Baca Yuk, Kedudukan Masjid Al-Aqsha Bagi Umat Islam

Baca Yuk, Kedudukan Masjid Al-Aqsha Bagi Umat Islam

Baca Yuk, Kedudukan Masjid Al-Aqsha Bagi Umat Islam

Kedudukan Masjid Al-aqsha Bagi Umat Islam – Sebagai umat muslim, Sahabat Tour Aqsha perlu mengetahui bahwasanya Masjid Al -aqsha termasuk dalam Masjid yang paling istimewa dan dianjurkan untuk dikunjungi setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Baca Yuk, Kedudukan Masjid Al-Aqsha Bagi Umat Islam
Kedudukan Masjid Al-Aqsha Bagi Umat Islam

Tak hanya itu, kawasan Masjid Al-aqsha juga termasuk dalam kawasan yang diberkahi oleh Allah Swt. Hal tersebut termasuk dalam kedudukan Masjid Al – Aqsha yang amatlah istimewa bagi umat muslim. Bagi Sahabat Tour Aqsha yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar kedudukan Masjid Al-aqsha bagi umat Islam, yuk simak informasi berikut ini. Tour Aqsa

Beberapa Kedudukan Masjid Al – Aqsha Bagi Umat Islam :

Perlu Sahabat Tour Aqsha ketahui bahwa Masjid Al – Aqsha memiliki kedudukan yang penting dalam sejarah agama islam. Kedudukan istimewa Masjid Al – Aqsha, antara lain :

1. Baitul Maqdis kiblat pertama umat islam

Baitul Maqdis kiblat pertama umat islam
Baitul Maqdis kiblat pertama umat islam

Kedudukan Masjid Al – Aqsha atau Baitul Maqdis yang pertama ialah pernah menjadi kiblat pertama umat muslim dalam melaksanakan shalat 5 waktu. Kemudian sebelum Nabi Muhammad Saw hijrah ke Madinah, Nabi Muhammad Saw diketahui melaksanakan salat terlebih dahulu dengan menghadap ke Masjid Al – Aqsha atau baitul maqdis. Lalu, setelah Nabi Muhammad Saw melaksanakan Isra Mi’raj yang diketahui sekitar 1 bulan, Nabi Muhammad Saw mendapatkan perintah untuk melaksanakan shalat lima waktu dan beralih kiblat menjadi ke arah Ka’bah.

2. Baitul Maqdis kota besar islam ketiga

Baitul Maqdis kota besar islam ketiga
Baitul Maqdis kota besar islam ketiga

Perlu Sahabat Tour Aqsha ketahui bahwa Baitul Maqdis atau Masjid Al – Aqsha termasuk dalam salah satu kota besar Islam dengan urutan yang ketiga. Di kawasan inilah yang dianggap oleh umat muslim sebagai tempat suci ketiga. Di Masjid Al – Aqsha inilah Nabi Muhammad diangkat menuju ke Sidratul Muntaha setelah sebelumnya dibawa dari Masjidil Haram di makkah ke Al – Aqsha yang dikenal dengan peristiwa Isra Mi’raj. Diketahui bahwasanya Nabi Muhammad Saw dan umat muslim berkiblat ke Masjid Al – Aqsha atau Baitul Maqdis hingga 17 bulan pasca hijrah ke Madinah.

3. Negeri persiapan jihad

Negeri persiapan jihad
Negeri persiapan jihad

Kedudukan kawasan Masjid Al – Aqsha berikutnya dikenal dengan negeri persiapan jihad. Diketahui bahwa Baitul Maqdis akan ditaklukan oleh umat muslim dikarenakan pada masa Nabi Muhammad Saw, Baitul Maqdis belum dapat ditaklukkan oleh umat muslim dan nantinya akan menjadi milik umat muslim. Oleh karena itu, umat muslim memperbanyak musafir ke masjidnya untuk dapat beribadah disana. Hal ini dibuktikan yang mana pada zaman dahulu kawasan Al Aqsha ini bernama Eliyah yang berhasil ditaklukan pada masa Khalifah Umar Bin Khattab.

4. Baitul Maqdis Negeri Isra dan Mi’raj

Baitul Maqdis atau Masjid Al – Aqsha merupakan kawasan yang menjadi Saksi Bisu atas terlaksananya peristiwa Isra Mi’raj. Diketahui bahwa perjalanan Isra Nabi Muhammad di bumi ketika malam itu penuh dengan berkah yakni dari dimulai dari Masjidil Haram ke Masjid Al – Aqsha yang kemudian dilanjut dengan perjalanan ke Sidratul Muntaha untuk memenuhi panggilan Allah sekaligus menerima wahyu. Dari peristiwa Isra Mi’raj inilah perintah shalat lima waktu bermula. Tour Aqsa Jordan Mesir

Demikianlah informasi seputar kedudukan Masjid Al-aqsha bagi umat Islam. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan dan menjadi bekal informasi sebelum Sahabat Tour Aqsha berkunjung ke Masjid Al – Aqsha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *