Masya Allah, Inilah Beberapa Keistimewaan Masjid Al-Aqsha

Masya Allah, Inilah Beberapa Keistimewaan Masjid Al-Aqsha

Masya Allah, Inilah Beberapa Keistimewaan Masjid Al-Aqsha

Masya Allah, Inilah Beberapa Keistimewaan Masjid Al-Aqsha
Masya Allah, Inilah Beberapa Keistimewaan Masjid Al-Aqsha

Masjid Al-aqsha merupakan salah satu kawasan yang kini menjadi daya tarik bagi wisatawan muslim. Perlu diketahui bahwa tak sedikit dari umat muslim berkeinginan untuk berkunjung ke kawasan Masjid Al-aqsha ini. Tentunya daya tarik Masjid Al-aqsha tak lepas dari sejarah di masa lalunya dan juga keistimewaannya Masjid Al-aqsha. Karena Masjid Al-aqsha merupakan masjid kedua yang ada di bumi setelah Masjidil Haram.

Oleh karena itu, Masjid Al-aqsha ini menjadi saksi bisu atas segala peristiwa yang pernah terjadi dan kisahnya masih dikenang hingga kini. Banyak sekali keistimewaan yang ada pada Masjid Al-aqsha. Bagi Sahabat Tour Aqsha yang ingin mengetahui informasi seputar keistimewaan Al-aqsha, yuk simak informasi berikut ini. Tour Aqsa

Pengertian Masjid Al-aqsha

Masjid Al-aqsha ialah sebuah kompleks yang ada di Kota Yerusalem dan sering disebut dengan Baitul Maqdis. Secara bahasa, kata Al-aqsha berarti “yang paling jauh”. Hal ini dikarenakan Masjid Al-aqsa menjadi masjid yang terletak paling jauh dari Masjidil Haram. Diketahui bahwa jarak Masjid Al-aqsha dengan Masjidil Haram sekitar 1.500 km yakni membutuhkan waktu perjalanan sekitar 40 hari lamanya apabila ditempuh dengan naik unta ataupun kuda.

Fakta-fakta yang menarik tentang Masjid Al-aqsha

Fakta-fakta yang menarik tentang Masjid Al-aqsha

Masjid Al-aqsha merupakan salah satu situs suci dan bersejarah bagi umat islam. Oleh karena itu, banyak sekali fakta-fakta menarik seputar Masjid Al-aqsha yang perlu Sahabat Tour Aqsha ketahui. Apa saja fakta-faktanya? Yuk simak informasi berikut ini.

1. Kiblat Pertama Bagi Umat Islam

Fakta menarik Masjid Al-aqsha sekaligus menjadi keistimewaan ialah Masjid Al-aqsha merupakan kiblat pertama bagi umat islam. Sebelum Nabi Muhammad Saw hijrah ke Madinah, diketahui bahwa Nabi Muhammad Saw melaksanakan shalat dengan menghadap ke Masjid Al-aqsha. Kemudian, setelah Nabi Muhammad Saw menjalankan peristiwa Isra Miraj, Nabi Muhammad Saw mendapatkan wahyu dari Allah Swt berupa perintah untuk melaksanakan shalat lima waktu dengan menghadap ke Ka’bah. Setelah terjadinya peristiwa Isra Miraj ini, Nabi Muhammad Saw mulai berdakwah untuk menyampaikan perintah pelaksanaan shalat lima waktu dan menghadap ke Ka’bah. Tour Aqsa Jordan Mesir

2. Masjid Kedua yang Diletakan Allah di Bumi

Fakta menarik selanjutnya dan menjadi keistimewaan Masjid Al – Aqsha juga ialah Masjid Al – Aqsha menjadi masjid kedua yang ada di bumi. Masjid Al – Aqsha menjadi masjid kedua yang diletakkan Allah di bumi setelah Masjidil Haram yang berada di Makkah. Diketahui bahwa masjid Al – Aqsha ini sudah ada sejak Nabi Adam. Kemudian, Masjid ini dibangun secara turun – temurun oleh Nabi – Nabi berikutnya dan khususnya Nabi yang diutus oleh Bani Israil. Setelah, Nabi Yaqub lalu dilanjutkan dengan keturunan berikutnya yakni Nabi Daud. HIngga kemudian diperbarui lagi oleh putra Nabi Daud yakni Nabi Sulaiman.

3. Shalat di Masjid Al-aqsha Lebih Utama

Perlu Sahabat Tour Aqsha ketahui bahwa shalat di Masjid Al-aqsha lebih utama loh. Diketahui bahwa istimewanya shalat di Masjid Al-aqsha ini ialah mengerjakan shalat di Masjid Al-aqsha memiliki keutamaan 1000 kali lipat dibandingkan shalat di masjid lainnya. Hal ini tersirat dalam Hadits riwayat Ahmad bahwasannya “Sesungguhnya Maimunah pembantu Nabi berkata bahwasannya “Ya Nabiyallah, berilah kami fatwa tentang Baitul Maqdis”. Maka Nabi Rasulullah Saw menjawab, “Bumi tempat bertebaran dan berkumpul. Datangilah ia, maka shalatlah di dalamnya, karena sesungguhnya shalat di dalamnya seperti seribu kali shalat dari shalat di tempat lain.” (HR. Ahmad)

4. Tempat Ziarah yang Dianjurkan Rasalullah

Tempat Ziarah yang Dianjurkan Rasalullah
Tempat Ziarah yang Dianjurkan Rasalullah

Fakta amenarik dan keistimewaan Masjid Al-qsha berikutnya ialah menjadi tempat ziarah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Saw. Dalam Hadist Riwayat Muslim disebutkan, Nabi Muhammad Saw bersabda bahwasannya Masjid Al-aqsha menjadi tempat yang perlu dikunjungi setelah Masjidil Haram yang ada di Makkah dan Masjid Nabawi yang ada di Madinah. Hadist tersebut berbunyi :

“Tidak dikerahkan melakukan suatu perjalanan kecuali menuju tiga masjid yaitu Masjid Al – Haram (di Makkah) dan Masjidku (Masjid An – Nabawi di Madinah) dan Masjid Al – Aqsha (di Palestina).” (HR. Muslim)

5. Tempat Singgah Rasalullah

Sahabat Tour Aqsha perlu mengetahui bahwa fakta menarik dan keistimewaan Masjid Al-aqsha selanjutnya ialah menjadi tempat singgah Nabi Muhammad Saw setelah melakukan perjalanan dari Masjidil Haram, Makkah. Di Masjid Al-aqsha inilah Nabi Muhammad Saw diberi wahyu oleh Allah Swt untuk menjalankan perintah shalat lima waktu. Dan di Masjid Al-aqsha ini pula Nabi Muhammad Saw diangkat ke Sidratul Muntaha.

6. Doa dan Permohonan Nabi Sulaeman

Fakta menarik dan keistimewaan Masjid Al-aqsha berikutnya ialah doa dan permohonan Nabi Sulaiman yang turut memperbaiki serta memperbarui bangunan Masjid Al-aqsha ini. Diketahui bahwa Nabi Sulaiman pernah memohon kepada Allah dan mengajukan tiga permohonan diantaranya meminta kepada Allah Swt agar diberikan taufiq dalam memutuskan hukum yang menepati hukumNya, lalu dikabulkan.

Selanjutnya, Nabi Sulaiman meminta kepada Allah Swt untuk dianugerahi kerajaan yang tak patut diberikan kepada seseorang setelahnya, lalu dikabulkan. Kemudian yang terakhir Nabi Sulaiman memohon kepada Allah Swt apabila selesai membangun masjid agar tak ada seorang pun yang berkeinginan shalat disitu, kecuali agar dikeluarkan kesalahannya seperti hari ia dilahirkan di dunia.

Inilah sekilas informasi seputar beberapa keistimewaan Masjid Al-aqsha yang perlu untuk diketahui Sahabat Tour Aqsha sebagai umat muslim. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi Sahabat Tour Aqsha yang membaca ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *