Biaya Tour Aqsa 2024 Jakarta

9 min read

Biaya Tour Aqsa 2024 Jakarta

Biaya Tour Aqsa 2024 Jakarta

Biaya Tour Aqsa 2024 Jakarta
Biaya Tour Aqsa 2024 Jakarta

Sebelum pergi berlibur, tentunya banyak sekali pertimbangan yang dipikirkan oleh Sahabat Tour Aqsa kan? Mulai dari memilih wisata tujuan hingga memilih berlibur menggunakan jasa travel atau tidak. Meskipun demikian, momen pergi berlibur ini menjadi hal yang amat dinanti. Karena di momen inilah Sahabat Tour Aqsa sejenak rehat dari aktivitas yang membuat jenuh isi kepala. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang saat ini sedang merencanakan liburan, perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa destinasi liburan tak sekedar wisata alam, budaya dan kuliner saja. Namun ada pula wisata religi disertai sejarahnya yang tentunya tak pernah sepi peminat. Dengan memilih berkunjung ke destinasi wisata religi, pastinya Sahabat Tour Aqsa sekalian memiliki pengalaman yang tak akan terlupakan. Karena liburan yang dijalani merupakan liburan yang tak sekedar liburan. Namun, berlibur sembari menambah wawasan sejarah sekaligus mendapat pahala. Tentunya akan banyak sekali pelajaran yang dapat Sahabat Tour Aqsa ambil selepas pulang dari liburan tersebut. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin berlibur dengan nuansa yang berbeda dari biasanya yakni wisata religi, Sahabat Tour Aqsa dapat mencoba berlibur ke Al – Aqsa. Karena Al – Aqsa merupakan situs bersejarah yang dianggap istimewa oleh umat muslim. Pasalnya, di Al – Aqsa inilah terjadi peristiwa – peristiwa penting yang membekas dalam sejarah. Teruntuk Sahabat Tour Aqsa yang hendak berencana untuk berkunjung ke Al – Aqsa, Sahabat Tour Aqsa sekalian dapat mendaftar  Paket Tour Aqsa atau Tour Aqsa Jordan Mesir di Satutours Travel. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin mengetahui informasi terkait Biaya Tour Aqsa 2024 Jakarta dan informasi lebih lengkap seputar Tour Aqsa Tahun 2024, yuk simak informasi berikut ini. Tour Aqsa Jakarta

Beberapa Hal di Aqsa Yang Tak Banyak Diketahui

Tentu Sahabat Tour Aqsa telah mengerti bahwa di Aqsa inilah terdapat Masjidil Aqsa yang diyakini sebagai tempat suci tiga agama. Masjidil Aqsa memang menjadi masjid tersuci ketiga di muka bumi setelah Masjidil Haram yang berada di Mekkah dan Masjid Nabawi yang berada di Madinah. Di Masjidil Aqsa inilah yang menjadi saksi bisu peristiwa penting yang dialami Nabi Muhammad Saw pada saat memulai perjalanan Isra’ Miraj atas perintah Allah Swt. Tak hanya itu, di tanah Aqsa pula terdapat kisah perjalanan para Nabi serta manusia – manusia luar biasa yang menjaga keimanan mereka pada Allah Swt. Namun ternyata, ada banyak hal lain yang tak banyak diketahui seputar Aqsa ini. Apa saja? Berikut lebih jelasnya.

  1. Pernah Dibakar Zionis dan Menjadi Tempat Sampah

Menurut informasi yang beredar, pada tahun 1967 wilayah Yerusalem telah terlepas dari genggaman umat muslim untuk yang ketiga kalinya dan berada di bawah kekuasaan Israel. Para tentara Israel yang telah menaklukkan area ini sudah menurunkan bendera Palestina dari area kubah masjid. Pemimpin Israel pun mengerti bahwa kendali terbuka pada Masjidil Aqsa ini akan meramaikan para umat muslim. Tak habis cara, pihak Israel pun mencoba berbagai cara guna menenangkan umat muslim dunia. Kemudian berlanjut di tahun 1969 yakni terdapat seorang Zionis Australia yang melakukan pembakaran wilayah Masjidil Aqsa hingga turut terbakar pula mimbar Shalahuddin Al – Ayubbi di dalamnya. Peristiwa kebakaran ini terjadi di wilayah seluruh Masjid Qibly. Umat muslim pun tak tinggal diam dengan hal buruk yang dilakukan Zionis ini. Warga sekitar pun telah berusaha mencoba untuk memadamkan api semampunya. Sejak terjadinya peristiwa itu, masjid tersebut telah dibangun kembali dan direnovasi. Akan tetapi, serangan di Masjidil Aqsa sebagai tempat suci ketiga umat muslim ini terus berlanjut hingga saat ini.

  1. Kubah Batu Dibangun Pada Masa Abdul Malik ibnu Marwan

Sesuatu yang Sahabat Tour Aqsa lihat di bangunan Kubah Batu atau yang disebut Dome of The Rock saat ini tentunya sangat berbeda seperti awal berdirinya pada saat dibangun oleh Khalifah Ummayyah yakni Abdul Malik ibnu Marwan. Kubah tersebut saat itu hanya berbahan dasar kayu dengan penutup dari kuningan, timah atau keramik. Diketahui, sudah hampir 1000 tahun kemudian pada masa pemerintahan Khalifah Utsmani. 

  1. Terdapat Mimbar Bersejarah

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa Nuruddin Zanki menjadi salah satu pahlawan yang dikenang dalam sejarah Islam. Masjidil Aqsa ini memiliki mimbar khusus yang dibangun, setelah komplek masjidil Aqsa ini direbut kembali dari Tentara Salib. Mimbar ini tak hanya indah namun unik karena pembuatannya tanpa menggunakan paku ataupun lem untuk perekatnya. Namun sayangnya Nuruddin Zanki tak sempat melihat kemenangan yang diraihnya. Akan tetapi anak didiknya yakni Shalahuddin Al – Ayubbi telah memenuhi harapan gurunya. Diketahui bahwa setelah membebaskan wilayah Yerusalem untuk yang kedua kalinya dalam sejarah Islam, kemudain dipasanglah mimbar tersebut.

  1. Pernah Menjadi Tempat Pembuangan

Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa pada saat itu umat Yahudi tak diperbolehkan tinggal di wilayah Aqsa oleh bangsa Romawi. Kemudian, bangsa Romawi menjadikan area masjidil Aqsa sebagai tempat pembuangan sampah. Pada saat Umar bin Khattab membebaskan kota, beliau membersihkan sampah itu dengan tangannya sendiri. Umar bin Khattab juga menyudahi pengasingan orang – orang Yahudi yang sudah berabad – abad oleh bangsa Romawi. Saat itu, Umar bin Khattab mengundang 70 keluarga sebuah desa pengungsi terdekat kembali ke Yerusalem untuk memberi mereka hak guna kembali setelah berabad – abad berada di pengasingan.

  1. Kawasan Masjidil Aqsa Menjadi Tempat Eksekusi Saat Tentara Salib Berkuasa

Pada saat tentara Salib pertama berada di Yerusalem, mereka menemukan mayoritas penduduk Muslim dikurung di Masjidil Aqsa. Kemudian para tentara salib ini membantai sekitar 70 ribu dari mereka dan kemudian mengubah, Dome of the Rock menjadi sebuah kapel, Masjid Qibly menjadi istana dan ruang bawah tanah menjadi stabil. Umat muslim yang selamat dari pembantaian awal kemudian disalibkan di sebuah salib besar yang ditempatkan di dekat pusat masjid.

  1. Tempat Lahirnya Karya Besar

Tentunya Sahabat Tour Aqsa mengerti bahwa salah satu buku paling terkenal dalam literatur Islam monumental ialah Ihyaa Ulum Al-Din karya Ulama besar Islam yakni Abu Hamid Al – Ghazali. Imam ghazali ini menjadi salah satu orang yang dihormati oleh semua aliran pemikiran karena kemampuannya terjun ke kedalaman jiwa manusia sambil tetap berlabuh pada ajaran Al – Qur’an dan Nabi. Kebanyakan orang tak mengetahui bahwa Imam Al – Ghazali, memilih tinggal untuk sementara di Masjidil Aqsa dan menulis buku sementara di sana. Di Masjidil Aqsa telah menandai lokasi kamar lama Imam Ghazali.

  1. Memiliki Lebih dari Satu Masjid

Sebenarnya tak hanya terdiri satu masjid saja di kawasan Masjidil Aqsa ini, namun ada beberapa. Masjidil Aqsa ini menjadi bangunan yang berada di sudut paling selatan Masjid. Disini pula terdapat Masjid Qibly. Disebut demikian karena itu merupakan yang paling dekat dengan kiblat. Serta seluruh area gunung ialah bagian dari Masjidil Aqsa dan kerap disebut sebagai Haram Asy – Syarif. Selain itu ada pula Mushala Marwani dan masjid yang terhubung dengan persitiwa penting Nabi Muhammad Saw pada saat Isra dan Miraj yang dikenal dengan Masjid Buraq.

Tips Liburan Anti Wacana? Coba Tips Ini!

Pergi berlibur bersama teman ataupun keluarga harusnya bisa menjadi momen yang menyenangkan, asik dan berkesan kan? Akan tetapi, harapan itu akan gagal terwujud jika persiapannya tak dimaksimalkan dengan matang. Berikut ini terdapat beberapa tips yang dapat Sahabat Tour Aqsa coba untuk mematangkan persiapan liburan. Berikut lebih jelasnya! Tour Aqsa

  1. Menyepakati Tempat Tujuan Berlibur

Sahabat Tour Aqsa perlu menyepakati tujuan berlibur yang hendak di datangi. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa urusan lain yang hendaknya tak boleh ketinggalan ialah merencakan aktivitas. Mengapa demikian? Karena semua itu perlu didiskusikan terlebih dahulu, termasuk bila setiap orang memiliki rencana aktivitas untuk satu tim seperjalanan. Meskipun demikian, tak berarti juga harus ada yang selalu mengalah. Hal terpenting ialah berkompromi dan memutuskan yang paling memungkinkan untuk dilakukan.

  1. Pertimbangkan Referensi Yang Ada

Saat Sahabt Tour Aqsa beribur berlibur bersama teman ataupun keluarga pastinya memiliki keinginan yang berbeda bukan? Misalnya ada yang ingin menginap di hotel mewah, sedangkan sisanya lebih memilih hotel low budget. Begitu juga saat memilih transportasi selama perjalanan. Ada yang lebih memilih sewa mobil pribadi, dan ada juga yang lebih senang dengan transportasi umum. Piihan – pilihan seperti inilah yang perlu dipertimbangkan untuk menghindari selisih paham. Sahabat Tour Aqsa juga dapat diskusi lebih lanjut bersama teman ataupun keluarga untuk membahas referensi yang telah ada. Untuk menyiasatinya, usahakan cari jalan tengah agar semuanya tak merasa terbebani. Bagi Sahabat Tour Aqsa yang ingin berlibur dengan nyaman dan tennag tanpa perlu mengatur rencana perjalanan serta akomodasi, Sahabat Tour Aqsa dapat mendaftar ke jasa travel saja. 

  1. Komunikasikanlah Dengan Baik

Apabila Sahabat Tour Aqsa merencanakan berlibur bersama teman ataupun keluarga hendaknya Sahabat Tour Aqsa melakukan pertemuan langsung dengan seluruh anggota yang hendak melakukan liburan. Komunikasikanlah perihal ini sebelum hari liburan tiba, tentunya agar semuanya tahu rencana dan kesepakatan yang sudah ada. Mengomunikasikannya secara langsung juga dapat mempererat hubungan sesama teman sebelum liburan dimulai. Hendaknya Sahabat Tour Aqsa tak lupa untuk terbiasa membicarakan hal – hal yang mengganjal, baik sebelum maupun saat berlibur. Karena komunikasi yang jelas dapat mempermudah satu sama lain untuk jujur dan terbuka sehingga terhindar dari konflik sebelum melakukan liburan.

  1. Tentukan Jadwal Keberangkatan

Apabila Sahabat Tour Aqsa berencana untuk pergi berlibur bersama teman ataupun keluarga, hendaknya masing – masing anggota harus meluangkan waktu jika berkeinginan untuk berlibur bersama. Sebab itulah, hendaknya penentuan jadwal keberangkatan dan lama waktu berlibur Sahabat Tour Aqsa sekalian sudah disepakati dari jauh hari sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk memberi kesempatan bagi Sahabat Tour Aqsa serta teman ataupun keluarga untuk melihat jadwal liburnya atau mengajukan cuti. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui pula bahwa pemilihan waktu sebaiknya juga dicocokkan dengan tempat tujuan.

  1. Tentukanlah Cara Menabung dan Mengatur Pengeluaran

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa salah satu tokoh yang terkaya yakni waren buffet menyatakan bahwasannya jangan menyimpan yang tersisa setelah pengeluaran, akan tetapi habiskan yang tersisa setelah menyimpan. Hal ini mengandung pesan tersirat yakni perihal menabung dan meneglola keuangan. Dari hal tersebut dapat dipelajari bahwa tak disarankan menyisihkan uang dari sisa pengeluaran yang tak terencana. Akan tetapi tak melarang orang untuk bersinggungan dengan pengeluaran yang tak terencana bila sudah memenuhi kebutuhan pokok dan rencana tabungan. Tahukah Sahabat Tour Aqsa bahwa Sahabat Tour Aqsa juga perlu menyisihkan uang yang dimiliki secara rutin untuk dapat mewujudkan liburan yang diharapkan. Salah satu caranya ialah hindari pengeluaran tak terencana sebelum itu terpenuhi. Sedangkan untuk pengeluaran bersama dalam perjalanan harus dibahas secara terbuka. Sahabat Tour Aqsa haru benat – benar memahami. Karena tanpa kesepakatan, hal itu bisa menyebabkan perpecahan.

  1. Persiapkan Barang Bawaan

Salah satu hal yang tentunya tak akan terlewatkan dan penting sekali untuk dipersiapkan dengan matang ialah menegmas barang bawaan untuk berlibur. Persiapan menegmas barang bawaan ini dapat dilakukan dengan mengurutkan barang apa saja yang perlu dibawa, termasuk peralatan untuk digunakan bersama. Tak hanya itu, sesama teman yang hendak pergi berlibur juga perlu saling mengingatkan barang – barang penting yang sebisa mungkin jangan sampai ketinggalan pada saat berkemas. Contohnya jangan sampai lupa membawa mantel atau pakaian berbahan tebal apabila  tujuan destinasi adalah tempat yang dingin. Pastinya tak lupa pula handphone yang selalu diperlukan saat berlibur dengan teman – teman. Karena tak hanya sekedar digunakan untuk berkomunikasi dan mencari lokasi saja.  Akan tetapi juga digunakan untuk mengabadikan momen berlibur Sahabat Tour Aqsa sekalian. Agar barang bawaan Sahabat Tour Aqsa sekalian tak ada yang tertinggal, hendaknya Sahabat Tour Aqsa mengecek lagi sebelum selesai mengemas barang bawaan. Lebih mudahnya Sahabat Tour Aqsa dapat membuat daftar barang bawaan yang dibawa. Dengan begitu Sahabat Tour Aqsa dapat mengecek dengan mudah mana saja barang yang sudah masuk kedalam tas dan mana yang belum masuk ke dalam tas. 

  1. Membagi Tanggung Jawab

Meskipun terlihat sepele, namun kerja sama antar satu sama lain dapat membuat perjalanan selama liburan lebih mudah dan menyenangkan loh.. Karena perjalanan liburan bersama akan terasa lebih berat dan sulit jika seluruh beban tanggung jawab dilimpahkan pada satu orang. Sahabat Tour Aqsa dapat memulai untuk membuat daftar lengkap mengenai apa saja yang diperlukan dalam perjalanan berlibur. Kemudian, tetapkan tugas dan tanggung jawab pada anggota yang ikut berlibur bersama Sahabat Tour Aqsa sekalian.

Peristiwa di Masjidil Aqsa

Seluruh umat muslim pun telah mengetahui bahwa Al – Aqsa menjadi salah satu tempat bersejarah yang bagi umat muslim. Di kawasan Al – Aqsa inilah terdapat Masjidil Aqsa yang letaknya berada di Kawasan Kota Tua, Yerusalem Timur. Perlu Sahabat Tour Aqsa pahami bahwa Masjidil Aqsa ini awalnya dikenal sebagai Baitul Maqdis yang menjadi kiblat pertama untuk shalat dan beribadah umat muslim sebelum dipindahkan ke Ka’bah yang berada di Masjidil Haram. Umat Muslim berkiblat ke Baitul Maqdis selama Nabi Muhammad Saw  mengajarkan Islam di Makkah selama 13 tahun 17 bulan setelah hijrah ke Medinah. Setelah Rasulullah mendapat petunjuk, barulah kiblat dipindah menghadap Ka’bah di dalam Masjidil Haram yang terletak di Mekkah. Diketahui sejarah Baitul Maqdis ini  dibangun Nabi Sulaiman pada masanya sebagai rumah ibadah kepada Allah SWT, sebagaimana dari Abdullah bin Amru bin Al – Ash, dari Rasulullah Saw bersabda bahwa “Sesungguhnya , ketika Sulaiman bin Dawud membangun Baitul Maqdis, (ia) meminta kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala tiga perkara. (Yaitu), meminta kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar (diberi taufiq) dalam memutuskan hukum yang menepati hukumNya, lalu dikabulkan ; dan meminta kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dianugerahi kerajaan yang tidak patut diberikan kepada seseorang setelahnya, lalu dikabulkan ; serta memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala bila selesai membangun masjid, agar tidak ada seorangpun yang berkeinginan shalat disitu, kecuali agar dikeluarkan dari kesalahannya, seperti hari kelahirannya” (Dalam riwayat lain berbunyi : Lalu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata : “Adapun yang dua, maka telah diberikan. Dan saya berharap, yang ketigapun dikabulkan)” [Hadits ini diriwayatkan An-Nasa’i, dan ini lafadz beliau, Ahmad dalam musnad-nya dengan lebih panjang lagi. Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Al-Haakim dalam kitab Mustadrak dan Al-Baihaqi dalam kitab Syu’abul Iman, serta selain mereka]

Menurut informasi yang ada dalam sejarah, Masjidil Aqsa ini menjadi salah satu masjid yang pertama kali dibangun oleh Nabi Ya’kub AS dan direnovasi oleh Nabi Daud AS kemudian disempurnakan oleh Nabi Sulaiman AS. Masjidil Aqsa ini menjadi masjid kedua yang dibangun di dunia setelah Masjidil Haram yang terletak di Mekkah. Masjid Al – Aqsa ini memiliki kubah berwarna perak yang terletak di kompleks Al-Haram Asy – Syarif. Luas kawasannya sekitar 14 hektare. Di kompleks Masjidil Aqsa juga terdapat Dome of The Rock atau kubah batu yang diyakini terdapat sebuah batu hitam bernama Sakhrah Muqaddasah sebagai tempat pijakan Nabi Muhammad dalam perjalanan Isra Mi’raj menghadap Sang Pencipta untuk menerima perintah shalat. Masjidil Aqsa yang saat ini dapat dilihat oleh Sahabat Tour Aqsa adalah masjid yang dibangun secara permanen oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan dari Kekhalifahan Umayyah (Dinasti Bani Umayyah) pada tahun 66 H dan selesai tahun 73 H.

Akan tetapi, Tahukah Sahabat Tour Aqsa sekalian bahwa Al – Aqsa pernah mengalami peristiwa yang menyayat hati. Peristiwa menyedihkan ini ialah terjadinya pembakaran Masjidil Aqsa yang terjadi pada tanggal 21 Agustus 1969 dan dilakukan oleh seorang zionis asal Australia bernama Dennis Michael Rochan. Dari peristiwa kebakaran inilah si jago merah membakar seluruh tembok masjid serta mimbar Shalahuddin Al – Ayyubi. Kemudian Dinasti Bani Hasyim selaku penguasa Kerajaan Yordania telah menggantinya dengan mimbar baru yang dikerjakan di Yordania yang dikabarkan bahwa mimbar buatan Jepara digunakan di masjid ini. Pada saat terjadi peristiwa kebakaran, tak terdapat pihak lain yang membantu termasuk pemadam kebakaran. Hanya umat muslim yang bergotong royong untuk memadamkan api yang telah membakar sebagian masjidil Aqsa yang penuh dengan hal bersejarah ini. Pihak Israel kala itu sempat mengadili seseorang yang membakar tersebut. Namun tak lama kemudian, seseorang tersebut dibebaskan dengan alasan kejiwaannya terganggu.

Inilah sedikit ulasan informasi seputar Biaya Tour Aqsa 2024 Jakarta. Hendaknya Sahabat Tour Aqsa tak lupa untuk mempersiapkan perlengkapan sebelum berlibur.  Sahabat Tour Aqsa dapat mengumpulkan informasi yang dapat menjadi bekal sebelum berangkat ke Al – Aqsa sembari menunggu keberangkatan. Tentunya, jika Sahabat Tour Aqsa mendaftar Tour Aqsa ini dijamin akan mendapatkan kesan yang berbeda. Semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat bagi Sahabat Tour Aqsa sekalian.

 

Tour Aqsa 2024 Terlengkap

admin
9 min read