Inilah Ciri-ciri Masjidil A-aqsa, yang Jarang Diketahui

Inilah Ciri-ciri Masjidil A-aqsa, yang Jarang Diketahui

Inilah Ciri-ciri Masjidil A-aqsa, yang Jarang Diketahui

Inilah Ciri-ciri Masjidil A-aqsa, yang Jarang Diketahui
Inilah ciri-ciri Masjidil A-aqsa, yang Jarang Diketahui

Salah satu situs suci dan bersejarah yang perlu untuk diketahui oleh umat muslim ialah Masjid Al-aqsa. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa Masjid Al-aqsa menjadi kawasan istimewa yang diberkahi oleh Allah Swt. Oleh karena itu, banyak sekali umat muslim yang berkeinginan untuk dapat berkunjung ke Masjid Al-aqsa. Karena selain Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah, Masjid Al-aqsa di Yerusalem ini juga menjadi tempat yang dianjurkan Nabi Muhammad Saw untuk diziarahi. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin berkunjung ke Al-aqsa, yuk ketahui ciri-ciri Masjid Al-aqsa di bawah ini. Tour Aqsa

1. Banyak Pagar yang Mengelilingi Masjid

Banyak Pagar yang Mengelilingi Masjid
Banyak Pagar yang Mengelilingi Masjid

Salah satu yang menjadi ciri-ciri dari Masjid Al-aqsa ialah terdapat banyak pagar yang mengelilingi masjid. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa pagar merupakan tanda pembatas Masjid. Tanah yang diatasnya terdapat Masjid Al-aqsa pada mulanya berupa dataran tinggi yang kosong. Oleh karena itu, pada saat ini tanah tersebut diratakan dan diperlukan pagar yang bertujuan untuk menjadi pembatas masjid.

2. Banyak Sekali Teras Batu di dalam Masjid

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa ciri Masjid Al-aqsa berikutnya yang jarang diketahui ialah di kawasan Masjid Al-aqsa terdapat banyak sekali teras batu atau mastabah di dalam kawasan masjid. Diketahui bahwa para ulama saat mengajarkan ilmu ke muridnya, ulama tersebut akan membangun mastabah yang tujuannya ialah agar generasi setelahnya dapat mengingat peristiwa belajar mengajar di kawasan tersebut. Tour Aqsa Jordan Mesir

3. Masjid Al-aqsa Mempunyai 15 Pintu

Masjid Al-aqsa Mempunyai 15 Pintu

Ciri-ciri Masjid Al-aqsa berikutnya ialah Masjid Al-aqsa memiliki 15 pintu. Dari 15 pintu yang ada diketahui bahwa 10 pintu masih terbuka dan 5 pintu yang lainnya ditutup sejak masa pemerintahan Shalahuddin Al – Ayyubi yakni setelah pembebasan Masjid Al-aqsa. Penutupan beberapa pintu di Masjid Al-aqsa ini bertujuan untuk menjaga keamanan dari serangan luar. Untuk pintu-pintu yang terbuka letaknya berada di pagar masjid di sebelah utara dan barat, sedangkan beberapa pintu yang tertutup berada di pagar sebelah timur dan selatan.

4. Terdapat Banyak Kubah di dalam Kawasan Masjid

Terdapat banyak kubah di dalam kawasan masjid menjadi salah satu ciri-ciri dari Masjid Al-aqsa. Diketahui bahwa banyaknya kubah di Masjid Al-aqsa ini sejumlah 15 kubah. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa kelima belas kubah ini dibangun pada masa pemerintahan islam yang berkuasa pada saat itu yang dimulai pada masa Bani Umayyah, masa Ayyubiyah, masa Mamluk dan yang terakhir pada masa Utsmaniyah. Pada tiap zaman tersebut memiliki ciri khas dalam pembangunannya.

5. Mempunyai Beberapa Menara Masjid di Setiap Sudut

Sahabat Tour Aqsa perlu mengetahui bahwa Masjid Al-aqsa memiliki beberapa menara masjid di setiap sudut. Hal ini dikarenakan menara menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masjid, karena menara menjadi tempat untuk mengumandangkan adzan. Pada masa Nabi Muhammad Saw, Bilal yang mengumandangkan adzan dan naik ke atas bangunan menara tersebut untuk mengumandangkan adzan. Pada umumnya, menara berada di sudut-sudut masjid dan menara di Masjid Al-aqsa diketahui sebanyak 4 buah menara.

6. Ada Perpustakan Dalam Masjid

Ciri-ciri Masjid Al-aqsa yang berikutnya ialah Masjid Al-aqsa memiliki perpustakaan di dalam Masjid. Diketahui bahwa perpustakaan Al-aqsa ini dibangun pada tahun 1923 oleh Dewan Legislatif Muslim Tertinggi. Beberapa koleksi yang ada dalam perpustakaan ini ialah koleksi manuskrip yang berharga dan berbagai macam karya yang diterbitkan dalam studi islam dan Arab.

Inilah sekilas informasi seputar ciri-ciri Masjid Al-aqsa yang perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Sahabat Tour Aqsa sekalian terkait Al-aqsa dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *