Kisah Masjidil Aqsa yang Mengesankan Hati

2 min read

Kisah Masjidil Aqsa yang Mengesankan Hati

Kisah Masjidil Aqsa yang Mengesankan Hati

kisah Masjidil Aqsa
kisah Masjidil Aqsa

Kisah Masjidil Aqsa menjadi salah satu hal paling diminati oleh wisatawan, ketika berkunjung ke Negeri Mesir. Terletak di kota Palestina, bangunan ini menjadi tempat suci oleh umat Islam, Yahudi dan Kristen di seluruh dunia.

Berdasarkan hadis Bukhari Muslim, tempat ini merupakan masjid kedua yang di muka bumi. Sebagai bangunan berusia tua dan penting, banyak wisatawan yang berziarah. Travel Tour Aqsa siap mengantarkan mitra, mengunjungi tempat bersejarah kota Palestina ini

Riwayat Masjidil Aqsa dimaknai sebagai perjalanan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Peristiwa ini diperingati sebagai perjalanan suci dan menjadi tanda kekuasaan Allah SWT. Rasulullah memiliki kesempatan bertemu dengan Allah secara langsung di surga.

Isra merupakan perjalanan Rasulullah dari Masjidil Haram menuju Masjid Al Aqsa. Lanjut menuju sidratul muntaha disebut sebagai Miraj. Riwayat Masjidil Aqsa  sebagai momen menyedihkan, di mana Rasulullah ditinggalkan oleh dua orang paling dicintai.

Sebagai Kisah Masjidil Aqsa yang Mengesankan Hati, banyak sejarah terjadi di kota Palestina. Juga diwarnai dengan konflik yang menambah catatan panjang kisah di dalamnya. Menarik sebagai tambahan wawasan mitra muslim dalam mempelajari sejarah Islam. Tour Aqsa Jordan Mesir

Kisah Masjidil Aqsa : Sejarah Menurut Islam

Menurut kisah Masjidil Aqsa, pondasinya telah terletak di muka bumi oleh Allah sejak zaman Nabi Adam. Pembangunannya dilakukan secara turun temurun oleh nabi-nabi khusus, yang diutus Allah pada Bani Israil.

Masjid ini dibangun kembali pada pondasinya oleh Nabi Yakub bin Ishaq, cucu dari Nabi Ibrahim. Dilanjutkan pembangunannya oleh keturunan berikutnya yakni Nabi Daud. Dan diperbaharui kembali oleh Nabi Sulaiman, putra Nabi Daud.

Menurut kepercayaan Yahudi, Riwayat Masjidil Aqsa dipercaya menjadi tempat berdirinya bait suci pada zaman dahulu. Bait suci pertama dibangun oleh Sulaiman (Salomo), putra Daud (Dawud) yang kemudian hancur oleh Babilonia.

Bait suci kedua dibangun pada tahun 516 SM dan hancur oleh kekaisaran Romawi tahun 70 M. Umat Yahudi dan Kristen percaya bahwa di tempat ini peristiwa Ibrahim (Abraham), hendak menyembelih putranya Ishak terjadi.

Kisah Masjidil Aqsa terlihat pada masa Dinasti Umayyah, para khalifah melakukan pembangunan yang masih bertahan hingga saat ini. Salah satunya adalah Jami Al Aqsa dan Kubah Shakhrah, sebagai bangunan Islam tertua dunia yang diselesaikan pada tahun 692 M.

Pada masa Salahuddin Al Ayyubi, umat Islam mengelola sebagai waqaf tanpa gangguan hingga terjadi pendudukan Israel atas Yerusalem pada tahun 1967. Inilah permasalahan utama konflik Arab-Israel, baik Israel dan Palestina mengklaim sebagai pihak paling berhak atas Masjid ini.

Isra Miraj dan Kisah Kesedihan Rasulullah

Peristiwa Isra Mi’raj terjadi saat Rasulullah mengalami suasana berkabung. Pada tahun ke 10 atau 11 masa kenabian, dikenal sebagai tahun kesedihan atau Amul Huzni. Riwayat Masjidil Aqsa berkaitan erat dengan peristiwa sebelum Nabi melakukan hijrah dari Mekah ke Madinah.

Ada beberapa hal yang saat itu membuat Rasulullah sangat bersedih. Yakni meninggalnya Khadijah sang Istri, yang selama hidup selalu mendukung perjuanga dakwahnya. Dan Abu Thalib sang paman, juga meninggal pada tahun yang sama.

Riwayat Masjidil Aqsa merekam bagaimana Rasulullah mengingat momen, bagaimana pamannya mengasuh dan menyayanginya sejak kecil seperti anak sendiri. Nabi Muhammad mengingat bagaimana perlindungan kuat pamannya ketika ada yang mengganggu beliau.

Selain itu situasi masyarakat Islam di Mekkah juga sedang mengalami embargo ekonomi sosial. Sehingga akses ekonomi ditutup oleh pemegang kekuasaan di Mekkah. Dengan berbagai peristiwa tersebut, Allah menghibur Rasulullah melalui Isra Miraj.

Demikian Kisah Masjidil Aqsa yang Mengesankan Hati khususnya Umat Islam di seluruh dunia. Mitra muslim dapat mengunjungi bersama Travel Tour Aqsa atau mengakses kami di touraqsa.com. Sampai jumpa pada informasi dan kisah menarik lainnya.