Simak, Mengapa Masjid Al-Aqsha Menjadi Kiblat Umat Islam ?

3 min read

Yang Wajib Disimak, Beberapa Misteri Tentang Masjid Al-Aqsha yang Jarang Diketahui

Mengapa Masjid Al-Aqsha Menjadi Kiblat Umat Islam ?

Mengapa Masjid Al-aqsa menjadi kiblat umat muslim – Masjid Al-aqsha merupakan masjid kedua yang dibangun di bumi setelah Masjidil Haram yang berada di Makkah. Sahabat Tour Aqsa perlu mengetahui bahwa Masjid Al-aqsha merupakan salah satu masjid dengan keistimewaan yang tak ditemukan di masjid lainnya.

Masjid Al-Aqsha Menjadi Kiblat Umat Islam
Masjid Al-Aqsha Menjadi Kiblat Umat Islam

Istimewanya Masjid Al-Aqsha ialah melingkupi keberkahannya, sejarahnya serta pahala ibadah yang berkali-kali lipat dibandingkan beribadah di masjid lainnya. Sungguh luar biasa bukan? Selain itu, perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa Masjid Al-aqsha pernah menjadi kiblat pertama umat islam sebelum berpindah kiblat ke Ka’bah. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut, yuk simak informasi di bawah ini.

Sejarah Singkat Masjid Al-aqsha

Perlu Sahabat Tour Aqsa Ketahui bahwa Masjid Al aqsha berada di kawasan Kota Tua, Yerusalem Timur. Pada mulanya, Masjid Al-aqsha dikenal dengan nama Baitul Maqdis yang dulunya digunakan kiblat shalat umat muslim untuk pertama kalinya sebelum berpindah ke Ka’bah di Masjidil Haram. Baitul Maqdis dijadikan kiblat umat muslim selama Nabi Muhammad Saw mengajarkan islam di Makkah.

Berdasarkan sejarah bahwa Baitul Maqdis dibangun oleh Nabi Sulaiman dan dijadikan sebagai rumah ibadah kepada Allah Swt. Hal ini sebagaimana dari Abdullah bin Amru bin Al-Ash dari Rasulullah Saw bersabda bahwasannya “Sesungguhnya, ketika Sulaiman bin Dawud membangun Baitul Maqdis, (ia) meminta kepada Allah Swt tiga perkara yaitu meminta kepada Allah Swt agar diberi taufiq dalam memutuskan hukum yang menepati hukumNya, lalu dikabulkan.

Kemudian meminta kepada Allah Swt dianugerahi kerajaan yang tidak patut diberikan kepada seseorang setelahnya, lalu dikabulkan dan serta memohon kepada Allah Swt bila selesai membangun masjid agar tak ada seorangpun yang berkeinginan sholat disitu, kecuali agar dikeluarkan dari kesalahannya seperti hari kelahirannya.”

Diketahui bahwa Masjid Al-aqsha ialah masjid yang dibangun pertama kali oleh Nabi Ya’kub AS dan direnovasi oleh Nabi Daud AS, kemudian disempurnakan oleh Nabi Sulaiman AS. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa Masjid Al-aqsha menjadi masjid kedua yang dibangun di dunia setelah Masjidil Haram. tour aqsa jordan mesir

Luas Masjid Al-aqsha ditaksir sekitar 14 hektare dan di kawasan ini pula terdapat bangunan Dome of The Rock yang dipercaya terdapat sebuah batu hitam bernama Sakhrah Muqaddasah yang diyakini sebagai tempat pijakan Nabi Muhammad Saw dalam peristiwa Isra Mi’raj untuk menerima perintah sholat yang pertama kalinya.

Bangunan Masjid Al-aqsha yang kini dapat Sahabat Tour Aqsa lihat ialah masjid yang sudah dibangun secara permanen oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan yang berasal dari Dinasti Bani Umayyah yang dimulai pada tahun 66 H dan selesai pada tahun 73 H.

Hal-hal Penting dari Masjidil Al – Aqsha

Hal-hal Penting dari Masjidil Al - Aqsha
Hal-hal Penting dari Masjidil Al – Aqsha

Sebagai umat muslim, Sahabat Tour Aqsa perlu mengetahui mengapa Masjid Al-aqsa menjadi kiblat umat islam dan Masjid Al-aqsa menyimpan berbagai keistimewaan dan penting untuk diketahui. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi umat muslim untuk berkunjung ke Masjid Al-aqsha. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang penasaran terkait hal penting apa saja yang ada di Masjid Al-aqsha, yuk simak informasi berikut ini.

1. Kawasan Yang Disucikan

Hal penting yang perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui seputar Masjid Al-aqsha ialah bahwa Masjid Al-aqsha termasuk dalam kawasan yang disucikan oleh Allah Swt. Dikisahkan bahwa pada zaman Nabi, Allah Swt mengutus orang-orang saleh yang dapat memberantas kesyirikan disana. Karena itulah, Al-aqsha menjadi tempat yang bersih dari kesyirikan serta dihuni oleh orang-orang yang beriman. Bahkan kesucian Al-aqsha ini tersirat dalam Al-Qur’an Surat Al-Maidah ayat 21 yang artinya “Wahai kaumku! Masuklah ke tanah suci (Palestina) yang telah ditentukan Allah bagimu, dan janganlah kamu berbalik ke belakang (karena takut kepada musuh), nanti kamu menjadi orang yang rugi.”

2. Kawasan Yang Dilingkupi Keberkahan

Penting untuk diketahui di Masjid Al-aqsha bahwasannya termasuk dalam kawasan yang dilingkupi oleh keberkahan. Hal ini karena Al-aqsha menjadi saksi dimana diutusnya para Nabi. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa makna berkah juga dapat pula dari tanah yang subur dan kekayaan alam yang berada di Al-aqsha. hal ini sebagaimana yang tersirat dalam Al-Qur’an surat Al-Anbiya ayat 81 yang artinya “Dan (Kami tundukkan) untuk Sulaiman angin yang sangat kencang tiupannya yang berembus dengan perintahnya ke negeri yang Kami berikan berkah padanya. Dan Kami Maha Mengetahui segala sesuatu.”

3. Kawasan Napak Tilas Nabi

Sahabat Tour Aqsa perlu mengetahui bahwa hal penting selanjutnya yang perlu untuk diketahui ialah bahwa Masjid Al-aqsha menjadi kawasan napak tilas terakhir Nabi Muhammad dari peristiwa Isra dan menjadi titik awal Mi’rajnya ke langit untuk mendapatkan perintah shalat lima waktu. Diketahui bahwa peristiwa ini penuh makna dan amat penting bagi umat muslim. Karena itulah, setiap tahun terdapat peringatan untuk mengenang kisah yang tak pernah lepas dari kawasan Al-aqsha.

Hal ini tersirat dalam Al – Qur’an Surat Al – Isra ayat 1 yang artinya : “Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hambaNya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Itulah sekilas informasi seputar mengapa Masjid Al-aqsha menjadi kiblat umat islam dan Hal Penting dari Masjid Al-aqsha yang perlu untuk diketahui. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sahabat Tour Aqsa sekalian ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.