Menggoda dan Sederhana, Begini Cara Membuat Martabak Mesir yang Kaya Akan Rempah-rempah

Menggoda dan Sederhana, Begini Cara Membuat Martabak Mesir yang Kaya Akan Rempah-rempah

Menggoda dan Sederhana, Begini Cara Membuat Martabak Mesir yang Kaya Akan Rempah-rempah

Begini Cara Membuat Martabak Mesir yang Kaya Akan Rempah-rempah
Begini Cara Membuat Martabak Mesir yang Kaya Akan Rempah-rempah

Martabak merupakan salah satu makanan lezat yang dikenal dengan cita rasanya yang lezat. Perlu Diketahui bahwa Martabak Mesir merupakan salah satu jenis martabak yang dibuat dari adonan tepung dengan isian telur, daun bawang serta daging yang telah diberi bumbu dengan aneka rempah yang pada umumnya disajikan bersama dengan kuah cuka. Apabila dilihat, martabak Mesir sekilas memiliki kesamaan dengan martabak pada umumnya. Akan tetapi, yang membedakan ialah bahan-bahan yang digunakan serta penyajiannya. Selain itu, martabak Mesir ini pun juga memiliki ciri khas yakni memiliki cita rasa khas Timur Tengah. Bagi yang ingin mengetahui informasi seputar cara membuat martabak Mesir yang kaya akan rempah, yuk simak informasi berikut ini. Tour Aqsa

Definisi Martabak Mesir

Martabak Mesir merupakan makanan yang terbuat dari adonan tepung yang dipipihkan dan diisi dengan telur daun bawang serta daging yang telah dibumbui dengan aneka rempah yang kemudian disajikan dengan kuah cuka. Tentunya martabak Mesir memiliki cita rasa khas dan lebih lezat dibandingkan martabak pada umumnya. Karena dari bahan-bahan yang digunakan ialah banyak dari aneka rempah yang menambah citarasa lezatnya.

Bahan Bahan yang Dibutuhkan dan Cara Membuatnya

Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa komponen bahan dalam pembuatan martabak yang terbagi atas bahan kulit dan bahan isian. Untuk bahan kulit dan bahan isian apa saja yang dibutuhkan serta cara membuatnya, berikut lebih jelasnya.

Bahan Bahan yang Dibutuhkan :

Bahan-bahan yang dibutuhkan ialah bahan-bahan untuk proses pembuatan kulit martabak dan juga bahan-bahan untuk proses pembuatan isiannya. Untuk pembuatan adonan kulit martabak diantaranya tepung, minyak, air dan garam. Kemudian, untuk isian martabaknya bahan-bahan yang diperlukan ialah seperti daun bawang, telur dan daging giling. Tour Aqsa Jordan Mesir

Untuk telurnya dapat disesuaikan yakni telur ayam ataupun telur bebek. Sedangkan untuk dagingnya pun dapat menggunakan daging giling sapi ataupun ayam. Selain itu, pada proses pembuatan isian martabak Mesir, daging yang digunakan dibumbui dengan aneka rempah seperti bawang putih, bawang merah, pala, lengkuas, jintan, jahe, bubuk kari, daun salam, bunga lawang dan ada pula yang menggunakan santan.

Bahan Untuk kulit :

  • Tepung Terigu Protein Tinggi
  • Minyak
  • Air
  • Garam

Bahan Untuk Isinya :

  • Telur
  • Daging
  • Daun Bawang
  • Rempah (Bawang merah, bawang putih, jintan, pala, jahe, lengkuas, bunga lawang, bubuk kari, daun salam dan santan)

Cara Membuatannya :

  1. Campurkan tepung terigu, minyak dan garam, lalu aduk hingga merata. Setelah semua tercampur merata, perlahan tuangkanlah air secukupnya hingga terbentuk adonan yang dapat diuleni.
  2. Lakukanlah proses menguleni adonan hingga adonan menjadi kalis. Kemudian, bagilah adonan menjadi bulatan kecil, selanjutnya letakkan dalam sebuah wadah. Tuangkan minyak ke bagian atasnya dan diamkan dengan waktu sekitar 30 – 60 menit. Perendaman ini bertujuan supaya kulit adonan tidak mudah sobek pada saat dipipihkan dan akan terasa lebih kering pada saat digoreng.
  3. Selanjutnya, bahan isian daging tumis terlebih dahulu. Masukkan daging giling lalu aduk secara merata. Kemudian tambahkan aneka jenis rempah dan tambahkan gula, garam dan merica. Setelah itu koreksi rasa. Tumis hingga isian martabak tersebut matang.
  4. Kemudian, siapkan wadah dan campurkan telur serta irisan daun bawang dan tumisan daging. Lalu, aduk merata dan sisihkan. Selanjutnya, ambil bulatan adonan dan pipihkan. Setelah itu, masukkan isian sebelum adonan kulit diletakkan diatas wajan datar penggorengan. Panaskan wajan datarnya dan berilah sedikit minyak. Kemudian, letakkan adonan kulit yang sudah dipipihkan beserta isiannya lalu lipatlah seperti amplop. Selanjutnya, goreng hingga matang dengan cara membolak – balikkan sisi martabak. Setelah matang, siap untuk disajikan.

Inilah sekilas informasi seputar cara membuat Martabak Mesir yang kaya akan rempah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah resep yang dimiliki. Boleh banget loh untuk mencoba mempraktekkan cara membuat Martabak Mesir yang lezat ini. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *