Perlu Simak, Beberapa Peninggalan Terkenal Mesir Kuno yang Harus Diketahui

3 min read

Perlu Simak, Beberapa Peninggalan Terkenal Mesir Kuno yang Harus Diketahui

Perlu Simak, Beberapa Peninggalan Terkenal Mesir Kuno yang Harus Diketahui

Umat muslim perlu mengetahui bahwa Mesir Kuno menjadi salah satu peradaban manusia yang paling maju. Berbagai macam Peninggalan Terkenal Mesir Kuno menunjukkan sisa-sisa keagungan yang yang hingga kini masih berdiri.

Perlu Simak, Beberapa Peninggalan Terkenal Mesir Kuno yang Harus Diketahui

Salah satu peninggalan terkenal Mesir Kuno yang paling populer dan termasuk dalam tujuh keajaiban dunia ialah piramida. Namun, perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwasannya masih banyak sekali peninggalan Mesir Kuno yang perlu diketahui selain Piramida. Bagi Sahabat Tour Mesir yang ingin mengetahui seputar apa saja peninggalan terkenal Mesir Kuno, yuk simak informasi berikut ini.

1. Piramida Mesir

Salah satu peninggalan terkenal Mesir Kuno yang paling populer ialah piramida Mesir. Perlu diketahui bahwa piramida merupakan bangunan yang berbentuk segitiga yang letaknya berada di Mesir. Sejarah dari Piramida Mesir ini dibangun dengan tujuan sebagai makam para Firaun yang telah meninggal dan dipercaya akan memasuki kehidupan baru setelah meninggal.

Struktur bangunan piramida tersusun atas batu kapur besar yang dipoles menjadi balok – balok berukuran besar. Diketahui bahwa setiap blok batu memiliki berat 2,5 – 15 ton. Dalam pengerjaannya, dibutuhkan 20.000 pekerja dan membutuhkan waktu sekitar 50 hingga 80 tahun.

2. Makam Tutankhamun

Makam Tutankhamun termasuk dalam peninggalan Mesir Kuno. Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa Tutankhamun lebih populer dikenal dengan Ramses II yakni salah satu raja terbesar yang berada di Mesir Kuno. Makam Tutankhamun menjadi salah satu artefak bersejarah yang amat populer di peradaban Mesir Kuno. Makam Tutankhamun termasuk tergolong kecil untuk makam seorang Firaun. Diketahui bahwa makamnya terdiri dari empat kamar dikarenakan makam yang lebih besar belum selesai pembuatannya. Koleksi harta karun Tutankhamun menjadi koleksi yang menakjubkan di dunia.

3. Mumi (The Mummy)

Diketahui bahwa bangsa Mesir Kuno mempercayai adanya kehidupan baru setelah kematian. Oleh karena itu, bangsa Mesir Kuno membutuhkan tubuhnya untuk tetap utuh dengan cara diawetkan. Mumi dapat diartikan sebagai mayat yang diawetkan. Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa proses pembuatan mumo telah berkembang seiring berkembangnya zaman yang mana metode baru selalu ditemukan untuk menyempurnakan metode yang digunakan sebelumnya.

Pada saat proses pembuatan mumi, diketahui bahwa seluruh organ tubuh dikeluarkan kecuali jantung. Kemudian, metode ini terus disempurnakan karena bangsa Mesir Kuno mempercayai bahwa tubuh harus dalam keadaan utuh di akhirat supaya dapat digunakan.

Salah satu proses penyempurnaan mumi dilakukan dengan cara mengisi orang tubuh yang kosong dengan serbuk gergaji dan linen. Kemudian tubuh mayat diolesi dengan minyak dan rempah yang disebut dengan proses pembalseman. Proses pembuatan mumi diketahui membutuhkan waktu sekitar 60 hari yang mana pemakaman Firaun dapat dilakukan setelah dua bulan meninggal.

4. Hieroglyphics atau Hieroglife

Hieroglife merupakan sebutan dari tulisan Mesir Kuno. Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa peradaban Mesir Kuno diketahui menjadi salah satu peradaban yang telah mengenal tulisan. Para arkeolog memperkirakan bahwa tulisan Mesir telah berkembang pada periode 3300 hingga 3100 SM dikarenakan hubungan bangsa Mesir Kuno dengan bangsa Sumeria yang lebih maju. Hieroglife berasal dari bahasa yunani yang artinya tulisan suci, namun bangsa Mesir kuno memaknainya sebagai kata-kata dari dewa dikarenakan kepercayaan mereka seputar pengetahuan tulis menulis berasal dari dewa Toth.

Bangsa Mesir memiliki sejarah dalam menulis serta mendokumentasikan kehidupan mereka melalui Hieroglife. Para arkeolog menemukan bahwasannya Hieroglife terdapat di dinding Piramida dan di tembok kota Kuno. Isi dari Hieroglif biasanya tentang kehidupan di Mesir seperti kisah kehidupan pada saat ini, jenis perdagangan Mesir dengan negara lainnya dan lain sebagainya. Oleh karena itu, tak heran apabila ditemukan Hieroglif yang berbeda-beda di setiap dinding piramida. Hal ini dikarenakan Hieroglif yang berada dalam Piramida menggambarkan kisahnya pada masa pemerintahan para Firaun.

5. Batu Rusetta

Peninggalan Mesir Kuno selanjutnya ialah Batu Rusetta. Batu Rusetta ditemukan pada tahun 1799 yang diketahui termasuk dalam artefak kuno dari zaman Raja Firaun Ptolemeus V yang mulai memegang kekuasaan pada usia yang dini. Diketahui bahwa tulisan yang terukir ialah mengenai hukum yang menganugerahkan hak pemerintahan pada penguasa muda yang berusia 13 tahun.

Uniknya ialah dalam hukum keputusan ini terdapat tiga bahasa berbeda dan ditulis oleh council of priest yang menjadi penjaga hukum. Batu Rosetta membantu para arkeolog dalam usahanya untuk menguraikan huruf Hieroglif Mesir pada awal abad ke-19. Saat itu hanya terdapat beberapa orang Mesir yang mampu membaca tulisan Hieroglif Kuno dan batu rosetta memberikan kesempatan terkait penggalian informasi yang hilang serta memecahkan teka-teki the riddle of Sphinx.

6. Oxyrhynchus Papyri

Diketahui bahwa sekitar tahun 1896 – 1907 terdapat Arkeolog yang bernama Bernard Grenfell dan Arthur Hunt yang menemukan fragmen papyrus yang jumlahnya lebih dari 500.000 dan usianya ditaksir sekitar 1.800 tahun. Kemudian, para arkeolog menemukan beberapa potongan yang ada di kota kuno Oxyrhynchus berada di Mesir selatan dan berkembang ketika Kekaisaran Romawi menguasai Mesir. Kertas Papyrus diperkirakan bertahan selama 2 milenium.

7. Sphinx

Sphinx merupakan salah satu peninggalan Mesir Kuno yang dibangun pada pemerintahan Firaun Khafre pada tahun 2558 SM. Sphinx dapat ditemukan dekat dengan makam para Firaun dikarenakan disebut sebagai penjaga makam Firaun yang berbentung patung besar dengan tubuh singa dan kepala manusia yang telah terkenal sebagai landmark Mesir.

8. Patung (Karya Seni)

Peninggalan terkenal Mesir Kuno berikutnya ialah patung (karya seni) yang dilihat sebagai bentuk kerajinan indah serta bernilai tinggi. Biasanya Raja Firaun menempatkan berbagai jenis karya seni yang dimiliki di salah satu kamar atau ruang di pemakamannya. Beberapa seni yang dikenal ialah patung dari tanah liat, batu mulia dan emas. Beberapa pahatan karya seni yang tersimpan menjadi potret Para Firaun serta Ratu Mesir pada masanya.

Demikianlah informasi sekilas seputar peninggalan terkenal Mesir Kuno yang harus diketahui. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan Sahabat Tour Mesir sekalian ya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.