Tour Aqsa 2024 Bersama Satutours Travel

Tour Aqsa 2024 Bersama Satutours Travel

Tour Aqsa 2024 Bersama Satutours Travel

Tour Aqsa 2024 bersama Satutours Travel adalah impian bagi setiap Teman Jalan yang bersemangat untuk mendalami kekayaan spiritual Islam. Sebab, ada banyak sekali keutamaan Masjid Al-Aqsa bagi kaum muslim di seluruh dunia.

Apalagi, ini dikenal sebagai salah satu tempat suci bagi para pemeluk agama Islam berkat sejarahnya. Bahkan hingga saat ini, area Masjidil Aqsa di Kota Lama Yerusalem masih menjadi bahan rebutan antara penduduk Palestina dan penduduk Israel.

Terlepas dari konfliknya, Masjidil Aqsa atau yang dikenal juga dengan sebutan Baitul Maqdis (bait suci) tetap menjadi destinasi religi favorit banyak orang. Jadi, sebaiknya ketahui apa saja keutamaan tempat ini hingga masjid lain yang bisa dikunjungi di area Al-Aqsa.

Keutamaan Berkunjung ke Masjid Al-Aqsa bagi Muslim

Bagi kaum muslim, terdapat sejumlah tempat suci dengan nilai historis berkaitan dengan agama Islam. Selain Mekah serta Madinah, salah satu di antaranya adalah Masjidil Aqsa ata Baitul Maqdis. Bukan tanpa sebab, ini dia 2 alasan keutamaan berkunjung ke Al-Aqsa:

1.     Menjadi Tempat Isra’ Mi’raj Rasulullah SAW

Ketika memasuki gerbang Masjidil Aqsa, Teman jalan akan disambut kemegahan rumah ibadah yang menjadi saksi sejarah perjalanan Isra’ Mi’raj Rasulullah SAW. Isra’ Mi’raj adalah peristiwa di mana Nabi Muhammad diangkat ke langit oleh Allah.

Di langit, Rasulullah bertemu para Nabi lain sebelum kembali ke Baitullah di Mekah. Pada perjalanan ini jugalah kaum muslim mendapatkan perintah menunaikan shalat wajib 5 waktu untuk pertama kalinya.

Itu sebabnya, salah satu aktivitas wajib oleh setiap pengunjung tempat suci ini adalah menunaikan shalat di dalamnya. Bahkan dalam Al-Quran, Allah memuliakannya dengan firman dalam surah Al-Isra ayat 1.

Potongan ayat tersebut adalah sebagai berikut. “Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba‎-‎Nya di waktu malam‎ dari‎ Masjidil Haram ‎ke‎ Masjidil Aqsa yang‎ telah ‎Kami‎ berkahi sekelilingnya‎ untuk ‎memperlihatkan‎ sebagian tanda‎-tanda‎ (‎kebesara‎n Allah).”

2.     Sebagai Bentuk Dukungan kepada Penduduk Palestina

Teman Jalan tentu tahu bahwa hingga saat ini konflik perebutan tanah air antara penduduk Palestina dengan Israel masih belum berakhir. Oleh karena itu, berkunjung ke Baitul Maqdis ini adalah suatu bentuk nyata solidaritas dengan saudara-saudara seiman di Palestina.

Dengan berkunjung ke sana, ini menjadi kesempatan berharga dalam memberikan dukungan moril kepada para pejuang kemerdekaan Palestina. Kunjungan tersebut adalah peluang bersilaturahim dan menunjukkan kepada dunia tentang nilai kepedulian pada sesama.

Masjid yang Berada di Kompleks Masjidil Aqsa

Masjidil Aqsa adalah rumah ibadah muslim kedua yang dibangun setelah berdirinya Masjidil Haram. Di dalamnya terdapat beberapa masjid yang sampai sekarang masih difungsikan sebagai tempat shalat dan bisa Teman Jalan kunjungi, di antaranya sebagai berikut.

1. Al-Qibli

Masjidnya dinamai “Qibli” karena memiliki posisi menghadap ke arah selatan kiblat di Makkah Al Mukarromah. Sejarah pembentukannya dimulai dengan konstruksi awal oleh Khalifah Umar Bin Khattab.

Kemudian dibentuk sesuai dengan bentuk yang dikenal sekarang oleh Khalifah Abdul Malik Bin Marwan. Luasnya mencapai 4500 meter persegi, cukup untuk menampung 5500 jamaah, serta biasa digunakan saat salat Jumat.

2. Kubah Ash Shahrah (Dome Of The Rock)

Teman Jalan pasti sudah sering melihat bangunan satu ini, sebab kubah emasnya sangat mencolok meski dipandang dari kejauhan. Di bawahnya, terdapat batu bersejarah yang menjadi saksi peristiwa besar Isra’ Mi’raj Rasulullah SAW.

Khalifah Abdul Malik bin Marwan membangunnya pada tahun 72 H. Di sinilah salat Zhuhur, Ashar, Magrib, dan Isya’ dilakukan dengan dipimpin oleh seorang imam. Namun, saat fajar menyingsing, pintunya ditutup, lalu salat Subuh dilaksanakan di Al-Qibli.

3. Al-Marwani

Dibangun Khalifah Abdul Malik bin Marwan, masjid Al-Marwani memiliki 16 paviliun dengan luas 4000 meter persegi, cukup untuk 4000 jamaah. Ini bukan tempat untuk Salat Berjamaah sehari-hari, hanya digunakan untuk Salat Jumat saja, buka dari pukul 11 siang hingga 3 sore.

4. Al-Qadim (Old Aqsha)

Terletak tepat di bawah Al-Qibli, Masjid Al-Qadim menjadi tempat ibadah ketika Salat Jumat tiba, menampung hingga 10.000 jamaah atau lebih. Setiap sudutnya dilengkapi pilar-pilar besar yang diyakini sebagai hasil karya jin pada zaman Nabi Sulaiman AS.

5. Al-Buraq

Bangunannya terletak di barat daya, berdampingan dengan Tembok Ratapan (Western Wall). Nama Buraq diambil dari nama kendaraan ajaib Rasul saat Isra’ Mi’raj. Konon, Rasulullah menambatkan Buraq di sini saat singgah dari Makkah ke Baitul Maqdis.

Namun, masjidnya hanya buka dari pukul 11 siang hingga 4 sore saja. Tidak digunakan untuk salat lima waktu karena ukurannya memang kecil, namun tetap memberikan perasaan suci dan khusyuk saat berada di dalamnya.

6. An-Nisa

Masjid An-Nisa letaknya berdekatan dengan Al-Buraq. Menariknya, pada masa pendudukan Perang Salib tempatnya digunakan sebagai gereja. Tapi saat Saladhin Al-Ayyubi merebut kembali Al-Quds, tempatnya dibersihkan lalu dijadikan tempat salat khusus wanita.

7. Al-Magharibah

Kemudian, ada Al-Magharibah yang terletak di sudut barat daya kompleks Al-Aqsa, dibangun oleh Salahuddin Al-Ayyubi pada tahun 590 H/1193 M. Sekarang, bangunannya digunakan sebagai Museum Islam, dibuka setiap pukul 9 pagi hingga pukul 2 siang.

Di dalamnya, Teman Jalan dapat menemukan banyak peninggalan Islam, seperti kuali besar untuk memasak bagi para jamaah pengunjung kompleks Al-Aqsha. Mesjid ini memiliki sejarah panjang yang mencerminkan perjuangan mempertahankan keberkahan Islam.

8. Babul Rahmah

Babul Rahmah artinya pintu keberkahan, dan sebenarnya bangunan ini merupakan Pintu Gerbang Babul Rahmah yang pernah ditutup oleh Salahuddin Al-Ayyubi. Penutupan tersebut bertujuan melindungi Masjidil Aqha dari serangan musuh.

Namun, pada tahun 2019, tempat ini akhirnya diberdayakan sebagai rumah ibadah bagi warga sekitar. Terletak di sebelah timur berdekatan dengan Maqam Ibrahim, Babul Rahmah dipercaya akan jadi tempat Nabi Isa akan memimpin salat Subuh dengan Imam Mahdi.

Percayakan Tour Aqsa Jordan Mesir Kepada Satutours

Bagi Teman Jalan yang ingin mewujudkan impian berkunjung ke Baitul Maqdis, program unggulan #AyoKeAqsa dari Tour Aqsa Travel adalah solusinya. Tour Aqsa menyediakan layanan lengkap bagi para pengunjung yang ingin berziarah ke Aqsa dengan fasilitas meliputi:

  • Perjalanan menuju Masjidil Aqsa dan area Jordan, Palestina, Mesir untuk menapaki jejak para Nabi
  • Tiket pesawat pulang pergi kelas ekonomi
  • Akomodasi hotel setara kelas bintang 4-5
  • Makan 3 kali sehari sesuai itinerary perjalanan dan air mineral
  • Transportasi di lokasi tujuan menggunakan bus ber-AC
  • Pendampingan oleh Tour Leader profesional dari Jakarta
  • Pendampingan oleh Guide Lokal berpengalaman di setiap negara
  • Lampiran panduan perjalanan
  • Layanan handling airport

Cara Daftar Tour Aqsa 2024 dengan Tour Aqsa Travel

Cara daftar Tour Aqsa Jordan Mesir bersama Tour Aqsa Travel untuk tahun 2024 nanti sangat mudah, bisa dipersiapkan sejak sekarang supaya tidak kehabisan. Teman Jalan hanya perlu menyiapkan berbagai syarat dan ketentuan pendaftaran berikut:

  1. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan.
  2. Membayar uang muka (DP) sebesar $1000 (sekitar Rp15 juta)
  3. Membayar pelunasan paling lambat 50 hari sebelum keberangkatan
  4. Mengisi form visa Israel, mengingat Al-Aqsa saat ini masih diklaim oleh Israel
  5. Memiliki paspor dengan masa aktif minimal 8 bulan sebelum keberangkatan
  6. Menyerahkan 5 lembar pas foto 4×6 background putih

Pastikan untuk mendaftar sejak jauh-jauh hari agar tidak kerepotan dengan cara hubungi Nomor CP 6281211184002. Dengan memenuhi syarat dan ketentuan ini, Teman Jalan sudah bisa mengikuti Tour Aqsa 2024 Bersama Satutours Travel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *