Sejarah Singkat Mesir Kuno Negara Tertua di Dunia

1 min read

Kenali, Rekomendasi yang Layak Dikunjungi di Beberapa Peninggalan Mesir Kuno

Sejarah Singkat Mesir Kuno Negara Tertua di Dunia

Tahukah Sahabat Tour tentang seputar sejarah singkat Mesir kuno. Bahwa Mesir Kuno merupakan sebuah peradaban besar yang letaknya berada di sebelah timur laut Afrika yang tepatnya berada di sepanjang lembah Sungai Nil. Peradaban Mesir Kuno diketahui telah berkembang lebih jauh sebelum peradaban kuno Yunani dan Romawi.

Sejarah Mesir Kuno Negara Tertua di Dunia
Mesir Kuno Negara Tertua di Dunia

Diketahui bahwa peradaban Mesir Kuno berada dalam rentang waktu yang amat panjang dimulai sekitar tahun 3150 Sebelum Masehi dengan adanya persatuan kelompok-kelompok yang berada di lembah sungai Nil. Oleh karena itu, Mesir Kuno disebut sebagai negara tertua di dunia. Lebih jelasnya, yuk simak sejarah singkat Mesir Kuno di bawah ini.

Sejarah Singkat Peradaban Mesir Kuno

Perlu diketahui Mesir menjadi salah satu negara tertua di dunia yang dikenal dengan peradaban kuno yang amat populer di seluruh dunia. Bahkan, piramida menjadi salah satu peninggalan peradaban Mesir Kuno yang terpopuler dapat dilihat hingga saat ini. Sahabat Tour Mesir perlu mengetahui bahwa pada masa Mesir Kuno, Mesir dikuasai oleh raja yang bergelar Pharaoh atau Firaun.

Sejarah Singkat Mesir Kuno Negara Tertua di Dunia

Pharaoh tak hanya dianggap sebagai raja saja, namun juga sebagai penjelmaan dewa. Masyarakat mesir kuno diketahui menyembah dewa-dewa Mesir Kuno. Bahkan dewa-dewa tak terpisah dengan kehidupan bangsa Mesir kala itu. Diketahui bahwa bangsa Mesir Kuno menyembah banyak sekali dewa yang jumlahnya hingga mencapai ratusan. Dewa-dewa tersebut diantaranya ialah Dewa Osiris yakni dewa kehidupan serta pertanian, Dewa Anubis atau dewa kematian, Dewa Ra atau dewa matahari serta dewa-dewa lainnya.

Salah satu peninggalan peradaban Mesir kuno yang terpopuler dan dapat dilihat hingga saat ini ialah Piramida yang amat dikenal khas dengan bentuk bangunannya yang segitiga. Namun, perlu Sahabat Tour Mesir ketahui bahwa Piramida merupakan makam yang dibangun untuk melindungi jasad para Raja Mesir yang telah meninggal dan pada umumnya dikubur bersama harta kekayaan yang dimilikinya semasa hidup.

Piramid King Djoser diketahui dibangun sekitar abad 27 Sebelum Masehi yang dirancang oleh Imhotep yakni seorang tabib raja. Piramida lainnya yakni seperti Piramida Giza dan Piramida Khufu juga dibangun untuk raja – raja Mesir dan diperkirakan terdapat 80 piramida yang telah dibangun pada masa peradaban Mesir Kuno.

Demikianlah sekilas informasi seputar sejarah singkat Mesir kuno sebagai salah satu negara tertua di dunia. Semoga sekilas informasi diatas tersebut dapat menambah wawasan Sahabat Tour Mesir sekalian ya, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.