Mengenal Tempat Wisata Sekitaran Masjid Al-Aqsa yang Paling Legendaris

Mengenal Tempat Wisata Sekitaran Masjid Al-Aqsa yang Paling Legendaris

Mengenal Tempat Wisata Sekitaran Masjid Al-Aqsa yang Paling Legendaris

Mengenal Tempat Wisata Sekitaran Masjid Al-aqsa yang Paling Legendaris
Mengenal Tempat Wisata Sekitaran Masjid Al-aqsa yang Paling Legendaris

Bagi para penggemar wisata religi, berlibur sembari mengenal tempat wisata sekitaran Masjid Al-Aqsa yang paling legendaris bisa menjadi opsi. Sebab wilayah Masjid Al-Aqsa dan sekitarnya dikenal memiliki berbagai objek wisata bersejarah yang indah nan legendaris.

Apalagi pasca era new normal diberlakukan, semakin banyak orang dari seluruh dunia yang kembali mengadakan perjalanan berwisata, termasuk ke area Timur Tengah. Di antara berbagai area Timur Tengah, masjid suci di Yerusalem ini adalah salah satu favorit para turis.

Alasan mengapa Masjidilaqsa selalu ramai dikunjungi para wisatawan mancanegara ialah karena sejarah di baliknya. Secara harfiah, Masjid Al-Aqsa atau Masjidilaqsa berarti masjid terjauh, di mana menurut sejarah di sinilah saksi terjadinya peristiwa Isra’ Mi’raj Rasulullah.

Selain Islam, tempat ini juga ternyata berkaitan erat dengan sejarah agama Nasrani (Kristen) serta Yahudi. Oleh karena itu, Masjidilaqsa menjadi destinasi yang selalu ramai pengunjung dari tahun ke tahun, terutama oleh para penganut agama samawi Islam, Kristen, dan Yahudi.

Mengenal Tempat Wisata Sekitaran Masjid Al-Aqsa yang Paling Legendaris

Menurut sejarah, Masjid Al-aqsa diperkirakan sudah mulai dibangun sejak awal masa Kekhalifahan Umayyah di wilayah Palestina. Ada juga pendapat lain yang menyebutkan bahwa konstruksinya pertama kali didirikan oleh Khalifah Umar bin Khattab.

Terlepas dari berbagai teori di balik sejarah pendiriannya, masjid ini pada dasarnya terletak di Palestina. Karena konflik Israel-Palestina, akses masuk dan harga Tour Aqsa memang cukup tinggi, namun para pengunjung tetap dapat mengunjungi 10 tempat legendaris berikut.

1. Dome of the Rock

Destinasi legendaris pertama adalah Dome of the Rock alias kubah batu, yang biasa juga disebut dengan nama Kubah Shakhrah. Tempat ini disebut Kubah Shakhrah (batu) karena di baliknya terdapat sebuah batu bersejarah bagi sejarah Islam.

Diyakini, batu yang dinaungi oleh kubah tersebut adalah batu yang menjadi tempat Nabi Ibrahim (Abraham) mengorbankan putranya, Nabi Ishak. Bahkan, pada bangunan ini terdapat pula batu yang dipercaya sebagai tempat Nabi Muhammad berpijak saat Isra Mi’raj.

2. Bukit Zaitun

Dengan paket dan biaya Tour Aqsa yang sesuai, Sahabat Tour Aqsa dapat mengunjungi Bukit Zaitun. Bukit Zaitun diketahui merupakan lokasi dari ratusan makam tokoh bersejarah, termasuk makam dari Nabi Zakaria AS serta Absalom, anak Nabi Daud atau King David.

Puncak tertinggi Bukit Zaitun dikenal dengan nama at-Tur, memiliki ketinggian sekitar 818 meter atau 2.683 kaki. Sehingga dari bukit ini, Sahabat Tour Aqsa juga bisa melihat pemandangan indah kota Yerusalem dengan puas dari ketinggian.

3. Pantai Gaza

Jika ingin menikmati wisata menyenangkan di alam, cobalah mengunjungi Pantai Gaza. Terletak di jalur Gaza Palestina, pantai indah dengan bentangan pasir putih ini menjadi destinasi favorit warga Gaza dan sekitarnya, terutama pada musim panas.

Apalagi sejak pengadaan fasilitas pengolahan limbah lautan, pengunjung dapat menikmati pantai Kota Gaza yang semakin bersih dan aman. Untuk menikmati pemandangan lebih indah, Sahabat Tour Aqsa dapat berkunjung saat matahari terbit (sunrise) atau terbenam (sunset). Tour Aqsa

4. Makam Nabi Daud

Nabi Daud dalam Islam dikenal sebagai Nabi yang pernah memerintah Bani Israil (kaum Israel) di Yerusalem. Sehingga bagi kaum Yahudi, Nabi Daud dikenal pula dengan sebutan King David. Jika berkunjung ke Yerusalem, salah satu destinasi legendaris adalah Makam Nabi Daud.

Makam Nabi Daud (King David’s Thomb) selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai agama, yaitu Islam, Yahudi, maupun Nasrani. Jika memiliki budget untuk paket dan biaya Tour Aqsa, Makam Nabi Daud bisa menjadi salah satu pilihan destinasi legendaris.

5. Terowongan Hizkia

Selanjutnya, ada Terowongan Hizkia (Hezekiah’s Tunnel), yaitu sebuah saluran air yang berada di bawah Kota Daud. Saluran ini mengalirkan air dari Gihon menuju Kolam Siloam, dan dahulu difungsikan untuk menghadapi ancaman pengepungan Raja Asyur Mesopotamia.

Menurut catatan sejarah pembangunannya, terowongan Hizkia memiliki panjang sekitar 1200 hasta menurut ukuran tangan penduduk pada masa itu. Namun dari pengukuran masa sekarang, terowongan ini diketahui memiliki panjang total 533 meter (sekitar 1760 kaki).

6. Pohon Sahabi Jordan

Salah satu destinasi yang patut dikunjungi dengan paket Tour Aqsa adalah Pohon Sahabi Jordan, sebuah pohon legendaris berusia ribuan tahun yang keberadaannya masih menjadi misteri. Pasalnya, pohon ini mampu tumbuh subut di kawasan bebatuan yang tandus.

Menurut Al-Qur’an dalam surah Al-Isra, hal ini adalah bukti keberkahan khusus bagi daerah sekitar Masjid Al-Aqsa. Adapun asal usul nama Pohon Sahabi adalah karena pohon ini dipercaya sebagai saksi pertemuan antara Rasulullah dan Buhaira, seorang biarawan Nasrani.

7. Kota Tua Yerusalem

Masjidilaqsa secara geografis bertempat di Yerusalem, sebuah kota suci bagi 3 agama samawi (Islam, Nasrani, Yahudi). Bahkan menurut arkeolog dan peneliti, Kota Tua Yerusalem tercatat telah berdiri sekaligus dihuni oleh masyarakat setempat sejak tahun 4000 sebelum Masehi.

Saat memilih paket dan harga Tour Aqsa, sebaiknya pastikan untuk berkunjung ke tempat bersejarah ini. Pasalnya, wilayah Yerusalem dikenal sebagai tempat Nabi Muhammad menjalani Isra’ Mi’raj menuju surga menerima perintah shalat pertama dari Allah SWT.

8. Kota Tua Akka

Meskipun daerah sekitarnya diwarnai oleh konflik Palestina dan Israel, namun di dekat Masjidilaqsa tersimpan sebuah situs kota tua bernama Kota Akka. Kota Tua Akka terkenal karena keindahan panorama laut Mediterania yang bisa dinikmati dengan menawan.

Dahulu, kota ini menjadi benteng pertahanan untuk melawan pasukan Kerajaan Salib. Selain itu, kota ini diyakini sebagai salah satu kota tertua yang pernah dihuni oleh manusia. Sejumlah warga Palestina setempat juga masih mempertahankan kultur dan budaya aslinya.

9. Kota Kuno Sebastian

Wilayah sekitar Masjid Al-Aqsa memang menjadi rumah bagi berbagai kota kuno bersejarah, termasuk Kota Kuno Sebastian. Terletak di Barat Kota Nablus dengan jumlah penduduk hanya 4.500 kiwa, Sahabat Tour Aqsa bisa menikmati liburan yang tenang di tempat ini.

Di kota ini, terdapat sisa reruntuhan dari berbagai bangunan bersejarah seperti Istana Samaria, Gereja Bizantium, Kebun Zaitun, dan masih banyak lagi. Jika tertarik dengan wisata religi bersejarah, Kota Kuno Sebastian bisa menjadi pilihan.

10. Kota Deir Ghassana

Rekomendasi terakhir namun tak kalah legendaris adalah Kota Deir Ghassana yang dikelilingi oleh berbagai bangunan menarik bernuansa kuno. Pada setiap penjuru rumah di kota ini, pengunjung bisa melihat adanya sumur untuk menyimpan air, biji-bijian, serta minyak zaitun.

Sumur tersebut berfungsi sebagai tempat menyimpan bekal selama masa peperangan berlangsung. Selain menikmati keindahan arsitektur kotanya, jangan lupa untuk mencoba berbagai makanan lokal yang lezat dan menarik untuk dicicipi.

Jika berminat dengan wisata islami ke berbagai tempat legendaris Masjid Al-Aqsa, Tour Aqsa by Satutours Travel adalah opsi program perjalanan terbaik. Mulai dari penyediaan tiket pulang pergi, akomodasi terbaik, konsumsi, hingga tour leader akan difasilitasi dengan baik.

Hanya dengan biaya sebesar 2295 USD atau sekitar Rp35,8 juta saja, Sahabat Tour Aqsa sudah bisa mengikuti program perjalanan yang menyenangkan. Dengan paket Tour Aqsa yang menarik, liburan religi yang berkesan dan menambah wawasan pasti bisa diwujudkan. tour aqsa jordan mesir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *