Tempat-Tempat Populer di Yordania yang Perlu di Kunjungi

Tempat-Tempat Populer di Yordania yang Perlu di Kunjungi

Tempat-Tempat Populer di Yordania yang Perlu di Kunjungi

Jika Sahabat Tour Aqsa menyukai destinasi wisata alami, paket Tour Aqsa menuju tempat-tempat populer di area Timur Tengah dan sekitarnya bisa menjadi pilihan program liburan. Di antara berbagai tempat, Yordania adalah salah satu destinasi yang banyak digemari.

Yordania atau biasa disebut Jordan adalah salah satu negara berbentuk kerajaan di wilayah Timur Tengah. Karena berbatasan langsung dengan Arab Saudi bagian Timur dan Tenggara, Jordan banyak dikunjungi oleh wisatawan yang hendak menuju tanah suci dan sekitarnya.

Apabila Sahabat Tour Aqsa berminat untuk mampir di Jordan, terdapat beberapa tempat-tempat populer di Yordania yang perlu di kunjungi. Selain dikenal dengan keindahannya, berbagai tempat tersebut juga terkenal karena cerita sejarah islami di baliknya.

Saat ini, sebagian besar wilayah modern di Jordan telah memiliki ciri khas perkotaan masa kini. Meskipun demikian, berbagai tempat-tempat wisata populer masih terjaga keaslian bangunannya, sehingga sangat layak dijadikan sebagai destinasi wisata religi.

Rekomendasi Tempat-Tempat Populer di Yordania yang Perlu di Kunjungi

Tempat-Tempat Populer di Yordania yang Perlu di Kunjungi
Tempat-Tempat Populer di Yordania yang Perlu di Kunjungi

Sebagai negara yang kaya akan sejarah, Jordan menjadi rumah bagi berbagai bangunan yang menjadi saksi kebudayaan Timur Tengah di masa lalu. Berikut ini 10 rekomendasi destinasi populer untuk menelusuri keindahan panorama sembari menyelami sejarah di Yordania.

1. Petra

Meskipun harga Tour Aqsa untuk berwisata di area Jordan dan sekitarnya agak tinggi dibanding wilayah lain, namun harga tersebut sebanding dengan keindahan tempatnya. Salah satu tempat wisata paling populer serta banyak difavoritkan oleh pengunjung adalah Petra.

Petra merupakan sebuah bangunan bersejarah yang terletak di antara tebing-tebing gurun berwarna kemerahan. Terletak di sudut selatan Kota Yordania, tempat ini memiliki arsitektur memesona serta menjadi simbol kejayaan peradaban Nabatea Arab pada masa lalu.

Bahkan, Petra diperkirakan telah berdiri sejak abad ke-4 sebelum masehi. Saking populernya, Petra kerap digunakan sebagai lokasi syuting film terkenal produksi Hollywood, contohnya Indiana Jones.

2. Jerash

Jerash atau biasa disebut Gerasa dikenal sebagai reruntuhan dari sebuah kota kuno Romawi. Dahulu, kota ini dikenal sebagai kota terkaya di area Timur Dekat dengan daerah cukup subur serta akses air melimpah sepanjang tahun berkat adanya fasilitas reservoir kuno.

Dengan paket dan biaya Tour Aqsa yang sesuai, Sahabat Tour Aqsa dapat mengunjungi Jerash serta menikmati keindahannya. Dari sini, pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan Temple of Zeus serta Oval Plaza di dalam bangunannya.

Selain itu, salah satu ikon khas dari Jerash adalah sebuah pintu masuk yang dikenal dengan sebutan Hardian Arch. Hardian Arch diambil dari nama seorang kaisar pada masa itu yang berjasa mengharumkan nama kota Jerash semakin populer dan terkenal.

3. Al-Khazneh

Rekomendasi destinasi populer Yordania selanjutnya yaitu Al-Khazneh, sebuah tempat yang juga dikenal dengan sebutan Ruang Harta. Disebut Ruang Harta, sebab dulunya Al-Khazneh dipercaya sebagai tempat menyimpan harta jarahan bajak laut pada masa itu.

Hal ini juga didukung oleh legenda setempat yang menyebut bahwa dulunya, Al-Khazneh adalah sebuah kantor keuangan pada zaman Fir’aun Mesir. Karena kisahnya yang melegenda pada masa Kerajaan Nabatea, Al-Khazneh bisa menjadi opsi destinasi menarik untuk dicoba.

4. Wadi Rum

Untuk mempelajari lebih jauh terkait peradaban zaman prasejarah sesuai dengan paket dan harga Tour Aqsa yang ditawarkan, cobalah berkunjung ke Wadi Rum. Di bahasa arab, Wadi Rum bermakna lembah pasir, atau dikenal juga dengan nama Lembah Bulan (Wadi al-Qamar).

Wadi Rum dipercaya oleh masyarakat setempat sudah dihuni oleh zaman prasejarah. Hal ini dibuktikan dengan adanya peninggalan peradaban Nabatea berupa lukisan batu beserta kuil-kuil.

Di Wadi Rum juga terdapat gunung tertinggi Yordania yaitu Jabal Umm ad Dami, serta puncak tertinggi Yordania yaitu Jabal Ram. Jika tertarik menikmati keindahan bentang alam gurun pasir khas Timur Tengah, Sahabat Tour Aqsa dapat menjadikannya sebagai destinasi.

5. Ajloun

Tidak jauh dari Amman, ibu kota Yordania, terdapat sebuah tempat wisata menarik bernama Ajloun atau Ajlun. Ajloun terletak di area dataran tinggi, sehingga dari sini pengunjung bisa menikmati pemandangan alam terbaik area Jordan dari ketinggian.

Di atas perbukitan hijau Ajloun juga terdapat sebuah bangunan megah bernama Kastil Ajloun atau Qal’at ar-Rabad, sebuah menara yang menjadi destinasi liburan populer. Karena bentang alamnya, Ajloun banyak dijadikan sebagai tempat hiking oleh pengunjung.

6. Aqaba

Selanjutnya ada Aqaba, sebuah tempat wisata di selatan Yordania yang sangat berdekatan dengan perbatasan Israel. Dengan total sekitar 70.000 lebih penduduk, kota ini dijuluki sebagai kota industri, ilmiah, sosial, serta budaya.

Dengan paket Tour Aqsa yang sesuai, pengunjung sudah bisa menikmati liburan santai dengan berkunjung pantai Aqaba sembari menginap di resort mewah. Jika tertarik melihat keindahan bawah laut, pengunjung juga bisa mencoba wahana scuba diving. Tour Aqsa

7. Qusayr Amra

Selanjutnya adalah Qusayr Amra atau Quseir Amra, salah satu istana bersejarah yang menjadi warisan dunia sesuai ketetapan UNESCO. Qusayr Amra terletak di area Yordania Timur, dibangun oleh pemimpin Umayyah pada masa itu yaitu Walid bin Yazid.

Bangunannya tidak terbuat tinggi dengan konstruksi terbuat dari batu kapur. Pada bagian utara adalah bangunan dua lantai dengan langit-langit berkubah tiga di bagian aas pintu masuk utamanya, sedangkan pada sayap barat terdapat kubah lebih kecil.

Bangunan ini pertama kali dibangun pada awal abad ke-8, tepatnya sekitar tahun 723-724. Dulunya, kastil ini memiliki kompleks lebih besar, meskipun kini hanya tersisa bagian pondasi serta beberapa pedesaan yang merupakan tempat peristirahatan raja.

8. Laut Mati

Hampir semua Sahabat Tour Aqsa mungkin pernah mendengar tempat bernama Dead Sea alias Laut Mati ini. Laut Mati terbentang luas di daerah perbatasan antara Yordania-Palestina, dan dinamai demikian karena tidak adanya tanda-tanda kehidupan di area tersebut.

Pasalnya, Laut Mati memiliki kandungan garam tertinggi dibandingkan kadar garam rata-rata pada umumnya, yaitu kurang lebih sebesar 32%. Meskipun demikian, lumpurnya juga dipercaya mengandung berbagai mineral dan kalium yang baik untuk kesehatan.

Oleh karena itu, banyak pengunjung yang senang mengoleskan lumpur dari area Laut Mati ke sekujur tubuhnya. Meskipun biaya tour Aqsa menuju Laut Mati cukup kompetitif, namun hal tersebut sebanding dengan panorama serta keunikan tempatnya.

9. Madaba

Tempat wisata religi populer selanjutnya adalah Madaba, sebuah kota kuno yang tercatat dalam Alkitab Ibrani atau Perjanjian Lama menurut Alkitab Nasrani. Selain itu, Madaba juga dikenal sebagai pusat budaya mosaik Bizantium dan Umayyah.

Kini, Madaba menjadi kombinasi antara rumah khas pedesaan dengan destinasi wisata religi. Untuk memperoleh oleh-oleh khas Madaba, pengunjung bisa mampir ke Jalan Hussein bin Ali alias Jalan Turis yang menyediakan berbagai kerajinan tangan serta produk ikonografi religius.

10. Irbid

Pada zaman dahulu, Irbid dikenal dengan sebutan Arabella atau Arbela, sebuah kota metropolitan dengan jumlah penduduk terbesar di Jordan setelah Amman dan Zarqa. Irbid menjadi rumah bagi berbagai artefak serta kuburan bersejarah sejak Zaman Perunggu.

Bahkan, berbagai potongan tembikar dan batu dinding yang ditemukan di area ini juga diperkirakan telah dibuat sejak 3200 SM. Sejak berada di bawah kekuasaan Khalifah Islam, Arabella dikenal dengan nama Irbid dan menjadi kota bercorak khas Timur Tengah.

Jika tertarik mengunjungi 10 tempat wisata populer di Yordania tersebut, paket liburan dari Satutours dapat menjadi pilihan. Bersama paket Tour Aqsa, perjalanan liburan religi yang berkesan sekaligus menambah wawasan bisa dilakukan dengan aman dan nyaman. Tour Aqsa Jordan mesir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *