Tempat Terkenal Berdasarkan Favorit Wisatawan di Kairo Mesir

Tempat Terkenal Berdasarkan Favorit Wisatawan di Kairo Mesir

Tempat Terkenal Berdasarkan Favorit Wisatawan di Kairo Mesir

Favorit Wisatawan di Kairo Mesir – Mesir merupakan salah satu kawasan di Timur Tengah yang menjadi destinasi wisata tujuan bagi para wisatawan loh! Karena Mesir memiliki sejarah peradaban yang luar biasa dan bahkan negara Mesir amat berpengaruh terhadap kawasan Timur Tengah. Hal inilah yang membuat Mesir menjadi negara yang dijuluki dengan ibu Dunia.

Tempat Terkenal Berdasarkan Favorit Wisatawan di Kairo Mesir
Tempat Terkenal Berdasarkan Favorit Wisatawan di Kairo Mesir

Bagi Sahabat Tour Mesir yang suka mengunjungi berbagai destinasi wisata yang bersejarah, Mesir menjadi salah satu negara yang hendaknya tak dilewatkan untuk dikunjungi. Karena di Mesir terdapat banyak sekali peninggalan peradaban Mesir Kuno yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Teruntuk Sahabat Tour Mesir yang ingin mengetahui informasi seputar tempat terkenal berdasarkan favorit wisatawan di Kairo Mesir, yuk simak informasi berikut ini. Tour Aqsa

Inilah beberapa tempat terkenal berdasarkan favorit Wisatawan di Kairo Mesir :

Terdapat beberapa tempat terkenal berdasarkan favorit wisatawan di Kairo Mesir, antara lain :

1. Masjid Al-Azhar

Salah satu tempat yang menjadi favorit bagi para wisatawan di Kairo Mesir ialah Masjid Al-Azhar. Diketahui bahwa letak Masjid Al-Azhar disebut sebagai jantung Kairo Mesir. Sahabat Tour Mesir perlu mengetahui bahwa Masjid Al-Azhar merupakan bangunan yang terbaik pada masa Fatimiyah Kairo dan menjadi salah satu masjid yang tertua di kota Kairo.

Masjid Al-Azhar
Masjid Al-Azhar

Di kawasan ini pula terdapat Universitas Al – Azhar yang dikenal sebagai universitas tertua di dunia dan hingga saat ini menjadi pusat teologi yang terkemuka di dunia islam. Pada saat Sahabat Tour Mesir berada di halaman tengah, maka terdapat panorama yang indah dari lima menara masjid yang menutupi bangunan ini. Kemudian, di bagian seberang halaman terdapat ruang shalat utama yang luasnya sekitar 3000 meter persegi.

2. Islamic Cairo

Islamic Cairo
Islamic Cairo

Islamic cairo merupakan salah satu kawasan populer di Kairo Mesir. Sahabat Tour Mesir dapat menjelajahi nya hanya dengan berjalan kaki. Di kawasan ini, Sahabat Tour Mesir akan menemukan pasar Khan el Khalili yang menjual aneka ragam buah tangan yang dapat Sahabat Tour Mesir beli. Selain itu, di kawasan Islamic Cairo ini juga terdapat banyak masjid yang salah satunya ialah Al-Azhar.

3. Masjid Muhammad Ali

Masjid Muhammad Ali merupakan salah satu tempat terkenal yang menjadi favorit para wisatawan. Masjid Muhammad Ali dikenal juga dengan Masjid Alabaster. Diketahui bahwa masjid ini berada di Puncak benteng Shalahuddin. Terdapat menara masjid yang tingginya mencapai 270 kaki dan disinilah Sahabat Tour Mesir sekalian dapat melihat keindahan kota Kairo. Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa masjid ini merupakan salah satu masjid yang terkemuka di Mesir.

4. Zamalek (Gezira Island)

Zamalek (Gezira Island)
Zamalek (Gezira Island)

Zamalek merupakan salah satu tempat favorit para wisatawan yang letaknya berada di Kairo Barat tepatnya sisi utara Pulau Jazirah di Sungai Nil. Walaupun nama kawasan ini berasal dari kata Kurdi yang artinya pondok jerami, namun nama tersebut telah menjadi kawasan kelas atas yang didominasi oleh pejabat asing (terdapat lebih banyak kedutaan asing dibandingkan dengan daerah lain di Kairo. Sahabat Tour Mesir perlu mengetahui bahwa di kawasan inilah dapat menemui berbagai toko barang antik, toko buku, cafe, restoran serta hotel.

5. Cairo Citadel

Cairo Citadel merupakan salah satu kawasan favorit wisatawan di Kairo Mesir. Cairo Citadel ini berada di kaki Bukit Mokattam yang diketahui dibangun oleh Shalahuddin Al Ayyubi pada tahun 1176. Tahukah Sahabat Tour Mesir bahwa bangunan asli yang masih tersisa di kawasan ini hanyalah tembok di bagian timur saja, sedangkan bangunan yang lainnya sudah mengalami pembaharuan atau direnovasii total.

6. Bab Zuweila

Bab Zuweila merupakan salah satu dari tiga gerbang yang masih tersisa di kawasan tembok Kota Tua Kairo Mesir. Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa Bab Zuweila ini juga dikenal sebagai Bawabat al Mitwali pada saat Ottoman dan ini menjadi salah satu Landmark utama kota serta menjadi gerbang Selatan terakhir yang tersisa dari tembok Kairo pada masa Fatimiyah. Diketahui bahwa nama Bab memiliki arti terbang dan zuweila adalah gerbang Barat Kota yang memiliki rute perdagangan pagi pelancong darat dengan Zuweila di Fezzan.

7. Masjid Ibnu Tulun

Masjid Ibnu tulun merupakan masjid yang juga dikenal dengan sebutan Masjid Al maydan yang menjadi salah satu tempat favorit wisatawan yang menarik. Walaupun masjid ini telah berumur ratusan tahun, namun masjid ini masih berdiri kokoh dan terawat hingga saat ini. Perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa masjid ini menjadi masjid yang paling tua di Kairo setelah masjid Amr Bin Ash. Tour Aqsa Jordan Mesir

Bangunan masjid ini dilakukan oleh Gubernur Abbasid Mesir yakni Ahmad Ibnu Tulun. Diketahui bahwa pembangunan masjid ini dilakukan pada tahun 876 – 879 Masehi. Istimewa yang masjid ini adalah pernah menjadi salah satu tempat pengambilan gambar di film James Bond yang judulnya The Spy Who Loved Me.

8. Museum Gayer-Anderson

Tempat terkenal berdasarkan favorit wisatawan yang selanjutnya adalah museum Gayer Anderson yakni salah satu museum seni yang berada di Kairo, Mesir. Museum Gayer Anderson ini terletak bersebelahan dengan masjid Ibnu Tulun. Diketahui bahwa bangunan ini mengambil nama dari Mayor R. G. Gayer Anderson Pasha yang diketahui tinggal di rumah tersebut pada tahun 1935 – 1942 dengan izin khusus dari Pemerintah Mesir. Sahabat Tour Mesir perlu mengetahui bahwa museum ini amatlah populer sebagai salah satu arsitektur domestik pada abad ke-17 yang tersisa di Kairo serta terdapat koleksi furniture serta barang antik dan benda lainnya

Inilah sekilas informasi seputar tempat terkenal berdasarkan favorit wisatawan di Kairo Mesir. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sahabat Tour Mesir sekalian dan dapat menjadi rekomendasi tujuan saat berlibur ke Mesir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *