Mengenal Sejarah Warisan Dunia Petra

Mengenal Sejarah Warisan Dunia Petra

Mengenal Sejarah Warisan Dunia Petra

Mengenal Sejarah Warisan Dunia Petra
Mengenal Sejarah Warisan Dunia Petra

Bukan rahasia umum lagi bila biaya Tour Aqsa cukup terjangkau, mau ke mana saja pasti memberikan angka paling menarik? Termasuk perjalanan ke Petra, sebuah warisan dunia asal Jordania.

Sebelum berkunjung ke sana, tidak ada salahnya membaca sekilas dan mengenal Sejarah Warisan Dunia Petra terlebih dulu, Ceritanya cukup menarik, karena sudah diakui oleh UNESCO sejak tahun 1985.

Tetapi, peresmiannya baru dilaksanakan bersamaan dengan penetapan 7 keajaiban dunia pada tahun 2007. Hal itu terjadi akibat prosesnya yang panjang. Selama puluhan tahun tersebut dukungan terus mengalir.

Cerita Sejarah Mengenai Petra

Ada banyak pertanyaan dari seluruh wisatawan mengapa kami merekomendasikannya? Selain harga Tour Aqsa yang terjangkau karena penuh dengan fasilitas. Lokasi ini cukup menarik dan membuat Sahabat Tour Aqsa kagum.

Sangat instagramable, jadi siapkan kameranya untuk mengabadikan beberapa momen menarik di sini. Bisa dibayangkan lokasinya berada dalam cekungan berbagai sisi pengunjung bisa melihat pegunungan, menengok ke sisi timur ada lembah.

Namanya adalah lembah Arabah, membentang luas dari Laut Mati sampai Teluk Aqaba. Pemandangan utamanya juga tidak kalah menarik, ada sebuah bangunan mewah seperti istana dengan warna merah.

Sebelum menjadi seperti ini, Petra dikenal dengan nama Raqmu, merupakan kawasan kota kuno di Jordania. Menurut catatan pendiriannya sekitar tahun 312 Masehi. Dulunya pernah dijadikan sebagai ibu kota Arab Nabeteans.

Para penduduknya adalah bangsa nabeteans, sudah menghuni lokasi tersebut sekitar 7000 SM. Beberapa arkeolog melalui penelitiannya juga menemukan sebuah bukti mengenai kehidupan mereka sudah ada sejak tahun kedua SM.

Bila ditarik lagi ke belakang, Suku ini merupakan penduduk Aran hanya saja hidupnya secara nomaden. Mereka pergi ke kawasan Petra untuk berdagang, karena waktu itu kawasan ini merupakan pusatnya.

Nabateans menjalin kerja sama dengan kerajaan Romawi dan hal itu berlangsung cukup lama. Hanya saja pada tahun 106 Masehi mereka harus rela menyerahkan kerajaannya untuk Romawi.

Kemudian merubahnya menjadi Arabia Petraea, pada masa ini perdagangan sangat pesat dan menjadi kota terpenting. Tetapi, semua itu runtuh setelah jalur laut mulai digunakan sebagai sebuah alternatif.

Sejarah Warisan Dunia Petra

Dalam perjalanan paket Tour Aqsa, Sahabat Tour Aqsa bisa menikmati cerita lain di mana kondisi kawasannya semakin parah semenjak terjadinya gempa bumi dahsyat pada tahun 363 masehi banyak yang hancur.

Pada zaman Byzantium, berbagai gereja dibangun. Setelah lengser dan era kejayaan Islam mulai tumbuh, kawasan tersebut ternyata ditinggalkan dan terpinggirkan. Hingga akhirnya pada tahun 1812 Johan Ludwig Burckhardt menemukannya.

Johan tidak menemukannya sendiri, tetapi penjelajah tersebut bersama dengan pelaut dari Swiss. Salah satu alasan mengapa menjadi salah satu warisan dunia adalah penduduknya sudah maju dan modern.

Mereka menggunakan berbagai teknologi, salah satu yang paling terlihat adalah sudah memanfaatkan pompa hidrolik. Di mana penggunaannya digunakan untuk kehidupan sehari-hari, hal tersebut membuat seluruh masyarakat senang.

Dengan harga Tour Aqsa yang terjangkau, memungkinkan sahabat Tour Aqsa  menjelajah setiap bangunannya. Harus diakui kemegahannya tidak pernah luntur dari waktu ke waktu. Walau 10 tahun lagi tetap saja keren.

Semuanya terlihat begitu mengesankan, maka dari itu kamera adalah alat paling penting. Tidak perlu DSLR, cukup handphone saja dengan resolusi cukup. Kami siap membantu Sahabat Tour Aqsa mengarahkan berbagai gaya.

Pasti hasilnya sangat mengesankan, tidak heran bila berbagai pengunjung ingin datang ke sini. Walaupun tidak ada hubungannya dengan Makkah atau Madinah, Namun keinginan wisatawan untuk berkunjung tetap tinggi.

Di Mana Lokasi Petra?

Mengenal Sejarah Warisan Dunia Petra juga harus mengetahui dulu di mana lokasinya. Diapit oleh Jabal atau Gunung Harun yang mempunyai ketinggian kurang lebih 1350 meter, dan jadi makam Nabi Harun.

Dalam agama islam dan cerita masyarakat sekitar, Nabi Harun merupakan saudara Nabi Musa, musuh mereka adalah Raja Firaun. Keduanya saling berkolaborasi satu sama lain saat berdakwah menyebarkan ajaran Allah.

Tidak heran bila Petra kaitannya sangat erat dan kuat terhadap umat islam. Apalagi ada masjid dengan kubah putih yang dibangun didekat Jabal Harun, konon tempat peribadatan tersebut adalah rumah.

Masjid berubah putih ini juga disangkutpautkan dengan hilangnya Petra dari peradaban selama beberapa abad. Sebelum ditemukan oleh Ludwig. Hanya saja bukti yang menghubungkan cerita itu tidak ada.

Entah hilang atau memang sejak awal para arkeolog sulit menemukannya. Walaupun pada saat menemukannya, Penduduk sekitar memakai pakaian adat Baduin, sayang penjelasan mengenai bagaimana masih belum jelas.

Bukti yang seharusnya ada memang tidak ada, tetapi semua orang termasuk wisatawan yang berkunjung paham dan menyakini benar Petra masih ada hubungannya dengan umat islam terutama, tentang Nabi Harun.

Bangunan Megah Petra yang Mengesankan

Bangunan ini merupakan sebuah taman bebatuan terlihat ada sebuah makam, biara, istana, serta kuil yang persembahan dari kepercayaan Paganisme. Harus diakui bahwa, arsitekturnya terasa mewah dan  berdecak kagum.

Rasanya arsitek zaman sekarang akan sulit menyamai karya megah tersebut, karena seluruh bangunan itu di buat dari batu pasir. Jika dilihat dari modelnya tampak sekali seperti bangunan khas timur tengah.

Dalam arsitektur tersebut memang memanjakan mata, tetapi tidak cukup sampai disitu saja. Semuanya mempunyai sebuah cerita walau sampai saat ini masih belum ada bukti yang dapat menjelaskannya.

Para arkeolog mengaku kesulitan untuk mengungkap apa saja peninggalan yang ada di sini. Karena terlalu lama tertimbun. Coba saja bayangkan, 5 abad seluruh peninggalannya seakan terkubur di bawah.

Jadi, sekitar 85% kemungkinan masih ada di dalam tanah. Andai bisa terungkap semua, pasti menjadi sebuah harta karun yang mengesankan. Terutama, bagi umat muslim, karena sejarahnya begitu erat.

Bila semua penemuan itu dapat ditemukan, maka besar kemungkinan para arkeolog mampu mengungkap dengan lebih detail dan jelas mengenai suku Nabateans. Mereka penduduk dengan tingkat kemampuan tinggi.

Apa yang dibuatnya di masa lalu dapat menjadi bukti nyata, bahwa suku ini memang menjadi penghuni tetap. Bahkan, termasuk peran penting dalam berbagai momen dan kondisi di kawasan jazirah Arab.

Hubungi Tour Aqsa by Stutours Sekarang Juga untuk Menemani Perjalanan

Mengunjungi Petra merupakan pilihan terbaik bagi seluruh wisatawan, bangunan megahnya seakan sayang untuk dilewatkan begitu saja.  Hasil dari berbagai foto para pengunjung juga bagus dan mengesankan.

Sahabat Tour Aqsa pasti senang karena mendapatkan banyak like serta komentar positif di media sosial. Oleh karena itu, langsung saja daftar paket Tour Aqsa yang menyarankan kawasan ini sebagai inspirasi.

Kami mempunyai berbagai  fasilitas sekaligus promo terbaik. Bisa berangkat setiap bulan dengan akomodasi serta transportasi bukan sembarangan sangat nyaman dan sudah AC. Bahkan, mempunyai tour guide berpengalaman serta profesional.

Untuk syarat dan ketentuan berlaku lainnya langsung saja hubung customer service Tour Aqsa yang siap 24 jam penuh. Semuanya akan dijelaskan, apalagi customer service mereka sangat ramah.

Melihat sejarah warisan dunia Petra memang menyenangkan, ada banyak spot terbaik dan beberapa ilmu dapat dipelajari. Cobalah ke tempat ini, dengan biaya Tour Aqsa terjangkau rasakan bagaimana kemegahannya. tour aqsa jordan mesir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *