Kenali, Rekomendasi Destinasi Wisata di Aqsha yang Wajib Diketahui dan Perlu Dikunjungi

Kenali, Rekomendasi Destinasi Wisata di Aqsha yang Wajib Diketahui dan Perlu Dikunjungi

Kenali, Rekomendasi Destinasi Wisata di Aqsha yang Wajib Diketahui dan Perlu Dikunjungi

Rekomendasi Destinasi Wisata di Aqsha yang Wajib Diketahui dan Perlu Dikunjung
Rekomendasi Destinasi Wisata di Aqsha yang Wajib Diketahui dan Perlu Dikunjung

Sebagai umat muslim, tentunya Sahabat Tour Aqsha mengetahui bahwa Al-Aqsha menjadi salah satu kawasan bersejarah yang kisahnya terkutip dalam Al-Qur’an. Karena Al-Aqsha termasuk salah satu tempat bersejarah bagi umat islam, maka tak heran apabila di kawasan ini banyak sekali tempat-tempat bersejarah. Kini tempat bersejarah tersebut menjadi destinasi wisata yang tak pernah surut wisatawan. Karena di kawasan Al-Aqsha ini memiliki daya tarik tersendiri, sebab itu kawasan ini tak pernah sepi pengunjung. Bagi Sahabat Tour Aqsha yang berencana untuk berlibur ke Aqsha, yuk simak rekomendasi destinasi wisata di Aqsha yang wajib diketahui. Tour Aqsa

Berikut Beberapa Destinasi Wisata di Aqsha yang Perlu Dikunjungi

1. Masjid Al-Aqsha

Masjid Al-Aqsha merupakan salah satu tempat ibadah umat islam yang letaknya berada di kawasan Yerusalem, Palestina. Diketahui bahwa Masjid Al-Aqsha ini berdiri pada tahun 705 M yakni pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab. Panjang Masjid Al-Aqsha ditaksir sekitar 83 meter dengan lebar 56 meter yang diketahui dapat menampung sebanyak 5000 orang.

Perlu Sahabat Tour Aqsha ketahui bahwa Masjid Al-Aqsha tak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah saja, melainkan dapat dijadikan sebagai destinasi wisata di Aqsha dikarenakan sejarah serta indahnya kawasan masjidnya. Selain itu, perlu diketahui juga bahwasannya Masjid Al-Aqsha menjadi salah satu masjid yang diprioritaskan oleh Nabi Muhammad Saw.

2. Kota Jerusaalem

Kota Jerusaalem
Kota Jerusaalem

Kota Jerusalem merupakan salah satu kota dengan banyak bangunan bersejarah di dalamnya. Kota Jerusalem ini dilengkapi dengan tembok – tembok bersejarah, museum sejarah serta pemandangan yang menyejukkan mata. Oleh karena itu, kota ini disebut sebagai kota yang bersejarah karena kisahnya di masa lampau. Namun, bagi masyarakat yang beragama Yahudi dan Kristen menganggap bahwa kota Jerusalem ini merupakan kota Suci. Meskipun kota ini memiliki kesan yang berbeda bagi tiga agama yakni Islam, Yahudi dan Kristen, namun kota Jerusalem ini masih menghargai perbedaan yang ada.

3. Kota Kuno Sebastian

Kota Kuno Sebastian merupakan salah satu destinasi wisata populer yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Al Aqsha. Diketahui bahwa Kota Kuno Sebastian ini berdiri pada abad ke – 14 SM. Kota Kuno Sebastian memiliki letak sekitar 12 km dari Barat Laut Kota Nablus di Tepi Barat. Kota ini dilengkapi dengan indahnya panorama di dalamnya. Salah satu keindahan panoramanya berasal dari dua menara Hellenic yang berupa sisa reruntuhan dari Istana Samaria serta Gereja Bizantium. Di kota inilah, Sahabat Tout Aqsha dapat berkunjung pula ke kawasan kebun zaitun.

4. Pantai Gaza

Pantai Gaza
Pantai Gaza

Perlu Sahabat Tour Aqsha ketahui bahwa Al Aqsha memiliki destinasi wisata dengan panorama yang indah, salah satunya ialah pantai Gaza. Pantai Gaza merupakan pantai yang letaknya berada di Jalur Gaza. Indahnya panorama pantai gaza ini tampak dari warna pasirnya yang putih dan pemandangan di sekelilingnya.

5. Dome Of The Rock

Tahukah Sahabat Tour Aqsha bahwa Dome Of The Rock merupakan salah satu seni arsitektur islam pertama dan termasuk dalam bangunan tertua yang ada di kawasan Yerusalem. Dome Of The Rock diketahui berdiri pada tahun 691 yang didirikan oleh Sultan Abdul Malik bin Marwan sebelum dikuasai oleh Umar bin Khattab.

Bangunan ini dibentuk dengan model yang menarik yakni memiliki kubah yang berlapis dengan ukuran 20,30 m dan tinggi 20,48 m. Pada bagian luar lingkaran kubahnya dihiasi dengan kaligrafi ayat-ayat Al-Qur’an sekaligus seni islam yang amat detail. Kemudian di bagian dalam kubah Dome Of The Rock diketahui terdapat permukaan batu yang diyakini umat muslim sebagai batu pijakan Nabi Muhammad Saw pada saat peristiwa Isra Miraj.

6. Bukit Zaitun

Bukit Zaitun
Bukit Zaitun

Pada saat Sahabat Tour Aqsha berkunjung ke bukit zaitun, maka Sahabat Tour Aqsha dapat langsung memandang indahnya kota Yerusalem dari Bukit Yudae hingga Laut Mati. Ketika berada di puncak bukit ini di ketinggian 400 mdpl, maka Sahabat Tour Aqsha dapat melihat kapel yang kala itu didirikan oleh Ksatria perang Salib pada abad ke – 12. Selain itu, di bukit inilah diketahui terdapat 150 ribu makam yang termasuk juga makam yahudi. Namun, di kawasan inilah diketahui menjadi makam Nabi Zakaria dan anak Nabi Daud di bukit zaitun tersebut.

7. Kota Tua Akka

Kota Tua Akka merupakan kawasan kota tua yang terletak di Kota Pelabuhan di kawasan Barat Laut Palestina atau perbatasan antara Palestina dengan Israel. Indahnya kawasan kota tua ini amat memukau wisatawan terlebih saat memandang laut Mediterania. Pada masa lampau, kota tua akka dijadikan tempat pertahanan bagi pasukan perang dari kerajaan Salib yang kemudian diambil alih oleh Napoleon Bonaparte yakni kaisar dari Perancis. Banyaknya sejarah di kota tua inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya. Tour Aqsa Jordan Mesir

8. Kota Deir Ghassana

Destinasi wisata selanjutnya ialah Kota Deir Ghassana yang letaknya berada di Kota Ramallah yang berdiri pada abad ke 18. Kota Deir Ghassana hingga saat ini masih dilingkupi dengan ragam bangunan dengan nuansa kuno. Diketahui bahwa setiap bangunan rumah di kawasan kota ini terdapat sumur untuk menyimpan air, minyak zaitun dan biji bijian.

Fungsi dari sumur tersebut ialah dipergunakan sebagai tempat penyimpanan bekal pada saat adanya peperangan. Di kota ini, Sahabat Tour Aqsha tak hanya dapat memandang bangunan bersejarahnya saja. Akan tetapi, Sahabat Tour Aqsha dapat mencoba berbagai makanan khas setempat yang ada di kota ini.

Demikianlah informasi seputar destinasi wisata di Aqsha yang wajib dikunjungi. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan Sahabat Tour Aqsha sekalian yaa. Selamat merencanakan liburan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *