Jangan Terlewat, Mengenal Sejarah Singkat Masjid Al-Aqsa

Jangan Terlewat, Mengenal Sejarah Singkat Masjid Al-Aqsa

Jangan Terlewat, Mengenal Sejarah Singkat Masjid Al-Aqsa

Jangan Terlewat, Mengenal Sejarah Singkat Masjid Al-Aqsa
Jangan Terlewat, Mengenal Sejarah Singkat Masjid Al-Aqsa

Salah satu kawasan bersejarah yang meninggalkan kisah istimewa yang masih dikenang hingga kini ialah kawasan Masjid Al-Aqsa. Tentunya Sahabat Tour Aqsa mengetahui bahwa kini kawasan Al-Aqsa menjadi destinasi wisata bagi umat muslim yang tak pernah sepi pengunjung. Bahkan, sebagian besar umat muslim berkeinginan dapat berkunjung ke kawasan Al-Aqsa karena adanya peristiwa istimewa yang terjadi di Al-Aqsa. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin mengetahui informasi seputar sejarah singkat Masjid Al-Aqsa, yuk simak informasi berikut ini. Tour Aqsa

Sejarah Singkat Masjid Al-Aqsa

Sejarah Singkat Masjid Al-Aqsa

Masjid Al-Aqsa merupakan sebuah kawasan yang suci bagi umat muslim yang luasnya sekitar 144.000 meter. Perlu diketahui bahwa Masjid Al-Aqsa merupakan nama dari kawasan kompleks tersebut yang tak hanya terdiri dari satu bangunan saja, namun terdapat beberapa bangunan di kawasan tersebut. Sejarah singkat Masjid Al-aqsa menyatakan bahwasannya di Masjid Al Aqsa inilah Nabi Muhammad mendapatkan perintah dari Allah yang dikenal dengan peristiwa Isra Miraj. Di masjid ini pula menjadi kiblat pertama umat muslim di generasi awal sampai tujuh belas bulan setelah hijrah dan kemudian arah kiblat dialihkan ke Ka’bah di Masjidil Haram.

Penamaan Masjid Al-aqsa ini tersirat dalam Al – Qur’an pada surat Al – Isra ayat 1 yang menjelaskan seputar Isra Miraj Nabi Muhammad Saw bahwasannya

“Maha suci Allah yang telah memperjalankan hambaNya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah kami terkait keliling yang akan kamu perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda – tanda kebesaran kami. SesungguhNya Dia maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al – Isra : 1)

Selain itu, Masjid Al-aqsa juga dikenal sebagai Baitul Maqdis atau yang disebut dengan kota suci. Diketahui bahwa pondasi telah diletakkan Allah di bumi pada saat adanya Nabi Adam. Dan pada saat pembangunannya dilanjutkan secara turun-temurun oleh para Nabi khususnya yang diutus oleh Bani Israil. Kemudian, Masjid Al-aqsa dibangun kembali pondasinya oleh cucu Nabi Ibrahim yaitu Nabi Yaqub dan Nabi Ishaq. Lalu dilanjutkan dengan keturunan berikutnya yakni Nabi Daud. Selanjutnya, bangunan Masjid Al-aqsa diperbarui kembali oleh Nabi Sulaiman AS.

Beberapa Hal Tentang Masjid Al-Aqsa yang Jarang Diketahui :

1. Kiblat Umat Muslim Pertama

Salah satu hal yang perlu diketahui oleh umat muslim ialah bahwa Masjid Al-aqsa pernah menjadi kiblat pertama umat muslim dalam melaksanakan ibadah. Sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, diketahui bahwa Nabi Muhammad Saw shalat menghadap ke arah Masjid Al-aqsa. Kemudian, Nabi Muhammad Saw menjalani peristiwa Isra Miraj dan mendapat perintah dari Allah Swt untuk melaksanakan sholat lima waktu dengan arah kiblat ke arah Ka’bah di Masjidil Haram.

Hal ini tersirat dalam Surat Al – Baqarah ayat 44 bahwasannya “Sungguh Kami sering melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke arah kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang – orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al – Kitab (Taurat dan Injil) memamg mengetahui bahwasannya berpaling le Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya dan Allah sekali-kali tidak lengah dengan apa yang dikerjakan.” (QS. Al – Baqarah 2 : 44)

Dari peristiwa inilah, Nabi Muhammad Saw memulai untuk melakukan dakwah dan menyerukan seputar perintah sholat lima waktu yang menghadap ke Ka’bah. Walaupun pada awalnya dilakukan secara sembunyi-sembunyi, kemudian Allah memberi perintah kepada Nabi Muhammad Saw untuk menyampaikan kepada umatnya secara terang-terangan.

2. Satu-satunya masjid selain Ka’bah

Sahabat Tour Aqsa perlu mengetahui bahwa Masjid Al-aqsa merupakan salah satu masjid selain Ka’bah. Hal ini tersirat dalam Surat Al – Isra ayat 1 yang artinya “Maha Suci (Allah) yang telah memperjalankan hambaNya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda kebesaran Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.” (QS. Al – Isra : 1)

3. Tempat Berpijaknya Nabi Muhammad SAW saat Isra Mi’raj

Hal selanjutnya yang perlu untuk diketahui ialah bahwa Masjid Al-aqsa menjadi tempat berpijaknya Nabi Muhammad Saw pada saat peristiwa Isra Miraj. Di Masjid Al-aqsa inilah Nabi Muhammad mendapatkan wahyu untuk menjalankan perinta shalat 5 waktu. Diketahui sebelum naik ke Sidratul Muntaha, Nabi Muhammad Saw sempat mendirikan shalat 2 rakaat di masjid ini.

Hal ini tersirat dalam hadist riwayat Muslim bahwasannya “Aku telah didatangi Buraq yaitu seekor binatang berwarna putih, lebih besar dari keledai tetapi lebih kecil dari bighal. Ia merendahkan tubuhnya sehingga perut buraq tersebut mencapai ujungnya. Maka aku segera menungganginya sehingga sampai ke Baitul Maqdis. Kemudian aku mengikatnya pada tiang masjid sebagaimana yang biasa dilakukan oleh para Nabi. Kemudian aku masuk ke dalam masjid dan mendirikan shalat sebanyak dua rakaat. Setelah selesai aku keluar.” (HR. Muslim)

4. Tidak Hanya Satu Masjid di Al-Aqsa

Sahabat Tour Aqsa perlu mengetahui bahwasannya Masjid Al-aqsa merupakan kawasan yang tak hanya terdiri dari satu masjid saja. Karena di kawasan Masjid Al-aqsa ini terdapat beberapa bangunan Masjid. Di bagian selatan terdapat masjid yang dikenal dengan sebutan Masjid Qibli yang disebut demikian karena letaknya paling dekat dengan arah kiblat. Kemudian masjid lainnya ialah Masjid Buraq, Mushalla al – Marwani dan lain sebagainya. Walaupun begitu, semua bangunan tersebut dianggap sebagai kawasan Masjid Al-aqsa.

5. Tempat Pemakaman Para nabi

Diketahui bahwa kawasan Masjid Al-aqsa menjadi tempat pemakaman para Nabi. Akan tetapi, tidak diketahui informasi detail perihal berapa jumlah Nabi ataupun Sahabat Nabi yang dimakamkan di kawasan Al-aqsa ini. Di dalam sejarah Nabi Sulaiman diketahui bahwa Nabi Sulaiman dimakamkan di kawasan Masjid Al-aqsa. Hal ini karena pada saat ini Nabi Sulaiman sedang mengawasi pembangunan kawasan Masjid Al-aqsa. Oleh karena itu, pada saat Nabi Sulaiman wafat dimakamkan di kawasan Masjid Al-aqsa. Tour Aqsa Jordan Mesir

Demikianlah informasi seputar sejarah singkat Masjid Al-aqsa. Semoga informasi bermanfaat bagi Sahabat Tour Aqsa yang berkeinginan untuk berlibur ke kawasan Al-aqsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *