Simak Yuk, Beberapa Fakta-fakta yang Menarik di Masjid Al-aqsa

Simak Yuk, Beberapa Fakta-fakta yang Menarik di Masjid Al-aqsa

Fakta-fakta yang Menarik di Masjid Al-aqsa

Sebagai umat muslim, Sahabat Tour Aqsa perlu mengetahui fakta-fakta yang menarik di Masjidil Al-aqsa. Masjid Al-Aqsa merupakan tempat suci yang menjadi bagian sejarah umat islam. Kawasan Masjid Al – Aqsa juga dikenal dengan sebutan Haram Asy – Syarif yang maknanya tanah suci yang mulia.

Kawasan Masjidil Aqsa merupakan kawasan yang terdiri dari beberapa bangunan di dalamnya yang mana bangunan tersebut memiliki sejarah istimewa yang hingga kini kisahnya masih dikenang. Oleh karena itu, tak sedikit umat muslim yang ingin berkunjung ke Masjid Al – Aqsa. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin menambah pengetahuan seputar Al – Aqsa, yuk coba simak fakta-fakta yang menarik di Masjid Al-Aqsa berikut ini.

Simak Yuk, Beberapa Fakta-fakta yang Menarik di Masjid Al-aqsa
Fakta-fakta yang Menarik di Masjid Al-aqsa

Inilah beberapa fakta istimewa Masjid Al-aqsa kebanggaan dunia :

  1. Tempat Suci Ketiga setelah Mekkah dan Madinah

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa Masjid Al – Aqsa merupakan tempat suci ketiga setelah Masjidil Haram yang berada di Makkah dan Masjid Nabawi yang berada di Madinah. Berdasarkan riwayat sejarahnya, diketahui bahwa Masjid Al – Aqsa menjadi tempat ibadah tertua di dunia setelah Masjidil Haram. Hal ini berkaitan dengan adanya peristiwa Isra’ Mi’raj yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

  1. Tempat Singgah Nabi Muhammad saat Isra Mi’raj

Masjid Al – Aqsa menjadi salah satu tempat singgah Nabi Muhammad saat peristiwa Isra’ Mi’raj. Isra’ Mi’raj termasuk dalam peristiwa penting bagi umat islam karena pada saat peristiwa inilah Nabi Muhammad SAW diangkat ke langit dan mendapatkan perintah untuk melaksanakan shalat lima waktu. Nabi Muhammad singgah sejenak untuk mengimami dan melaksanakan shalat bersama Nabi dan Rasul terdahulu.

  1. Masjid Al-Aqsha Sebagai Pemakaman Muslim

Masjid Al-Aqsha Sebagai Pemakaman Muslim

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwasannya di kawasan Masjid Al – Aqsa terdapat pemakaman muslim. Walaupun hingga kini masih belum jelas terkait siapa saja serta berapa orang yang sudah dimakamkan di kawasan Masjid Al – Aqsa, namun beberapa kisah menyebutkan bahwasannya yang dimakamkan di kawasan ini merupakan sahabat dari Nabi Muhammad SAW.

  1. Kubahnya Bukan Berwarna Kuning Melainkan Biru

Fakta berikutnya yang perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui seputar Masjid Al – Aqsa yang kubahnya bukan berwarna kuning, melainkan berwarna biru. Berdasarkan kutipan dari buku yang berjudul Rahasia Masjidil Aqsha karya Syed Azahrul Asriq bahwasannya Masjid Al – Aqsa bukanlah masjid dengan kubah berwarna kuning yang pada umumnya diketahui oleh masyarakat, melainkan masjid dengan kubah berwarna biru. Masjid yang kubahnya berwarna kuning ialah masjid kubah atau yang dikenal dengan sebutan Dome Of The Rock. Sedangkan Masjidil Aqsa oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadis sebagai Masjid Biru dikarenakan memiliki kubah berwarna biru.

  1. Masjid Al-aqsha Pernah Menjadi Tempat Limbah

Sebagai umat muslim tampaknya Sahabat Tour Aqsa tak banyak yang tahu bahwasannya Masjid Al – Aqsa pernah menjadi tempat limbah atau tempat pembuangan sampah. Hal ini bermula pada masa kependudukan Romawi yang pada saat itu mengasingkan kaum Yahudi dikarenakan selalu membuat kerusuhan. Akibatnya, kawasan Masjidil Aqsa dijadikan tempat pembuangan sampah atau limbah. Kemudian pada saat Umar bin Khattab berhasil membebaskan kota dari Romawi, selanjutnya dilakukan pembersihan dan perawatan pada kawasan Masjid Al – Aqsa, sehingga tak menjadi tempat pembuangan limbah.

  1. Tempat Imam Abu Hamid Al-Ghazali Menulis Kitab Ihya Ulum Al-Din

Tempat Imam Abu Hamid Al-Ghazali Menulis Kitab Ihya Ulum Al-Din

Fakta menarik yang menakjubkan ialah Masjid Al – Aqsa menjadi tempat terbitnya karya terbesar dalam literatur islam karya Imam Abu Hamid Al – Ghazali atau yang disebut dengan Imam Ghazali. Tentunya Sahabat Tour Aqsa tak lagi asing dengan Imam Ghazali yakni seorang tokoh terkemuka dalam bidang filsafat dan tasawuf.

Diketahui beberapa ahli sejarah menyatakan bahwasannya Imam Ghazali menjadi salah satu tokoh muslim yang paling berpengaruh dalam sejarah sejak zaman Nabi Muhammad Saw. Di Masjid Al – Aqsa inilah Imam Ghazali menciptakan karyanya yang berupa kitab dengan judul Ihya Ulum Al – Din yang diketahui sebagai salah satu karya terbesar dalam literatur islam.

Demikianlah informasi seputar Beberapa Fakta-fakta yang Menarik di Masjid Al-aqsa. Banyaknya fakta menarik di Masjidil Aqsa tentunya menjadi daya tarik tersendiri untuk Sahabat Tour Aqsa yang berkeinginan liburan dengan kesan liburan yang asik dan menambah pengetahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *