Tour Muslim Masjidil Aqsa untuk Keluarga

Tour Muslim Masjidil Aqsa untuk Keluarga

Tour Muslim Masjidil Aqsa untuk Keluarga

Cara Berkunjung ke Aqsa

Sebagai tempat bersejarah bagi umat muslim, tour muslim Masjidil Aqsa untuk keluarga dapat menjadi salah satu pilihan destinasi liburan islami. Meski kerap diperebutkan berbagai kaum, Masjid Al-Aqsa masih menjadi tempat istimewa yang banyak dikunjungi umat Islam.

Setiap tahun, salah satu rumah Allah ini selalu ramai dikunjungi oleh jamaah muslim dari berbagai belahan dunia. Hal ini tentu tak terlepas dari sejarah penting dan berbagai hal menarik di balik masjid ini yang kisahnya diabadikan dan tercatat dalam Al-Qur’an.

Letak Sebenarnya Masjidil Aqsa Menurut Sejarah Islam

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa letak Masjid Al-Aqsa hingga kini masih menjadi perdebatan sekaligus sumber konflik antar umat Islam dan Yahudi? Hal ini karena bangunannya dianggap sebagai tempat suci oleh kedua umat tersebut.

Selain karena sejarahnya, arsitektur bangunan yang juga dikenal sangat indah menjadi daya tarik khusus lainnya. Oleh karena itu, Masjidil Aqsa hingga kini masih menjadi salah satu pilihan paket Tour Aqsa bagi umat muslim untuk berwisata islami.

Rumah Allah satu ini terletak di Kota Tua Yerusalem, sebelah timur ibukota negara Palestina. Sebagaimana yang diketahui, secara jelas ia memang berada dalam wilayah negara Palestina, meskipun wilayahnya dikenal sebagai tempat konflik antara Israel dan Palestina.

Oleh karena itu, untuk Sahabat Tour Aqsa yang ingin berkunjung ke tempat suci ini diketahui dapat masuk melalui akses dari area Israel. Namun, terlepas dari konflik di baliknya, tempat ini tetap menjadi bangunan suci yang dijaga kedua umat, baik Islam maupun Yahudi.

Fakta Menarik tentang Keistimewaan Masjidil Aqsa dalam Sejarah Islam

fakta masjidil Aqsa

Karena kini berada di bawah kendali Israel, harga Tour Aqsa yang perlu dikeluarkan untuk memperoleh akses menuju tempat suci ini tentu cukup bersaing. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan budget khusus untuk mempersiapkan proses keberangkatannya. Namun, biaya tersebut sepadan dengan nilai sejarah berharga yang tersimpan di balik bangunannya. Menurut catatan dari berbagai sejarawan, berikut ini adalah beberapa fakta menarik terkait Masjidil Aqsa menurut Islam.

  1. Merupakan kiblat pertama bagi umat muslim

Keistimewaan dari Masjidil Aqsa terletak pada sejarahnya sebagai kiblat pertama bagi umat Islam. Sebelum Allah SWT berfirman dan memerintahkan untuk mengubah arah kiblat ke Ka’bah di Mekah, perintah shalat pertama kali adalah menghadap ke Masjid Al-Aqsa.

Tak hanya itu, sebuah hadis riwayat Bukhari-Muslim juga menyebutkan bahwa tempat ini adalah masjid kedua yang diletakkan Allah di muka bumi. Hal ini karena keberadaannya sudah ada sejak masa nabi-nabi sebelum diturunkannya Rasulullah.

Itulah sebabnya, masjid ini selalu menjadi destinasi wajib bagi umat muslim untuk melaksanakan ibadah shalat secara lebih khidmat. Meski sempat ditutup karena COVID-19 dan beberapa konflik, namun tempat ini masih digunakan untuk umat Islam beribadah.

  1. Merupakan tempat suci bersejarah bagi 3 agama

Dari dulu hingga sekarang, destinasi satu ini dikenal sebagai simbol toleransi antar umat 3 agama samawi yaitu Islam, Kristen, dan Yahudi. Itulah sebabnya hingga saat ini, Yerusalem sebagai tempat bangunannya berdiri masih menjadi destinasi beribadah bagi ketiga agama.

Bagi umat Islam, masjid ini merupakan saksi sejarah penting atas terjadinya perjalanan Isra Mi’raj saat Nabi Muhammad mendapat wahyu Allah. Masjid inilah yang tercatat dalam Al-Qur’an sebagai tempat Rasul naik ke langit untuk menerima perintah shalat pertama kali.

Adapun dari sudut pandang umat beragama Yahudi, tempat suci ini dikenal dengan sebutan Bait Allah atau Bait Suci. Menurut kepercayaan mereka, di sinilah tempat berdirinya Bait Suci di masa lalu sebagai tempat peribadatan bangsa Yahudi Israel pada zaman kuno.

Sedangkan menurut kepercayaan umat Kristen, situs ini adalah lokasi bersejarah dari peristiwa ketika Nabi Ibrahim (Abraham) hendak menyembelih putranya, Ishak. Karena terkait erat dengan 3 kepercayaan, umatnya dikenal memiliki tingkat toleransi yang tinggi.

  1. Bangunan saat ini bukanlah bangunan asli

Berdasarkan catatan sejarahnya, diketahui bahwa Masjid Al-Aqsa yang asli bangunannya telah rata dengan tanah akibat gempa bumi besar pada pertengahan abad ke-6. Kemudian, pembangunan kembali dilakukan oleh Khalifah Al-Walid dari dinasti Umayyah.

Dinasti Abbasiyah lalu melanjutkan proses restorasi dan mengubah arsitektur bangunan masjidnya. Hal ini dapat dilihat dari kubahnya yang dulu berupa kubah batu bergaya romawi, kini telah menjadi kubah bergaya arsitektur khas Islam.

Pilihan Destinasi Wisata di Masjidil Aqsa dan Sekitarnya

Jika berminat menyiapkan budget untuk paket dan biaya Tour Aqsa, jangan lupa menyiapkan pilihan destinasi wisatanya. Berikut ini beberapa tempat wisata terbaik di area Masjidil Aqsa dan sekitarnya untuk berlibur bersama keluarga.

  1. Masjid Al-Aqsa

Tahukah sahabat Tour Aqsa bahwa di tempat suci ini sebenarnya terdapat beberapa masjid lainnya? di antaranya yaitu Masjid Qibly di sebelah selatan, Masjid Buraw, Masjid Marwani, dan lain-lainnya. Namun, seluruh bangunan di situs suci ini dianggap sebagai Masjid Al-Aqsa.

  1. Pohon Sahabi

Pohon Sahabi atau dikenal pula sebagai pohon Al-Buqayawiyya adalah pohon berusia 1500 tahun yang terletak di Jordan. Konon, pohon ini merupakan tempat berteduhnya Nabi saat singgah dalam perjalanan bersama pamannya menuju Syam.

  1. Pantai Gaza

Jika berkunjung ke area Palestina, jangan lupa mampir ke Pantai Gaza. Terletak di jalur Gaza Palestina, tempat ini dikenal memiliki panorama indah dengan pasir putihnya. Karena itu, Pantai Gaza kerap dijadikan sebagai area persinggahan dalam paket Tour Aqsa.

  1. Kota Tua Yerusalem

Selain menjadi tempat berdirinya Masjidil Aqsa, Kota Yerusalem juga menjadi rumah bagi berbagai bangunan sejarah untuk agama Islam, Nasrani, dan Yahudi. Mulai dari Dome of the Rock, Church of the Holy Sepulchre, museum Tower of David, dan beberapa lainnya.

  1. Kota Kuno Sebastian

Selain Yerusalem, kota kuno lainnya adalah Sebastian yang terletak di barat laut Kota Nablus. Di sini, pengunjung dapat melihat sisa reruntuhan dari istana Samaria, Kebun Zaitun, Gereja Bizantium Roma, dan beberapa destinasi bersejarah lain.

Paket Tour Muslim Masjidil Aqsa untuk Keluarga oleh TourAqsa.com

Bagi Sahabat Tour Aqsa yang berminat mengikuti tour muslim ke tempat suci ini bersama keluarga, pilihlah paket perjalanan terbaik. Untuk memperoleh harga Tour Aqsa yang terjangkau, salah satu pilihan terbaiknya adalah TourAqsa.com dari Satutours Travel.

Insya Allah, program tour muslim kami merupakan paket perjalanan terlengkap, terbaik, dan dijamin berangkat setiap bulan. Bahkan, mitra muslim juga bisa memilih sendiri paket tournya dengan berbagai promo terbaik dan penawaran fasilitas memuaskan.

Jika berminat menapaki jejak sejarah Islam dengan biaya Tour Aqsa yang terjangkau, cukup bergabung dan daftarkan diri segera sebelum kuotanya terpenuhi. Mulai dari tiket pulang pergi, akomodasi, konsumsi, hingga tour leader dan guide lokal semuanya telah terpenuhi. Dengan harga 2295 USD (sekitar Rp35,8 juta), siapapun dapat bergabung di program konsorsium selama kurang lebih 11 hari. Syarat dan ketentuan pendaftarannya pun tidak menyulitkan.

Untuk mengetahui syarat dan ketentuan pendaftaran paketnya, Sahabat Tour Aqsa dapat berkonsultasi bersama Tour Consultant kami. Dengan paket Tour Aqsa terbaik, perjalanan bersama keluarga ke Masjidil Aqsa dijamin lebih berkesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *