Oleh-oleh Souvenir Tradisional Khas Mesir

Oleh-oleh Souvenir Tradisional Khas Mesir

Oleh-oleh Souvenir Tradisional Khas Mesir

Pada saat berlibur ke Mesir, tentunya banyak sekali destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Hal ini dikarenakan Mesir menjadi salah satu peradaban paling maju pada masanya yang meninggalkan banyak sekali peninggalan yang hingga kini masih berdiri kokoh. Oleh karena itu, tak sedikit dari umat muslim yang tertarik untuk berkunjung ke kawasan Mesir. Namun, perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa saat berlibur ke Mesir hendaknya tak sekedar berlibur saja. Akan tetapi, Sahabat Tour Mesir dapat membawa oleh-oleh Souvenir tradisional khas Mesir yang dapat Sahabat Tour Mesir beli pada saat berkunjung ke destinasi wisata di Mesir.

Oleh-oleh Pernak-pernik Khas Mesir yang Bisa Anda Beli
Oleh-oleh Pernak-pernik Khas Mesir yang Bisa Anda Beli

Beberapa jenis oleh-oleh souvenir tradisional khas Mesir yang dapat dibeli, antara lain :

1. Miniatur Piramida

Miniatur Piramida
Miniatur Piramida

Miniatur piramida menjadi salah satu oleh-oleh souvenir, karena Mesir merupakan negara yang dikenal identik dengan piramida. Miniatur piramida ini menjadi oleh-oleh khas Mesir yang banyak diburu oleh wisatawan. Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa miniatur piramida ini tak hanya menjadi sekedar kenang-kenangan saja, akan tetapi miniatur piramida ini biasanya juga digunakan sebagai hiasan untuk memperindah ruang tamu. Oleh-oleh miniatur piramida khas Mesir ini dapat Sahabat Tour Mesir dapatkan di toko souvenir kawasan Mesir dan oleh-oleh ini dapat menjadi referensi untuk dibeli bagi teman ataupun keluarga di Tanah Air. Tour Aqsa Jordan Mesir

2. Papyri

Papyri
Papyri

Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa papyri merupakan gulungan kertas Mesir Kuno. Tak banyak yang tahu bahwasannya kertas ini banyak diburu oleh para wisatawan yang digunakan sebagai oleh-oleh souvenir khas Mesir. Sejumlah kegunaan papyri diantaranya ialah untuk menulis, melukis dan bahkan dibuat menjadi tali. Bahan utama yang dibutuhkan untuk pembuatan papyri adalah tanaman papirus. Karena keunikannya dan khas, maka papyri ini dijual dengan harta yang cukup mahal. Diketahui bahwa satu lembar papyri dengan ukuran A4 dihargai sekitar Rp 180.000,-. Selain itu, Sahabat Tour Mesir juga dapat membeli papyri yang telah dilengkapi dengan nama sesuai request.

3. Galabeya Mesir

Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa Galabeya merupakan pakaian tradisional Mesir yang terdiri atas kain longgar, mirip dengan gaun. Walaupun Sahabat Tour Mesir tak menemukan yang memakainya di Ibukota, maka Sahabat Tour Mesir akan menemukan orang-orang yang berada di pedesaan serta sebagian besar wilayah di kawasan kota Kairo masih memakai galabeya Mesir ini. Diketahui bahwa desain serta gaya Galabeya berbeda-beda di setiap wilayahnya yang beberapa berwarna dan lainnya warna hitam disertai dengan sulaman berwarna-warni.

4. Shisha

Shisha
Shisha

Shisha merupakan wadah dengan bahan logam dan gelas yang pada umumnya digunakan untuk merokok tembakau dengan beraneka macam rasa serta disaring dengan air. Sahabat Tour Mesir dapat menemukannya dengan mudah di kawasan Mesir dan diketahui terdapat berbagai macam ukuran, desain serta motif yang dapat dipilih.

5. Karpet

Oleh-oleh souvenir khas Mesir berikutnya yang dapat Sahabat Tour Mesir beli saat di Mesir adalah karpet. Karpet khas Mesir diketahui pembuatannya ditenun dari benang wol kasar atau berasal dari rambut unta yang pada umumnya berwarna krem dan coklat. Sahabat Tour Mesir perlu memahami dan mengetahui bahwa sebagian besar dari produk ini ditenun menggunakan tangan dan menampilkan banyak detail dan teksturnya. Sahabat Tour Mesir dapat berkunjung ke Ramses Wissa Wassef Art Centre apabila hendak membeli karpet dengan harga yang lebih terjangkau.

6. Cartouche

Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa Cartouche merupakan oleh-oleh souvenir khas Mesir yang berbentuk oval dengan garis horizontal di bagian ujungnya dan menunjukkan teks terlampir. Oleh-oleh khas Mesir satu ini dijual dengan bahan yang berbeda yakni batu dan pualam. Akan tetapi, diketahui bahwa industri perak amatlah besar di kawasan Mesir dan pengunjung pada umumnya akan membeli dalam bentuk kalung perak. Tour Aqsa

7. Scarab

Tahukah Sahabat Tour Mesir bahwa masyarakat Mesir Kuno dulunya memiliki jimat yang berbentuk kumbang kotoran yang populer dengan sebutan kumbang scarab. Perlu Sahabat Tour Mesir pahami bahwa scarab menjadi salah satu souvenir yang menjadi buruan para wisatawan. Sahabat Tour Mesir bisa mendapatkannya dalam berbagai ukuran, warna dan bahan serta beberapa juga ada yang diukir dengan menggunakan alfabet Hieroglyphic.

8. Papyrus Roll

Oleh-oleh souvenir tradisional khas Mesir yang selanjutnya ialah Papyrus Roll. Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa papyrus merupakan kertas yang digunakan pada masa Mesir Kuno dan diketahui berbahan dasar dari empulur tanaman papyrus. Tentunya, Papyrus roll yang dijual kini merupakan replika dari yang aslinya. Diketahui bahwa Papyrus Roll terdapat dalam beberapa ukuran dan memiliki bentuk yang berbeda – beda pula.

Itulah sekilas informasi seputar oleh-oleh souvenir tradisional khas Mesir. Semoga informasi ini dapat membantu Sahabat Tour Mesir sekalian yang mencari rekomendasi oleh-oleh selama berlibur ke Mesir. Selamat merencanakan liburan ke Mesir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *