Simak Yuk, Masjid Paling Suci di Dunia Yang Pernah jadi Tempat Ibadah Nabi Muhammad SAW

Simak Yuk, Masjid Paling Suci di Dunia Yang Pernah jadi Tempat Ibadah Nabi Muhammad SAW

Simak Yuk, Masjid Paling Suci di Dunia Yang Pernah jadi Tempat Ibadah Nabi Muhammad SAW

Masjid merupakan tempat suci bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah. Namun, perlu diketahui bahwa dari banyaknya masjid yang berdiri di muka bumi ini terdapat beberapa masjid yang memiliki keistimewaan. Diketahui bahwa terdapat empat masjid paling suci di dunia dan memiliki keistimewaan tersendiri.

Simak Yuk, Masjid Paling Suci di Dunia Yang Pernah jadi Tempat Ibadah Nabi Muhammad SAW
Masjid Paling Suci di Dunia Yang Pernah jadi Tempat Ibadah Nabi Muhammad SAW

Keempat masjid ini mendapatkan predikat masjid paling suci karena pernah menjadi tempat ibadah Nabi Muhammad Saw. Dan perlu diketahui bahwasannya keistimewaan di keempat masjid tersebut tak ditemui di masjid lainnya di muka bumi. Untuk mengetahui nama – nama keempat masjid yang paling suci di dunia, yuk simak informasi berikut ini.

Berikut 4 Masjid paling suci di dunia yang pernah menjadi tempat Ibadah Nabi Muhammad SAW :

  1. Masjid Al – Haram (Mekah)

Salah satu masjid paling suci yang pernah menjadi tempat ibadah Nabi Muhammad Saw ialah Masjid Al – Haram yang berada di Makkah. Masjid Al – Haram merupakan masjid tertua yang ada di muka bumi. Masjid Al – Haram menjadi tempat yang paling dicintai oleh Allah Swt dan Nabi Muhammad Saw dan dalam penjagaan ribuan malaikat.

Masjid Al - Haram (Mekah)

Oleh karena itu, barang siapa yang melaksanakan sholat di Masjid Al – Haram maka akan mendapatkan 100 ribu kali lipat pahala dibandingkan di masjid lainnya. Di Masjid Al – Haram inilah terdapat Ka’bah yang menjadi kiblat umat muslim. Selain itu, ada pula sumur zamzam, batu hajar aswad serta Maqam Nabi Ibrahim yang tak pernah dilewatkan oleh umat muslim ketika berkunjung ke Tanah Suci ini.

  1. Masjid Nabawi (Madinah)

Masjid Nabawi merupakan masjid yang termasuk dalam masjid paling suci yang pernah menjadi tempat ibadah Nabi Muhammad Saw. Masjid Nabawi terletak di Kota Madinah dan menjadi masjid terbesar kedua setelah Masjidil Haram. Diketahui bahwa Masjid Nabawi ini merupakan Masjid kedua yang dibangun oleh Nabi Muhammad Saw bersama para sahabatnya ketika perjalanan hijrah dari Makkah ke Madinah.

Lokasi Masjid yang dibangun pada tahun 622 Masehi ini mulanya tempat tinggal Nabi Muhammad Saw setelah hijrah ke Madinah. Kemudian, Masjid Nabawi menjadi pusat penyebaran agama islam sekaligus pusat pemerintahan yang dipimpin Nabi Muhammad Saw. Selain itu, yang membuat Masjid Nabawi istimewa ialah karena di Masjid Nabawi terdapat Raudhah atau yang disebut juga dengan Taman Surga.

  1. Masjid Quba (Madinah)

Umat muslim perlu mengetahui bahwa Masjid Quba merupakan masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad Saw ketika hijrah di Madinah. Letak Masjid Quba sekitar 3 kilometer dari Masjid Nabawi. Masjid Quba kini dijadikan tempat singgah untuk beribadah oleh jemaah Haji ataupun Umroh. Diketahui bahwa barang siapa yang melaksanakan sholat 2 rakaat di Masjid Quba, maka pahalanya sama seperti melaksanakan umroh.

  1. Masjid Al – Aqsa (Yerussalam)

Masjid Al - Aqsa (Yerussalam)

Masjid paling suci yang pernah menjadi tempat ibadah Nabi Muhammad SAW selanjutnya ialah Masjid Al – Aqsa. Umat muslim perlu mengetahui bahwa Masjid Al – Aqsa pernah menjadi kiblat pertama umat muslim dan termasuk dalam Masjid tertua kedua yang ada di muka bumi setelah Masjidil Haram. Pada saat Nabi Muhammad SAW berada di Masjid Al – Aqsa ialah untuk singgah sebelum melaksanakan perintah Isra Mi’raj dan di Masjid Al – Aqsa inilah Nabi Muhammad Saw menjadi imam yang mana jamaahnya ialah para nabi terdahulu.

Demikianlah informasi seputar masjid paling suci di Dunia yang pernah menjadi tempat ibadah Nabi Muhammad SAW. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan pengetahuan kita sebagai umat muslim. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *