Mengenal Petra Yordania yang Pernah Hilang

Mengenal Petra Yordania yang Pernah Hilang

Mengenal Petra Yordania yang Pernah Hilang

Bagi umat muslim yang berencana untuk melakukan liburan, tentu tak ada salahnya apabila mencoba berlibur ke Yordania. Perlu diketahui bahwa pada saat berlibur ke Yordania, tentunya akan mendapatkan kesan liburan yang berbeda dari liburan biasanya dan akan mendapatkan pengetahuan tentang Petra Yordania yang pernah hilang.

Mengenal Petra Yordania yang Pernah Hilang

Pasalnya di Yordania, umat muslim sekalian akan menemui banyak sekali destinasi wisata bersejarah yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Selain itu, di Yordania ini pula umat muslim akan takjub dengan pesona keindahannya. Bagi Sahabat Tour Yordania yang yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap seputar sejarah Yordania dan mengenal Petra Yordania yang pernah hilang, yuk simak informasi di bawah ini.

Sejarah Kota Petra

Sejarah Kota Petra
Sejarah Kota Petra

Kota Petra merupakan salah satu kawasan di Yordania yang memiliki arsitektur yang menawan. Pasalnya arsitektur pada Kota Petra ini dibangun pada dinding batu. Diketahui bahwa kota Petra pada masa lampau ialah Ibukota Kerajaan Nabath yang kala itu berjaya. Berdasarkan sejarah, masyarakat Nabath menduduki kota Petra sejak tahun 312 sebelum masehi yang jauh sebelum kekaisaran Romawi hadir.

Kala itu penduduk setempat mengendalikan jalur perdagangan kuno yang terbentang dari Tepi Barat ke Yordania menuju ke perbatasan Utara semenanjung Arab. Disaat itu, kehidupan yang dijalani oleh penduduk setempat tergolong maju. Karena sarana transportasi dan sistem irigasi yang tersistem telah ada dan masih berfungsi dengan baik hingga hari ini.

Pada masa kejayaan Nabath, penduduk petra terdapat sekitar 20.000 jiwa. Salah satu yang membuat Yordania menjadi menakjubkan ialah karena dibangun di bebatuan dan arsitekturnya dibuat dengan cara mengukir tebing batu tersebut. Perlu diketahui bahwa letak Petra pada zaman dahulu amatlah strategis. Karena banyak sekali pedagang yang melewati wilayah ini. Akan tetapi, Petra perlahan semakin memudar ketika pemerintahan Bizantium semakin menguat. Kemudian, kota Petra ini pada akhirnya mencapai pada titik nadirnya pada saat kekaisaran Romawi membuat Nabath tinggal sejarah untuk selamanya. Hal ini berlangsung sekitar tahun 700 masehi.

Hingga saat ini, masyarakat setempat masih mendiami kota yang megah dengan bebatuan tersebut dan mencari sumber nafkah dengan menjual souvenir atau menjadi pemandu. Walaupun saat ini masa kejayaan Petra telah berlalu, namun kota Petra masih menjadi tempat yang indah nan bersejarah sepanjang masa. Karena, meskipun kota yang hilang ini telah ditemukan, Kota Petra masih menyimpan dan menyisakan banyak rahasia yang perlu dipecahkan di masa depan.

Hilangnya Peradaban Pada Kota Petra

Sahabat Tour Yordania perlu memahami bahwa peradaban pada Kota Petra mulai menghilang seiring berjalannya waktu. Hal ini bermula dari adanya perang salib yang terjadi di kawasan Timur Tengah yang menyebabkan kekuasaan bangsa Nabath mulai beralih ke tangan bangsa Romawi yang berada dibawah naungan kekaisaran Byzantium. Selain itu, beragam peperangan termasuk bencana alam pun menjadi sebab terkikisnya ekonomi di kota Petra. Hingga pada akhirnya pada tahun 700 masehi kota Petra mulai lenyap dan hal inilah yang membuat kota tersebut meninggalkan kesan yang misterius.

Hilangnya Peradaban Pada Kota Petra
Hilangnya Peradaban Pada Kota Petra

Sekilas kisah yang inilah yang membuat orang banyak yang tertarik untuk berkunjung ke Kota Petra Ini. Tak hanya itu, dalam Al – Qur’an dijelaskan bahwa membuat pahatan bebatuan tersebut berkaitan dengan kisah Nabi Saleh dan kaum tsamud.  Hal tersebut tersirat dalam surat Al – A’raf ayat 73 – 79 yang dalam ayat tersebut dijelaskan bahwasannya Nabi Saleh mengajak kaum Tsamud untuk menyembah Allah. Namun,mereka tak mempercayainya dan justru membuat kerusakan di bumi.

Dalam konteks ini dijelaskan bahwa mereka membuat istana dengan cara memahat gunung yang kemudian digunakan sebagai rumah. Karena sebab itu, Allah murka dan menimpa kaum Tsamud dengan bencana gempa hingga mayat mereka pun masih menetap dalam tempatnya. Berdasarkan beberapa pembuktian itulah kota Petra dikaitkan dengan kesaksian Allah Swt terkait kisah kaum Tsamud.

Inilah sekilas informasi seputar Mengenal Petra Yordania yang pernah hilang. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Sahabat Tour Yordania sekalian ya. Untuk informasi lebih lanjut seputar Yordania, simak terus ulasan informasi di website ini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *