Baca Yuk, Kota Petra Jordan Menurut Alkitab

Baca Yuk, Kota Petra Jordan Menurut Alkitab

Baca Yuk, Kota Petra Jordan Menurut Alkitab

Baca Yuk, Kota Petra Jordan Menurut Alkitab
Kota Petra Jordan Menurut Alkitab

Kota Petra Jordan merupakan salah satu kota yang kisahnya tersirat di dalam Alkitab. Perlu Sahabat Tour Jordan ketahui bahwasannya kota Petra memiliki sejarah yang hingga kini masih terdapat bangunan berupa saksi bisu atas terjadinya sejarah di masa lampau. Oleh karena itu, tak heran apabila banyak dari wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke kawasan Kota Petra di Jordan. Teruntuk Sahabat Tour Jordan yang tertarik berlibur ke Jordan dan ingin mengetahui informasi seputar kota Petra Jordan menurut Alkitab, yuk simak informasi dibawah ini. Tour Aqsa

Definisi Nama Kota Petra

Kota Petra Jordan menurut Alkitab – Sahabat Tour Jordan perlu mengetahui bahwa Petra berasal dari bahasa Yunani yang artinya batu. Pahatan bebatuan di kawasan kota Petra menjadi situs arkeologi yang populer di kawasan Jordan. Diketahui bahwa bangunan ini diperkirakan ada pada tahun 312 Sebelum Masehi. Namun, sebelumnya kawasan ini merupakan ibukota Nabath.

Kemudian diketahui lenyap lalu ditemukan kembali oleh Johann Ludwig Burckhardt yang berasal dari Swiss pada tahun 1812. Kemudian kawasan kota Petra ini memiliki sebutan sebagai mawar merah dan menjadi destinasi wisata para wisatawan yang tak pernah sepi pengunjung. Tak hanya itu, pada tahun 2007 kawasan Petra ini mendapatkan penghargaan sebagai 7 keajaiban dunia oleh UNESCO.

Kota Yang Kaya karena Perdagangan

Kota Yang Kaya karena Perdagangan
Kota Yang Kaya karena Perdagangan

Perlu Sahabat Tour Jordan ketahui bahwa Jordan merupakan kota yang kaya karena perdagangan. Diketahui bahwa kota ini mulai berkembang sebagai ibukota kerajaan Nabatean sekitar abad ke – 1 SM yang berkembang dan kaya melalui perdagangan. Kemudian, sektor perdagangan ini digerakkan oleh kafilah-kafilah dan adanya pungutan cukai yang memberi keuntungan besar bagi suku Nabatean. Hal inilah yang menjadikan kota Petra menjadi sebuah pasar penting sejak abad ke – 3 SM hingga abad ke – 5 SM.

Pada saat perdagangan dunia mulai tumbuh pesat, hal ini memanfaatkan kawasan tempat tinggal di Jordan yang strategis ini menjadi rute untuk perdagangan dunia. Kemudian untuk menjaga kemakmuran, maka dipungut bea cukai serta pajak untuk para pedagang setempat ataupun yang berasal dari luar dan masuk ke kawasan Jordan. Karena perubahan yang terjadi inilah yang membuat kawasan Petra bertumbuh dan berkembang menjadi kawasan perdagangan di jalur distribusi barang diantara Eropa dan Timur Tengah.

Para Ahli Pahat di Dunia

Tentunya Sahabat Tour Jordan mengetahui bahwasannya kawasan kota Petra amat populer dengan pahatan bebatuannya. Tahukah Sahabat Tour Jordan bahwa ahli pahat yang memahat bebatuan di kawasan kota Petra Jordan adalah kaum Tsamud. Diketahui bahwasannya kaum Tsamud diberi kekuatan dan kelebihan oleh Allah Swt untuk menguasai sekaligus memakmurkan kawasannya. Kemudian, kaum Tsamud juga diberikan kekuatan oleh Allah Swt untuk membuat kotanya menjadi kawasan yang terbaik dari segi bangunan yang meliputi rumah, makam, tempat hiburan yang berupa teater serta menjadikannya sebagai koloseum yang sangat populer hingga saat ini.

Pemakaman Kuno yang Penuh Sejarah

Pemakaman Kuno yang Penuh Sejarah
Pemakaman Kuno yang Penuh Sejarah

Perlu diketahui bahwa di kawasan kota Petra tepatnya di dalam tebing yang menghadap ke arah barat, diketahui bahwa terdapat beberapa pemakaman kuno yang mengesankan di kawasan kota Petra. Pemakaman kuno di kawasan Petra ini secara kolektif dikenal sebagai makam kerajaan. Bagi para wisatawan yang berkeinginan untuk menuju ke pemakaman kuno ini terdapat anak tangga untuk aksesnya dan para wisatawan dapat melihat bagian dalam dari pemakaman kuno ini.

Sistem Pengairan yang Menarik di Petra Jordan

Kawasan Petra Jordan merupakan kawasan yang dikenal dengan sistem pengairan yang menarik. Diketahui bahwa warga Nabatean membangun Petra dengan sistem perairan yang unik dan menarik. Hal ini dikarenakan sistem pengairan yang digunakan memiliki teknologi hidrolik yang berguna untuk mengangkat air. Di kawasan kota inilah ada pula terowongan serta bilik air yang berfungsi untuk menyalurkan air bersih ke kawasan kota. Tour Aqsa Jordan Mesir

Tak hanya itu, warga Nabatean juga dikenal amat mahir dalam membuat tangki di bawah tanah untuk mengumpulkan air bersih yang dapat digunakan ketika sedang berpergian jauh. Sehingga, dimanapun keberadaannya masih tetap bisa membuat galian untuk saluran air yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan terhadap air bersih.

Demikianlah informasi seputar kota Petra Jordan menurut Alkitab. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan sekaligus bermanfaat bagi Sahabat Tour Jordan sekalian ya. Untuk informasi lebih lanjut, pantau terus di website ini!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *