Minuman Khas Mesir yang Paling Populer yang Menyegarkan

3 min read

Minuman Khas Mesir yang Paling Populer yang Menyegarkan

Minuman Khas Mesir yang Paling Populer yang Menyegarkan

Perlu umat muslim ketahui bahwa Mesir merupakan negara yang memiliki empat musim. Pada saat musim dingin diketahui akan terasa sangat dingin. Begitu pula, pada saat musim panas yang akan sangat panas. Hal inilah yang mendasari bahwa orang Mesir menyukai minuman, khususnya minuman yang terdapat rasa-rasa. Oleh karena itu, Mesir memiliki beberapa minuman khas yang bahkan minuman tersebut selalu hadir dan di minum di musim tertentu. Bagi Sahabat Tour Mesir yang ingin mengetahui apa saja minuman khas Mesir yang paling populer, yuk simak informasi berikut ini.

Minuman Khas Mesir yang Paling Populer yang Menyegarkan
Minuman Khas Mesir yang Paling Populer yang Menyegarkan

1. Kurma dan Susu

Kurma susu menjadi salah satu minuman khas Mesir yang amat populer. Tentunya umat muslim sudah sangat familiar dengan minuman khas yang satu ini, terlebih bahan yang digunakan pun amat mudah ditemukan yakni kurma dan susu. Perlu diketahui bahwa sebelum disajikan, biasanya kurma direndam terlebih dahulu dalam susu selama kurang lebih semalam. Dengan begitu, sari kurma akan menyatu dengan susu.

2. Sahlab

Sahlab
Sahlab

Sahlab merupakan salah satu minuman susu panas yang diolah dengan tambahan campuran rempah yang terdiri dari bunga anggrek, bunga mawar, kayu manis, kelapa kering dan kacang pistachio. Caranya menyeduhnya ialah seluruh bahan tersebut disatukan di dalam satu wadah dalam kondisi keadaan panas. Sahabat Tour Mesir juga dapat menemukan Sahlab di beberapa negara di kawasan Timur Tengah. Walaupun sekilas terlihat sederhana, namun Sahlab mengandung manfaat yang amat baik bagi kesehatan tubuh.

3. Tamar Hindi

Minuman khas Mesir selanjutnya ialah Tamar Hindi. Tamar Hindi merupakan minuman khas dengan perpaduan antara asam jawa dengan cairan gula. Perpaduan antara asam jawa dengan gula inilah yang membuat minuman ini terasa amat menyegarkan. Namun perlu diketahui bahwa minuman ini tak dapat disajikan dengan instan dikarenakan perlu memerlukan waktu dan proses setidaknya semalam untuk membuatnya. Hal ini agar asam dan gula dapat menyatu dengan sempurna, sehingga rasa yang dihasilkan semakin nikmat.

4. Sobia

Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa Sobia menjadi salah satu minuman dingin berbahan dasar beras. Sobia ini menjadi salah satu minuman khas Mesir yang menjadi favorit bagi anak – anak Mesir. Minuman khas ini dalam proses pembuatannya tergolong mudah karena bahan dasarnya mudah ditemukan, karena bahan dasarnya hanya terbuat dari beras yang direndam selama satu malam kemudian ditambahkan dengan bubuk kelapa.Seperti halnya minuman khas Mesir lainnya, minuman Sobia ini disajikan dalam keadaan dingin dan apabila dijual biasanya menggunakan kantong plastik.

5. Khoshaf

Khosaf dapat dibilang sejenis dengan salad buah yang ada di Indonesia. Namun, bedanya adalah khosaf berbahan dasar dari buah – buahan kering seperti aprikot, kismis, kurma dan ara. Biasanya sebelum dinikmati, buah – buahan tersebut direbus terlebih dahulu menggunakan air panas dan selanjutnya ditambahkan gula dan air mawar. Setelah bahan tercampur menjadi satu, selanjutnya minuman ini didinginkan di lemari pendingin atau kulkas.

6. Qamar El Din

Qamar El Din

Qamar El Din merupakan salah satu minuman khas Mesir yang bahan dasarnya berupa buah aprikot yang dicampur dengan air teh mawar yang ditambahkan gula. Minuman khas yang satu ini memiliki penampilan yang menarik, karena warnanya sekilas seperti jus mangga yakni berwarna kuning yang dihasilkan dari buah aprikot.

7. Qasab

Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa Qasab dalam bahasa Indonesia berarti tebu. Diketahui bahwa negara Mesir merupakan salah satu negara dengan penghasil tebu terbesar di dunia yang diperkirakan sebanyak 2,2 juta ton per tahunnya. Minuman khas Mesir ini tak jauh beda dengan es tebu yang dijual di Indonesia yang cara pembuatannya dengan memeras air dari batang tebu lalu ditambahkan es untuk menambah kesegarannya.

8. Jallab

Jallab menjadi salah satu minuman khas Mesir yang berbahan dasar Kurma. Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa minuman ini tak hanya terkenal di Mesir saja, akan tetapi di negara – negara Timur Tengah lainnya juga. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat minuman khas Jallab ini ialah sirup kurma, air mawar dan molase anggur untuk menambahkan cita rasa dan aromanya.

9. Erk Soos

Tahukah Sahabat Tour Mesir bahwa dari sekian banyak minuman khas Mesir, erk soos menjadi salah satu minuman paling unik. Hal ini dikarenakan erk soos memiliki sejarah yang panjang dan tercatat dalam literatur bahwa minuman ini telah ada sejak zaman Babilonia. Pada masa kerajaan Babilonia diketahui bahwa meminum erk soos ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga stamina serta menjaga kebugaran tubuh.

Namun, pada masa Mesir Kuno minuman ini sudah tak dijadikan sebagai minuman kesehatan, melainkan menjadi minuman khusus persembahan dan ritual yang diperuntukkan bagi para dewa. Diketahui bahwa minuman erk soos ini hanya digemari oleh kalangan tua Mesir saja. Hal ini diketahui karena bahan dasar minuman ini ialah ekstrak liquorice atau akar manis yang memiliki cita rasa sedikit pahit.

10. Doum

Apabila dilihat sekilas, doum merupakan minuman Mesir yang tampilannya mirip dengan susu cokelat. Minuman Doum ini merupakan minuman yang berbahan dasar buah dzuriat yang memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh. Biasanya minuman khas Mesir yang satu ini disajikan dalam keadaan dingin.

11. Kharoub

Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa kharoub merupakan salah satu minuman berupa jus yang terbuat dari carob. Carob merupakan sebuah tanaman yang dikenal mirip dengan tanaman cocoa atau cokelat. Diketahui bahwa tanaman carob ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Cara membuatnya pun cukup mudah yakni rebus carob dengan gula selama 1 jam, kemudian setelah selesai direbus lakukan penyaringan. Setelah dilakukan penyaringan, sajikan dalam keadaan dingin.

12. Karkade

Karkade merupakan salah satu minuman khas yang berbahan dasar dari bunga Hibiscus atau di Indonesia dikenal dengan bunga rosella. Minuman khas Mesir yang satu ini diketahui kental dan memiliki cita rasa asam serta memiliki khasiat untuk tubuh yakni dapat menurunkan tekanan darah. Karkade ini dapat disajikan dalam bentuk dingin maupun panas.

Inilah sekilas informasi seputar minuman khas Mesir yang paling populer dan menyegarkan. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Sahabat Tour Mesir sekalian ya. Apabila nanti Sahabat Tour Mesir berlibur ke Mesir, Sahabat Tour Mesir dapat mencoba untuk mencicipi minuman khas Mesir sesuai rekomendasi diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.