi oleh Allah Swt. Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt dalam QS. Al – Anbiya ayat 71 yang artinya “Dan Kami selamatkan Ibrahim dan Luth ke sebuah negeri yang telah Kami berkahi untuk seluruh alam.” (QS. Al – Anbiya ayat 71)

Diketahui bahwasannya Baitul Maqdis tak dapat erat kaitannya dengan umat islam. Hal ini dikarenakan letak kedudukannya yang berkaitan langsung dengan agama islam. Terdapat 8 kedudukan Baitul Maqdis bagi umat muslim, antara lain :

  • Tanah kiblat pertama kali
  • Tanah Isra Mi’raj
  • Tanah wahyu dan kenabian
  • Tanah yang penuh keberkahan
  • Tanah yang ditaklukan tanpa peperangan
  • Tanah kesabaran serta jihad
  • Tanah Ibukota Khilafah di masa yang akan datang
  • Tanah tempat seluruh manusia akan dikumpulkan

Sejarah Singkat Baitul Maqdis

Sejarah Singkat Baitul Maqdis
Sejarah Singkat Baitul Maqdis

Dalam sejarah Baitul Maqdis diketahui bahwa umat Yahudi atau Bani Israil termasuk dalam umat pilihan Allah Swt dan kala itu Bani Israil dipandang sebagai umat yang terbaik dibanding yang lainnya. Allah Swt mengutus Nabi Musa untuk membawa Bani Israil keluar dari Kawasan Mesir dan tinggal di Semenanjung Sinai serta Timur Kan’an.

Hal ini seperti yang disebutkan dalam firman Allah Swt dalam Surat Al – Maidah ayat 21 yang artinya  “Hai kaumku, masuklah ke Tanah Suci (Palestina) yang telah ditentukan Allah bagimu dan janganlah kamu lari ke belakang (karena takut kepada musuh), maka kamu menjadi orang – orang yang merugi.” (QS. Al – Maidah ayat 21)

Dari ayat tersebut Allah Swt hendak memberitahukan bahwa tanah Baitul Maqdis untuk umat Yahudi apabila mereka beriman dan taat kepada perintah Allah Swt. Akan tetapi, umat Yahudi tak menaati perintah Allah dan bahkan mengkhianati janji Allah.

Bermula dari hal tersebut, kerajaan Israil atau umat yahudi kewibawaannya memudar dan kerajaan tersebut ditempati oleh para penyembah berhala. Kemudian Allah Swt berkehendak dan menjadikan mereka terhalangi untuk memasuki Kawasan Baitul Maqdis selama 40 tahun. Sedangkan, Nabi Musa AS mendapat kemuliaan bahwa tempat persemayamannya dekat dengan Baitul Maqdis sejauh lemparan batu. paket tour aqsa jordan mesir

Inilah sekilas informasi seputar Baitul Maqdis bagi umat islam yang menjadi bagian penting dalam sejarah islam. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan umat muslim sekalian ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.