Beberapa Peranan dan Fungsi Sungai Nill Bagi Masyarakat Mesir

Beberapa Peranan dan Fungsi Sungai Nill Bagi Masyarakat Mesir

Beberapa Peranan dan Fungsi Sungai Nill Bagi Masyarakat Mesir

Beberapa Peranan dan Fungsi Sungai Nill Bagi Masyarakat Mesir

Beberapa peranan dan fungsi Sungai Nill bagi masyarakat Mesir sangat penting, bahkan sejak masa peradaban kuno. Sungai terpanjang di dunia ini juga menjadi sumber kehidupan utama dan dimanfaatkan dalam berbagai sektor.

Nill juga berperan dalam sejarah peradaban Mesir, sebab di tepiannya banyak tumbuh pohon papirus. Seperti telah diketahui oleh banyak orang, papirus merupakan bahan yang dijadikan sebagai kertas mencatat sejarah kerajaan maupun hal berkenaan tentang peradaban dahulu.

Dengan harga tour Aqsa ketika sedang promo, Sahabat Tour Aqsa dapat mengunjungi berbagai destinasi termasuk Sungai Nill yang sangat berperan bagi masyarakat ini. Ada banyak fakta menarik mengenai sungainya yang dapat dilihat langsung ketika datang ke sana.

Bukan hanya itu saja, sungainya sangat terkenal di seluruh dunia dan menjadi destinasi wisata populer. Dengan beragam pesona dan keistimewaannya, tidak heran jika banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia yang datang berkunjung ke sana.

Mengenal Sungai Nill di Mesir

Dengan ikut paket tour Aqsa, Sahabat Tour Aqsa akan melihat penduduk Mesir yang sebagian besar tinggal di sepanjang tepian Sungai Nill, delta, maupun muaranya. Panjangnya lebih dari Amazon sehingga menjadi yang terpanjang di dunia.

Dengan panjang 6.650 kilometer, sungainya melintasi hingga 9 negara mulai dari Ethiopia, Sudan, hingga Mesir. Sebutan nama Nil sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘Neilos’ yang memiliki arti lembah sungai.

Herodotus yang merupakan Sejarawan Yunani menyebutkan jika sumber air Sungai Nill merupakan sebuah anugerah. Hal tersebut karena Mesir Kuno yang menjadi peradaban tertua di dunia ini tidak akan pernah ada tanpa adanya Sungai Nill.

Pada sebuah buku berjudul ‘Serba Tahu Tentang Dunia’ oleh Suhardi, 99% masyarakat di Mesir tinggal di kota sepanjang Sungai Nill dan Terusan Suez. Pengendapan tanah sejak ribuan tahun lalu membuat kanan dan kiri tepian sungainya menjadi sangat subur untuk bertani.

Biaya tour Aqsa memang tidak sedikit, namun Sahabat Tour Aqsa bisa belajar banyak mengenai kebudayaan masyarakat di sana. Salah satunya, hampir semua aktivitas masyarakat bergantung pada sungainya yang tidak pernah kering sepanjang tahun.

Kemampuan bercocok tanam masyakarat sejak peradaban kuno membuat jumlah populasi bertambah banyak. Bangsa Mesir juga harus mengembangkan sistem pengaturan airnya dengan baik agar dapat digunakan setiap saat.

Peranan dan Fungsi Sungai Nill Bagi Masyarakat Mesir

Sejak masa peradaban kuno, aliran sungai Nill dimanfaatkan masyarakat dalam berbagai sektor. Berikut adalah beberapa peranan dan fungsi Sungai Nill bagi masyarakat Mesir yang perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui sebelum datang ke sana.

  1. Meningkatkan Pertanian Mesir

Sungai Nill menghasilkan tanah yang sangat subur hasil sedimentasi di sepanjang kawasan aliran sungainya. Tanah subur inilah yang membuat pertanian masyarakatnya meningkat dan terus berkembang, juga menggantungkan perekonomian dari hasil bercocok yanam.

Hampir sebagian penduduk Mesir merupakan petani dan peternak hewan bahkan sejak masa Firaun. Ada cukup banyak hasil pertaniannya seperti tebu, tomat, bawang, juga pengekspor kapas dan kurma dalam jumlah besar.

Sejak masa peradaban kuno, masyarakat telah mengembangkan metode irigasi dan meningkatkan jumlah lahan agar dapat ditanami. Air sungainya digunakan untuk mengairi tanah pertanian mereka sepanjang tahun.

Di kawasan tersebut juga menjadi tempat tumbuh ideal tanaman papirus sebagai bahan pembuatan kertas, selain itu juga digunakan untuk membuat tali, kotak dan kain. Dengan harga tour Aqsa yang telah ditentukan, peserta juga dapat melihat proses pengolahannya.

  1. Memenuhi Kebutuhan Sehari-hari

Bukan hanya sangat bergantung dengan Sungai Nill untuk pertanian saja, masyarakat sekitar juga menggunakannya pada kehidupan sehari-hari. Beberapa di antaranya seperti untuk minum, memasak, juga mencuci.

  1. Sebagai Sumber Makanan

Sungai Nill tidak hanya dijadikan habitat buaya liar, namun juga beragam satwa lain baik berukuran kecil maupun besar. Beberapa jenis satwa yang hidup di sana termasuk ikan-ikanan dan unggas.

Selain bertani, masyarakat sekitar sungainya memanfaatkan ikan-ikan dan unggas tersebut sebagai sumber makanan. Memanfaatkan Nill sebagai sumber makanan tersebut sudah dilakukan masyarakat bahkan sejak zaman peradaban kuno sampai saat ini.

  1. Sebagai Jalur Transportasi

Sungai Nill juga dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk transportasi. Sungainya memungkinkan perahu bergerak begitu saja di bagian hilir, juga cukup membentangkan layar saat berada di hulu karena angin berhembus dari utara.

Memanfaatkan sungainya untuk transportasi telah dilakukan sejak zaman dahulu, bahkan dapat dikatakan sebagai yang terbaik selama era peradaban kuno. Selain itu, Mesir juga menjadi rute perjalanan ke berbagai wilayah sekitar sungainya.

  1. Sebagai Sektor Pariwisata

Biaya tour Aqsa yang cukup besar sangat sepadan dengan pemanfaatan Sungai Nill bagi masyarakat sebagai sektor pariwisata. Para wisatawan yang datang berkunjung ke sana umumnya membawa kesan mendalam dan sulit dilupakan.

Saat ini, penduduk Mesir juga telah membangun beberapa hotel mewah dan berbintang di sepanjang tepian Nill. Sementara wisatawan mancanegara tidak hanya datang untuk menyaksikan sungai terpanjang di dunia ini.

Umumnya wisatawan datang untuk melihat peninggalan peradaban bangsa Mesir Kuno, seperti museum terbuka hingga piramida. Dalam sebuah data statistik, sektor pariwisata menghasilkan devisa hingga satu miliar dolar AS untuk Mesir.

Pesona Sungai Nill Sebagai Sektor Pariwisata

Paket tour Aqsa akan mengajak peserta untuk menikmati secara langsung pesona yang diberikan oleh Sungai Nill. Berikut adalah beberapa pesona Nill sebagai destinasi menarik para wisatawan mancanegara.

Pertama, para wisatawan dapat berwisata dengan menggunakan kapal pesiar untuk menikmati keindahan sungainya dari dekat. Menikmati pesona keindahannya menggunakan kapal pesiar menjadi salah satu cara favorit turis dari berbagai belahan dunia.

Selanjutnya adalah keindahan Lembah Raja atau Valley of the Kings yang berada di tepian Sungai Nill. Tempat ini juga menjadi salah satu pesona yang menarik banyak wisatawan dunia setiap tahunnya.

Lembah Raja sendiri merupakan tempat di mana terdapat 63 makam, beberapa du antaranya adalah makam Firaun Thutmose I dan Ramses X. Sayangnya, setelah ditelusuri selama bertahun-tahun, hanya ada 16 dari 63 makam saja yang dapat ditemukan.

Sahabat Tour Aqsa juga bisa menikmati pesona sungainya pada malam hari, sebab tidak kalah indah ketika siang. Terdapat cahaya yang berasal dari gedung-gedung pencakar langit yang menambah keindahan sungainya pada malam hari.

Kegiatan Tour Aqsa by Satutours di Sungai Nill

Setelah mengetahui peran penting serta pesona Sungai Nill, tentu biaya tour Aqsa yang telah ditawarkan menjadi sangat sepadan. Apalagi Sahabat Tour Aqsa akan diajak melakukan berbagai kegiatan menari di sekitaran sungainya.

Peserta tour akan menikmati makan siang sambil melihat panorama Sungai Nill setelah proses imigrasi selesai. Selanjutnya adalah kunjungan ke beberapa destinasi menarik, termasuk ke Papiruz Store Cairo di hari berikutnya untuk melihat proses pembuatan papirus.

Setelah makan siang dan melaksanakan salat di Masjid Al-Azhar, Sahabat Tour Aqsa dapat menikmati keindahan Sungai Nill pada malam hari. Peserta juga dapat menikmati makan malam sebelum kembali ke hotel untuk berisitirahat.

Berbagai kunjungan tersebut hanya beberapa dari destinasi yang ditawarkan oleh Tour Aqsa by Satutours. Dengan harga standart, Sahabat Tour Aqsa juga bisa menikmati berbagai destinasi lain di Aqsa, Jordan, Mesir dengan fasilitas lengkap dan aman.

Nill merupakan sungai terpanjang di dunia yang menjadi sumber kehidupan utama bagi masyarakat Mesir. Hanya dengan harga tour Aqsa yang standar, Sahabat Tour Aqsa bisa menikmati pesona keindahan sungainya secara langsung. tour aqsa jordan mesir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *