Info Penting, Yang Harus Disiapkan Sebelum Liburan ke Luar Negeri

Info Penting, Yang Harus Disiapkan Sebelum Liburan ke Luar Negeri

Info Penting, Yang Harus Disiapkan Sebelum Liburan ke Luar Negeri

Yang harus disiapkan sebelum liburan ke luar negeri – Momen berlibur merupakan salah satu momen yang dinanti dikala diri sedang merasa suntuk dengan segala rutinitas di keseharian. Dari banyaknya destinasi berlibur yang tersedia baik di dalam negeri maupun di luar negeri, tentunya dapat memilih dan disesuaikan dengan tujuan destinasi yang diinginkan serta budget yang telah dipersiapkan.

Yang Harus Disiapkan Sebelum Liburan ke Luar Negeri
Yang Harus Disiapkan Sebelum Liburan ke Luar Negeri

Bagi yang berkeinginan untuk berlibur ke luar negeri hendaknya mulai mempersiapkan rencana liburan dengan matang. Karena dengan mempersiapkannya dengan matang, maka hal ini akan meminimalisir terjadinya rencana liburan yang berantakan. Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang harus disiapkan sebelum berlibur ke luar negeri. Untuk informasi lebih jelas seputar beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum liburan ke Luar Negeri, yuk simak informasi berikut ini. Tour Aqsa

Berikut Info Penting Seputar Persiapan Sebelum Liburan ke Luar Negeri :

1. Paspor Asli dan Fotokopi Paspor

Paspor Asli dan Fotokopi Paspor
Paspor Asli dan Fotokopi Paspor

Salah satu persiapan yang harus dilakukan sebelum berlibur ke luar negeri ialah mempersiapkan paspor asli dan fotokopi paspor. Perlu diketahui bahwa pada saat kita berlibur ke luar negeri, maka kartu identitas kita yang berlaku di negara tersebut hanyalah paspor yang kita miliki. Oleh karena itu, membawa fotokopi paspor menjadi salah satu antisipasi apabila terjadi kehilangan paspor ketika liburan di luar negeri. Karena apabila paspor hilang dan tak memiliki arsip fotokopi paspor, maka tentu nantinya kita akan kesulitan apabila hendak pulang ke Tanah Air.

Sebab itulah, perlunya mempersiapkan fotokopi paspor sebagai antisipasi apabila hal buruk kehilangan paspor itu terjadi. Karena fotokopi paspor ini menjadi dokumen cadangan untuk mendapatkan SPLP yakni Surat Perjalanan Laksana Paspor. SPLP merupakan surat perjalanan yang dikeluarkan langsung oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia pada saat ada warga negaranya yang mengalami kehilangan paspor. Dengan SLPP inilah apabila paspor hilang maka tetap bisa kembali ke Tanah Air.

2. Visa Perjalanan Wisatawan

Visa Perjalanan Wisatawan
Visa Perjalanan Wisatawan

Perlu diketahui bahwa selain paspor, visa menjadi salah satu dokumen wajib yang dibawa sebelum berlibur ke Luar Negeri. Visa menjadi salah satu dokumen izin untuk memasuki negara tujuan. Oleh sebab itu, sebelum pergi berlibur ke luar negeri hendaknya membuat visa terlebih dahulu.

3. Siapkan Kelengkapan Dokumen Identitas

Pada saat berlibur ke luar negeri, hal selanjutnya yang harus dipersiapkan ialah mempersiapkan kelengkapan dokumen identitas. Perlu diketahui bahwa dokumen identitas wajib dibawa pada saat berlibur ke luar negeri. Hal ini dikarenakan dokumen identitas bertujuan untuk memastikan asal negara seseorang.

Kelengkapan Dokumen Identitas
Kelengkapan Dokumen Identitas

Disarankan untuk memiliki salinan dokumen identitas tersebut berupa fotocopy dokumen identitas yang dibawa. Sehingga apabila sewaktu-waktu membutuhkan salinan dokumen identitas untuk diserahkan kepada pihak tertentu maka tidak akan mengalami kesulitan karena telah memiliki arsip dokumen tersebut. Selain itu, dapat pula menyimpan dokumen identitas dalam bentuk digital atau scan file di handphone.

4. Mencari Tahu Informasi Destinasi Negara Tujuan

Hal berikutnya yang perlu dipersiapkan ialah mencari tahu informasi destinasi negara tujuan, misalnya mencari tahu informasi seputar cuaca di negara tujuan. Karena dengan mengetahui informasi cuaca di negara tujuan kita bisa membawa dan menyesuaikan perlengkapan sesuai dengan cuaca di negara tujuan. Selain itu, hendaknya mengetahui seputar kebiasaan serta aturan yang tidak diperbolehkan untuk dilanggar di negara tujuan.

5. Persiapkan Koper dan Keperluan Barang Bawaan Anda

Sebelum pergi berlibur ke luar negeri, salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan adalah mempersiapkan koper dan keperluan barang bawaan. Hendaknya pastikan terlebih dahulu bahwa koper yang akan dibawa memiliki sistem penguncian yang aman serta muat untuk menampung barang bawaan. Selain itu, bawalah barang bawaan secukupnya. Karena membawa barang berlebihan akan memberatkan barang bawaan selama perjalanan.

6. Membawa Personal Adaptor

Perlu untuk diketahui bahwa setiap negara memiliki standar colokan listrik yang berbeda – beda. Oleh karena itu, apabila berencana untuk berlibur ke luar negeri hendaknya membawa personal adaptor. Hal ini bertujuan supaya tidak kerepotan pada saat hendak mengisi daya ponsel.

7. Persiapkan Itinerary atau Rencana Kegiatan

Ketika berencana pergi berlibur ke luar negeri dan tidak menggunakan jasa travel, maka sebaiknya mempersiapkan itinerary atau rencana kegiatan berlibur ke kawasan yang akan dikunjungi. Pada saat menyusun itinerary, hendaknya setiap destinasi itu runtut dan sesuai dengan alur jauh dekatnya dengan lokasi penginapan supaya biaya transportasinya lebih hemat. Walaupun terlihat sepele, hendaknya hal ini tak dilewatkan karena akan berpengaruh terhadap jalannya liburan yang akan dijalani.

8. Siapkan Anggaran yang Cukup

Kelengkapan Dokumen Identitas
Kelengkapan Dokumen Identitas

Persiapan selanjutnya yang harus dilakukan pada saat berencana berlibur ke luar negeri adalah mempersiapkan anggaran yang cukup. Kita dapat membuat gambaran berapa lama waktu untuk berlibur ke luar negeri. Kemudian Cari informasi seputar biaya hidup di negara tujuan seperti biaya penginapan transportasi, makan, wisata, dll. Hendaknya Tak lupa untuk mempersiapkan dana darurat atau dana tak terduga. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi suatu hal saat pergi berlibur dan membutuhkan biaya.

9. Pilih Agen Tour Travel yang Handal dan Terpercaya

Apabila berencana berlibur ke luar negeri menggunakan jasa travel, hendaknya pastikan bahwa jasa travel yang dipilih memiliki reputasi yang baik yakni professional dan terpercaya. Sehingga, dengan begitu akan terhindar dari kesan liburan yang berantakan. Jasa travel yang handal dan terpercaya biasanya akan memberikan informasi yang detail seputar destinasi wisata yang diminati termasuk menjelaskan ketentuan serta aturan yang berlaku di negara tujuan. Sehingga dengan berlibur menggunakan jasa travel yang handal dan terpercaya, maka kesan yang didapat selama liburan akan istimewa dan tentunya menambah wawasan baru. Tour Aqsa Jordan Mesir

10. Pastikan Kondisi Kesehatan yang Prima

Persiapan yang tak kalah penting sebelum berlibur ke luar negeri adalah memastikan bahwa kondisi kesehatan dalam keadaan prima. Persiapan yang dapat dilakukan sebelum berlibur ke luar negeri untuk menjaga fisik yang prima adalah dengan cara berolahraga, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang serta istirahat yang cukup. Dengan begitu, dipastikan kondisi kesehatan akan terjaga selama liburan ke luar negeri.

Inilah sekilas informasi seputar informasi penting yang harus dipersiapkan sebelum berlibur ke luar negeri. Semoga informasi ini dapat membantu bagi yang berencana berlibur ke luar negeri. Selamat mempersiapkan liburan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *