Masjid Aqsa Trip

Masjid Aqsa Trip

Masjid Aqsa Trip

Inilah Beberapa Fakta Istimewa Mengenai Masjidil Aqsa

Melakukan perjalanan seperti masjid Aqsa trip setidaknya harus Sahabat Tour Aqsa lakukan meskipun hanya 1 kali. Perjalanan seperti ini selain membawa Sahabat Tour Aqsa healing ke luar negeri, tentu akan memberikan manfaat bertambahnya iman dan lainnya untuk muslim.

Namun sebelum melakukan perjalanan ini sebaiknya Sahabat Tour Aqsa memahami terlebih dahulu mengapa tempat ini menjadi salah satu tempat tersuci di dunia. Jika Sahabat Tour Aqsa pernah belajar tentang agama di sekolah, tentu akan memahami beberapa sejarah pentingnya.

Sebelum pergi ke sana, pastikan Sahabat Tour Aqsa sudah memiliki biaya Tour Aqsa dan segala perlengkapan yang harus dibawa. Kemudian pelajari beberapa bagian dari masjid ini yang harus diketahui.

Masjid Aqsa Trip

Tentu semua muslim juga memahami bahwa tempat ini merupakan tempat di mana peristiwa isra’ mi’raj terjadi. Selain itu dari beberapa riwayat dikatakan bahwa masjid tersebut adalah kiblat bagi semua umat muslim. Sehingga kata nabi, semua muslim harus sholat di manapun lokasinya. Masjid ini juga disebut sebagai salah satu tempat suci ke 3 di dunia. Sebagai umat muslim, tentu Sahabat Tour Aqsa ingin setidaknya 1 kali mengunjungi masjid Aqsa.

Untuk melakukannya, Sahabat Tour Aqsa harus memesan kursi untuk mengikuti trip bersama agen perjalanan terbaik. Terdapat bagian yang harus dipahami sebelum melakukan perjalanan ini. Tujuannya adalah agar Sahabat Tour Aqsa tidak perlu bingung saat datang ke sana.

Pengetahuan tentang sebuah tempat yang akan dikunjungi harus didapatkan sebelum melakukan perjalanan. Jika Sahabat Tour Aqsa belum memahami apa saja bagian-bagian dari tempat tersebut, coba pahami dan ingat-ingat beberapa bagian berikut ini.

  1. Jami’ Al Aqsha

Jami’ al aqsha atau bangunan utamanya itu sendiri merupakan sebuah masjid besar yang digunakan oleh kaum muslim untuk sholat. Kabarnya ketika melakukan umroh atau haji, banyak orang menyempatkan diri datang ke sini untuk menunaikan sholat sunnah atau sholat wajib. Jami’ al aqsha sangat luas dan mampu menampung jamaah sebanyak 5000. Jadi Sahabat Tour Aqsa tidak perlu heran jika banyak umat yang sholat di sini. Dengan kapasitas besar tersebut tentu semua orang berusaha menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat suci ini.

Hal unik dari jami’ al aqsha adalah kubahnya yang berwarna biru hampir abu-abu. Tidak seperti umumnya, kubah lebih banyak diberi warna hijau, kuning atau putih. Namun tidak dengan kubah ini. Sejarah mengatakan dahulunya Khalifah Umar Bin Khattab yang membangunnya. Dalam biaya Tour Aqsa, Sahabat Tour Aqsa sudah bisa mendapatkan kunjungan ke beberapa tempat, salah satunya adalah ini.

  1. Mushola Al Marwani

Masjid Marwani, Menjadi Saksi Kelahiran Nabi Isa Alaihi Salam Versi Muslim
Mushola Al Marwani

Juga terdapat mushola yang diberi nama al marwani. Terletak di bagian tenggara bangunan utama, mushola Al Marwani merupakan ruangan bawah tanah yang fungsinya juga sama dengan bangunan utama, yaitu untuk menunaikan sholat sunnah atau sholat wajib. Jadi jika suatu hari nanti Sahabat Tour Aqsa sudah membeli paket Tour Aqsa, namun ketika datang bangunan utamanya penuh, tidak perlu panik dan menunggu terlalu lama. Biasanya orang yang beribadah ke sana melama-lamakan diri untuk berdzikir dan berdo’a.

Jangan sampai kelelahan menunggu giliran dengan jamaah lain, coba datangi mushola Al Marwani untuk menunaikan ibadah sholat di sana. Jika tidak tahu arah, Sahabat Tour Aqsa bisa menggunakan kompas atau langsung saja bertanya pada petugas dan pemimpin perjalanannya.

  1. Kubah Kenaikan

Kubah kenaikan disebut juga dengan kubah mi’raj. Hal ini karena kubah kenaikan diyakini sebagai tempat di mana nabi mulai naik ke langit saat peristiwa Isra’ Mi’raj. Kubah kenaikan ini letaknya di bagian utara dan merupakan sebuah kubah mandiri yang tidak bergandengan.

Namun terdapat sejarah yang mengatakan bahwa dulunya kubah kenaikan dibangun oleh tentara pada saat perang, kemudian dipakai untuk keperluan baptis orang Yahudi. Meskipun pada akhirnya kini kubah tersebut diberitakan sudah diwakafkan dan bisa dipakai untuk hal lain.

Sebenarnya terdapat kubah lain yang menjadi keyakinan masyarakat dan ahli sejarah sebagai titik pertama nabi naik ke langit. Namun jika Sahabat Tour Aqsa ingin mengunjungi kubah ini untuk melihat isinya, tentu saja hal ini sangat diperbolehkan lewat paket Tour Aqsa.

  1. Menara Masjid

Menara masjid terletak di bagian barat laut dari bangunan utama. Menara ini dibangun oleh seorang sultan namun tidak pada zaman nabi. Menara tersebut didirikan sebagai tempat untuk mengumandangkan adzan, kegiatan tersebut juga terus dilakukan hingga hari ini.

Kabarnya para wisatawan juga bisa melakukan adzan ketika sudah tiba waktunya sholat dari menara ini. Adzan yang dikumandangkan akan terdengar hampir ke seluruh daerah Aqsa yang luas. Sahabat Tour Aqsa juga bisa mendengarkannya sambil meresapi makna-makna adzan.

Menara masjid juga memiliki keunikan pada bangunannya, keunikan tersebut adalah bebatuan yang digunakan untuk membangunnya. Membuat menara ini menjadi sangat estetik, terutama ketika sudah ditambahkan hiasan bangunan. Menara ini juga tidak mudah goyah karena gempa.

  1. Al Mawazin

Al Mawazin adalah sebutan untuk salah satu gerbang yang ada di sana. Sebenarnya terdapat beberapa jenis gerbang yang terletak di berbagai arah, nama gerbangnya juga berbeda-beda. Namun gerbang Al Mawazin ini sangat terkenal karena merupakan tempat masuk bagi muslim. Jadi setelah Sahabat Tour Aqsa mengetahui berapa harga Tour Aqsa dan membelinya, perjalanan akan dimulai sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Setibanya di Masjidil Aqsa, semua rombongan akan langsung melewati gerbang Al Mawazin sebelum beribadah.

  1. Museum Islam

Di masjidil ini juga tersedia museum Islam. Jika Sahabat Tour Aqsa datang untuk beribadah di masjidil ini, jangan sampai lupa meluangkan waktu untuk mengunjungi museum Islam. Museum ini menyimpan benda-benda dari zaman Islam yang sangat berharga dan sangat bersejarah.

Dulunya, museum Islam merupakan sebuah madrasah atau sebuah tempat menuntut ilmu yang didirikan oleh salah satu pemuka agama. Sekolah atau madrasah tersebut terus dijalankan untuk mengajarkan ilmu-ilmu Islam kepada anak-anak sampai akhirnya menjadi museum.

Alasan mengapa madrasah tersebut akhirnya menjadi museum adalah karena tidak ada lagi yang mengurus madrasahnya. Kemudian pemerintahan di sana mengalihfungsikan sekolah atau madrasah tersebut menjadi sebuah museum Islam yang dapat dikunjungi wisatawan.

  1. Kubah nabi

Sebenarnya di Masjidil Aqsa terdapat beberapa kubah dengan nama yang berbeda-beda. Namun kubah nabi merupakan salah satu kubah paling terkenal dan paling sering dikunjungi oleh wisatawan muslim. Para Sahabat Tour Aqsa juga harus menyempatkan diri ke kubah ini.

Kubah nabi memiliki sejarah yang sangat Islami. Para ahli sejarah mengatakan bahwa kubah nabi merupakan tempat di mana dulu nabi menjadi imam untuk para muslim. Sehingga banyak orang yang berusaha ibadah di kubah nabi ini, meskipun hanya berdo’a atau melakukan dzikir.

Setelah memahami beberapa bagiannya, tentu Sahabat Tour Aqsa akan lebih bersemangat. Segera hubungi pihak Tour Aqsa untuk mengikuti harga Tour Aqsa dengan pelayanan penuh tanggung jawab. Tour Aqsa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *