5 Masjid Bersejarah yang Ada di Palestina Selain Al-aqsa

5 Masjid Bersejarah yang Ada di Palestina Selain Al-aqsa

5 Masjid Bersejarah yang Ada di Palestina Selain Al-aqsa

5 Masjid Bersejarah yang Ada di Palestina  Sahabat Tour Aqsa perlu mengetahui bahwa Masjid Al -aqsa merupakan tempat suci ketiga bagi umat muslim yang menyimpan banyak sejarah di dalamnya. Salah satu sejarah di Masjid Al-aqsa yang masih terkenang hingga kini ialah perjalanan Nabi Muhammad Saw pada saat melaksanakan Isra Miraj serta perintah pelaksanaan shalat untuk pertama kalinya yang berkiblat pada Baitul Maqdis atau Masjid Al-aqsa. Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa selain Masjid Al-aqsa, di Palestina terdapat pula masjid lainnya yang bersejarah. Apa saja masjid bersejarah yang ada di Palestina? Yuk simak informasi berikut ini. Tour Aqsa

Penjelasan Singkat Sejarah Beberapa Masjid di Palestina Selain Masjid Al-aqsa :

1. Masjid Agung Gaza

Masjid Agung Gaza
Masjid Agung Gaza

Masjid Agung Gaza merupakan masjid tertua yang letaknya berada di jalur Gaza dan masjid ini pun dikenal dengan sebutan Masjid Omari Raya. Berdasarkan sejarah, sebelum dibangun Masjid Agung Gaza diketahui bahwa kawasan ini digunakan untuk membangun gereja sekitar abad ke – 5. Kemudian setelah ditaklukan umat muslim pada abad ke – 7, didirikanlah Masjid Agung Gaza ini. Masjid Agung Gaza ini mengadopsi gaya gothic italia yang berulang kali mengalami perombakan setelah adanya peristiwa gempa bumi hingga terkena serangan bom dari Israel. Kini, Masjid Agung Gaza sudah pulih dan aktif untuk digunakan para jemaah melaksanakan ibadah.

2. Masjid Omar

Di kawasan kota tua Bethlehem terdapat satu-satunya masjid kuno yang dapat Sahabat Tour Aqsa kunjungi adalah Masjid Omar yang menjadi simbol perdamaian antara umat muslim dengan umat Nasrani. Pada kompleks Masjid Omar ini pada mulanya dibangun oleh Konstantin Agung pada tahun 330 Masehi kemudian pada tahun 637 Masehi, Palestina yang kala itu dikuasai oleh Romawi telah berhasil ditaklukkan oleh pasukan Umar bin Khattab.

Masjid Omar
Masjid Omar

Tahukah Sahabat Tour Aqsa? bahwasannya tanah yang menjadi tempat Masjid Omar berdiri saat ini merupakan tanah pemberian gereja ortodoks Yunani. Hingga saat ini, gereja serta masjid masih berdiri kokoh serta berdampingan dengan Bethlehem.

3. Masjid Al – Qibli

Sahabat Tour Aqsa perlu mengetahui bahwa Masjid Al – Qibli termasuk dalam Masjid bersejarah yang ada di Palestina. Masjid Al – Qibli merupakan salah satunya masjid yang berada di kawasan kompleks Masjidil Aqsa yang didirikan oleh Khalifah bernama Abdul Malik bin Marwan dari Bani Umayyah.

Masjid Al - Qibli
Masjid Al – Qibli

Perlu Sahabat Tour Aqsa ketahui bahwa tak hanya Masjid Al – Aqsa saja yang menjadi sasaran serangan Israel, akan tetapi Masjid Al – Qibli pun juga sering kali menjadi sasaran serangan israel. Meskipun begitu, Masjid Al – Qibli ini masih kokoh berdiri hingga saat ini dan diketahui bahwa dapat menampung sebanyak 5500 jamaah.

4. Masjid Agung Nablus

Masjid Agung Nablus merupakan masjid yang berada di kawasan Nablus, Palestina dan menjadi salah satu masjid tertua yang bentuknya cukup besar. Diketahui bahwa sebelumnya Masjid Agung Nablus ini merupakan gereja Bizantium yang kemudian diubah menjadi masjid di periode awal islam. Selain itu, bangunan Masjid Agung Nablus diketahui memiliki denah lantai yang panjang akan tetapi sempit yang bentuknya segi empat dan kubahnya diketahui berlapis perak.

5. Masjid Al – Khadra

Masjid bersejarah selanjutnya yang ada di Palestina ialah Masjid Al – Khadra yang letaknya berada di Nablus dan menjadi tempat bersejarah setelah Nabi Yakub diperlihatkan jubah Nabi Yusuf yang berlumuran dengan darah. Selain itu, di kawasan Masjid Al – Khadra ini juga terdapat sebuah ruangan kecil yang diketahui pernah dijadikan tempat Nabi Yakub untuk menangis setelah mengetahui bahwa anak kesayangannya yakni Nabi Yusuf telah dianiaya. Bangunan dari Masjid Al – Khadra ini berbentuk segi empat dengan tinggi menara sekitar 30 meter dan lebar 7,2 meter. Tour Aqsa Jordan Mesir

Demikianlah informasi seputar 5 Masjid bersejarah yang ada di Palestina selain di Al-aqsa. Informasi ini dapat menjadi rekomendasi destinasi tujuan yang dapat Sahabat Tour Aqsa kunjungi pada saat berlibur di Palestina. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *