Beberapa Aktivitas yang Diselenggarakan di Masjid Al-Aqsa Bersama Touraqsa.com

Beberapa Aktivitas yang Diselenggarakan di Masjid Al-Aqsa Bersama Touraqsa.com

Beberapa Aktivitas yang Diselenggarakan di Masjid Al-Aqsa Bersama Touraqsa.com

Beberapa Aktivitas yang Diselenggarakan di Masjid Al-Aqsa Bersama Touraqsa.com

Beberapa aktivitas yang diselenggarakan di Masjid Al-Aqsa bersama Touraqsa.com tidak hanya menarik diikuti, namun juga dapat menambah keimanan. Sebab situs suci tiga agama ini memiliki sejarah penting dalam perkembangan Islam.

Bukan hanya itu saja, situs suci ini juga memiliki banyak sekali keistimewaan sehingga menjadi destinasi religi yang banyak dikunjungi umat muslim di seluruh dunia. Umat Islam berbondong-bondong datang untuk beribadah langsung di sana.

Memilih paket tour Aqsa juga akan lebih mudah untuk mempelajari berbagai fakta yang pernah terjadi pada masjid umat Islam ini. Salah satunya, situs suci ini merupakan saksi bisu konflik antara Palestina dan Israel yang masih terjadi sampai saat ini.

Bersama touraqsa.com, Sahabat Tour Aqsa juga dapat melakukan berbagai aktivitas menarik dan menambah keimanan terhadap Allah SWT dan Rasul-Nya. Sahabat Tour Aqsa juga bisa menambah pengetahuan mengenai sejarah dan keistimewaan situs suci tiga agama ini.

Sejarah Pembangunan Masjid Al-Aqsa

Al-Aqsa merupakan situs suci yang berada di Al-Quds (Baitul Maqdis) atau juga dikenal dengan Yerusalem. Situs suci ini merupakan masjid kedua di dunia sesudah Masjidil Haram, namanya diberikan oleh Allah SWT yang artinya ‘paling jauh’.

Dengan harga tour Aqsa yang bisa saja lebih terjangkau karena ada promo, maka akan lebih mudah mempelajari situs suci ini. Para ulama sendiri memiliki perbedaan pendapat mengenai sejarah pembangunannya.

Ath-Thabari, Ibnu Katsir, serta Al-Qurthubi menyebut bahwa masjid ini pertama dibangun oleh malaikat, serta menggariskan dan menentukan tempatnya. Sementara pendapat mayoritas, Nabi Adam As yang pertama kali membangunnya.

Selanjutnya, Nabi Ibrahim As melakukan renovasi dan meninggikannya seperti pada Kakbah di Mekah. Kemudian Nabi Sulaiman As membangunnya dengan lebih besar, kuat, dan indah sebelum kemudian dirobohkan oleh bangsa Babilonia.

Setelah bangsa Babilonia, selanjutnya datang Persia, Yunani, juga Romawi. Bangsa-bangsa tersebut kemudian membangun rumah ibadah serta meletakkan patung dan berhala di kompleks masjid.

Situs suci ini beberapa kali diruntuhkan, kemudian dibangun dan diperbaiki kembali seperti sedia kala. Renovasi yang dilakukan juga sekaligus menjaga bentuk bangunan, memperbaruo, membangun menara adzan, juga pagar besar yang menutupi seluruh masjidnya.

  1. Keistimewaan Masjid Al-Aqsa

Biaya tour Aqsa tergantung kondisi, bisa lebih mahal atau murah jika ada promo, namun tentu sebanding dengan keistimewaan beribadah di situs suci ini. Berikut adalah keistimewaan dari masjid di Yerusalem ini bagi umat Islam.

  1. Kiblat Pertama Umat Islam

Keistimewaan Al-Aqsa yang pertama, situs suci ini menjadi kiblat pertama umat Islam dalam melaksanakan salat. Rasulullah juga melaksanakan ibadah salah menghadap ke Al-Aqsa sebelum kemudian hijrah ke Madinah.

Setelah perjalanan Isra Miraj, Rasulullah mendapatkan wahyu yaitu perintah salah 5 waktu dan menghadap ke Kakbah Mekah. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah pada QS. Al-Baqarah : 44.

  1. Masjid Kedua di Bumi

Dengan harga tour Aqsa sesuai paket yang telah dipilih, Sahabat Tour Aqsa sudah dapat beribadah dalam masjid kedua di muka bumi pada sejarah Islam. Hal tersebut tentu saja menjadi keistimewaan tersendiri bagi situs suci ini.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, ada pendapat bahwa masjid ini telah ada sejak Nabi Adam As dan kemudian dibangun secara turun temurun oleh nabi setelahnya. Nabi yang membangunnya terutama diutus untuk kaum Bani Israil seperti Yaqub bin Ishaq.

  1. Salat di Al-Aqsa Lebih Utama

Mengerjakan salat di situs suci umat Islam ini memiliki keutamaan 1000 kali lipat dibandingkan masjid lainnya menurut hadist riwayat Ahmad. Sementara itu, dalam hadist lainnya menyatakan bahwa mengerjakan salat di Al-Aqsa memiliki keutamaan 500 kali lipat.

Dengan mengikuti paket tour Aqsa, selain dapat melihat langsung situs suci tiga agama juga bisa didapatkan keutamaan tersebut. Sahabat tour Aqsa juga bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya yang tentu akan menambah keimanan pada Allah SWT dan Rasul-Nya.

  1. Tempat Ziarah yang Dianjurkan

Keistimewaan lainnya adalah sebagai tempat ziarah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam hadist riwayat Muslim, Rasulullah bersabda bahwa masjid istimewa ini menjadi tempat yang harus dikunjungi setelah Masjidil Haram Mekah dan An Nabawi di Madinah.

  1. Tempat Rasulullah Isra Miraj

Al-Aqsa memiliki keistimewaan tersendiri sebab menjadi tempat pilihan Allah sebagai saksi bisu ketika Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu yaitu perintah salat 5 waktu. Rasulullah juga salat 2 rakaat di sana sebelum kemudian naik ke Sidratul Muntaha.

Fakta-fakta Masjid Al-Aqsa

Setelah mengetahui berbagai keutamaannya, biaya tour Aqsa tentu bukan lagi menjadi hal yang memberatkan lagi. Selain itu, masjid istimewa ini juga memiliki fakta-fakta menarik yang mungkin tidak banyak diketahui banyak orang.

Beberapa fakta misalnya pada tahun 1969, seorang zionis Australia bernama Dennis Michael Rochan membakar masjid tersebut secara keseluruhan. Zionis tersebut diadili pengadilan Israel, namun kemudian dibebaskan karena alasan pelaku memiliki gangguan kejiwaan.

Bukan hanya itu saja, area masjid juga pernah menjadi tempat sampah ketika pendudukan Romawi. Khalifah Umar bin Khatab kemudian membebaskan Kota Yerusalem dan membersihkan situs suci ini dengan tangannya sendiri.

Fakta selanjutnya adalah mengenai kubah emas atau dome of rock, merupakan hal yang pasti langsung terlintas ketika mendengar masjid Al-Aqsa. Dome of rock tersebut merupakan kubah pertama dalam arsitektur Islam sebelum menjadi bagian penting masjid di dunia.

Jika Anda mengikuti paket tour Aqsa, pasti juga akan mengetahui fakta selanjutnya bahwa situs suci ini juga memiliki perpustakaan berisi manuskrip dan berbagai karya berharga. Perpustakaannya sendiri didirikan oleh Dewan Legislatif Muslim tertinggi tahun 1923.

Fakta terakhir, situs suci umat Islam ini juga menjadi tempat seorang ulama besar Islam, Abu Hamid Al-Ghazali, menuliskan kitab Ihyaa’ Ulumuddin. Kitab Ihyaa’ Ulumuddin tersebut sangat terkenal dalam sejarah sastra Islam.

Abu Hamid Al-Ghazali juga merupakan ulama besar yang dihormati oleh semua pemikiran karena kemampuan mendalami Al-Quran dan hadits. Selama menulis kitab legendaris tersebut beliau tinggal di komples masjid tersebut.

Aktivitas di Masjid Al-Aqsa Bersama Touraqsa.com

Setelah mengetahui sejarah, keutamaan, serta fakta dari masjid Al-Aqsa, sebagai umat Islam tentu ingin melakukan kunjungan ke sana. Ada beberapa aktivitas yang diselenggarakan di Masjid Al-Aqsa bersama Touraqsa.com, tentu sangat menarik dan menambah keimanan.

Kunjungan ke Al-Aqsa dilakukan pada hari ke-7, aktivitasnya mencangkup berkeliling lima masjid yang ada di kompleks tersebut. Kelima masjidnya sendiri meliputi masjid Qibli, Qadim, Buraq, Marwani, dan juga Qubatu Shakhra.

Pelaksanaan salat dhuhur dilakukan setelah tour berkeliling kompleks Al-Aqsa selesai, kemudian melihat secara langsung Wailling Wall atau tembok ratapan. Barulah setelahnya peserta diajak ziarah ke makam Nabi Daus As setelah selesai makan siang.

Selain melakukan tour di kompleks Al-Aqsa, juga akan ada kunjungan di tempat-tempat religi Islam menarik lainnya. Jika tertarik, maka langsung saja kunjungi Tour Aqsa by Satutours untuk informasi paket tour dengan harga bersaing.

Masjid Al-Aqsa merupakan situs suci umat Islam yang memiliki sejarah panjang dan keutamaan ketika beribadah di dalamnya. Oleh sebab itu, harga tour Aqsa yang cukup besar sangat sebanding dengan bertambahnya keimanan terhadap Allah SWT dan rasul-Nya. tour aqsa jordan mesir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *